Ciri-Ciri Varikokel yang Harus Diwaspadai Pria


Tanda dan ciri-ciri varikokel biasanya tidak dirasakan oleh penderitanya. Namun, pria yang mengalami varikokel mungkin mengalami rasa sakit dan pembengkakan pada skrotumnya. Varikokel biasanya tidak memerlukan penanganan, kecuali pada kasus tertentu.

(0)
28 May 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri-ciri varikokel biasanya tidak muncul, namun penderitanya akan merasakan sakit di bagian skrotumnyaVarikokel merupakan pembesaran pembuluh darah vena di skrotum
Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah vena di dalam skrotum, yakni kantong yang membungkus testis atau buah zakar laki-laki. Kondisi mirip varises ini menjadi penyebab umum penurunan produksi dan kualitas sperma, sehingga berisiko memicu infertilitas. Adakah gejala atau ciri-ciri varikokel yang harus kaum pria waspadai?

Apa tanda dan ciri-ciri varikokel?

Perlu Anda ketahui, varikokel sendiri terbagi menjadi beberapa tingkatan, dari yang ringan hingga parah. Pada kasus varikokel ringan, pria sering kali tidak merasakan gejala. Tidak adanya ciri-ciri varikokel ringan tersebut membuat penyakit organ reproduksi pria satu ini kerap sulit untuk terdeteksi. Akan tetapi, pembesaran pembuluh vena di kantung testis yang sifatnya masih ringan biasanya tidak memerlukan pengobatan. Bahkan, kondisi tersebut bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, lain cerita apabila varikokel sudah semakin memburuk. Kondisi ini ditandai oleh sejumlah ciri, yaitu:
  • Rasa sakit pada skrotum bervariasi dari nyeri yang sifatnya tajam hingga tumpul
  • Rasa sakit meningkat saat berdiri atau beraktivitas fisik, terutama dalam jangka waktu lama
  • Rasa sakit memburuk walau dalam satu hari
  • Rasa sakit mereda apabila penderitanya berbaring telentang
Saat varikokel semakin membesar, akan menyebabkan gejala, seperti::
  • Munculnya benjolan di salah satu testis atau buah zakar
  • Skrotum bengkak
  • Pembuluh darah yang terlihat membesar dan membengkok di skrotum, dan terlihat seperti cacing.
Bukan hanya menimbulkan ketidaknyamanan, ciri-ciri varikokel di atas bisa menyebabkan gangguan kesuburan sehingga Anda yang mengalaminya harus segera mendapat pertolongan medis.Hingga kini, penyebab varikokel belum dapat diketahui secara pasti. Namun, penelitian tahun 2015 mengungkapkan bahwa penyakit yang diakibatkan adanya masalah pada katup pembuluh darah vena tersebut mungkin berkaitan dengan sejumlah aktivitas, seperti olahraga basket dan mengangkat barang berat.

Kapan harus ke dokter?

Varikokel membuat skrotum atau testis Anda terasa nyeri. Namun, nyeri testis atau skrotum bukanlah varikokel saja.Anda disarankan untuk segera menemui dokter apabila mengalami kondisi berikut ini:
  • Mengalami rasa sakit atau menemukan pembengkakan di skrotum
  • Menemukan adanya massa pada skrotum
  • Melihat adanya perbedaan ukuran pada testis
  • Memiliki riwayat varikokel pada masa lalu
  • Mengalami masalah dengan kesuburan
Sebagai langkah awal diagnosis, pasien akan diminta oleh dokter untuk melakukan manuver Valsalva, yakni teknik pernapasan yang digunakan sebagai metode guna membantu mendeteksi varikokel.Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan dilanjutkan dengan memeriksa kondisi pembuluh darah di sekitar testis menggunakan ultrasonografi (USG) dalam proses diagnosis varikokel.

Bagaimana cara  mengatasi varikokel?

Varikokel biasanya tidak perlu ditangani jika tidak bergejala. Penanganan dokter mungkin akan diperlukan apabila varikokel memicu rasa sakit, atrofi testis (testis yang mengecil), dan infertilitas.Beberapa cara mengatasi varikokel, yaitu:
  • Operasi varikokel (varikokelektomi), adalah operasi yang dilakukan untuk mengikat pembuluh darah di sekitar testis yang mengalami masalah. Varikolektomi terdiri dari laparoskopi dan tindakan operasi terbuka.
  • Embolisasi, adalah prosedur untuk melepaskan koil atau zat yang nantinya akan menyumbat pembuluh darah di testis. Ini bertujuan untuk menghambat aliran yang membawa darah menuju varikokel sehingga masalah tersebut dapat diperbaiki.
Selain itu, dokter juga akan meminta pasien untuk melakukan sejumlah aktivitas sebagai cara mengobati varikokel, seperti:
  • Olahraga ringan (joging, bersepeda, atau yoga)
  • Makan makanan berserat
  • Menghindari faktor penyebab varikokel bertambah parah seperti mengangkat beban terlalu berat
  • Mengenakan celana dalam athletic supporter atau jockstrap untuk mengurangi rasa nyeri
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri (acetaminophen, ibuprofen)

Apa saja kemungkinan komplikasi varikokel?

Seperti penyakit lain, varikokel juga dapat menimbulkan komplikasi tertentu. Komplikasi varikokel, termasuk:
  • Penyusutan testis (atrofi), diduga terjadi karena darah yang berkumpul dapat meningkatkan tekanan dan racun di pembuluh darah sehingga berpotensi membuat testis tidak berfungsi dengan baik.
  • Gangguan kesuburan (infertilitas), Varikokel berisiko memicu suhu di dalam maupun sekitar testis meningkat. Hal ini akan memengaruhi pembentukan, pergerakan (motilitas), dan fungsi sperma.
[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Gejala atau ciri-ciri varikokel biasanya tidak terasa oleh penderita pada awalnya, sehingga sering tak membutuhkan penanganan. Namun, apabila varikokel menimbulkan rasa sakit, operasi dan embolisasi akan perlu dilakukan.Bicarakan dengan dokter Anda mengenai gejala varikokel ringan maupun serius yang harus diwaspadai beserta langkah-langkah penanganannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langsung dari ponsel di aplikasi SehatQ.Download aplikasi kesehatan keluarga SehatQ sekarang juga di App Store dan Google Play. Gratis!
penyakit priavarikokelkesehatan priareproduksi pria
Archives of Medical Science. https://www.google.com/url?q=https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4379365/&sa=D&source=editors&ust=1615260174074000&usg=AOvVaw0mOIqJTIFj6mLWW6Z3sxyt Diakses pada 9 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/varicocele
Diakses pada 14 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/testicular-atrophy
Diakses pada 14 Mei 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/varicocele
Diakses pada 14 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait