Ciri-Ciri Tidak Cocok KB Suntik 3 Bulan yang Bisa Anda Kenali


Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan dapat ditandai dengan berbagai efek yang abnormal. Mulai dari perdarahan hebat, kesulitan bernapas, nyeri berkepanjangan di area suntikan, hingga reaksi alergi yang serius.

(0)
10 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri tidak cocok KB 3 bulan harus diwaspadaiPenggunaan KB suntik 3 bulan bisa menimbulkan efek samping
Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan terkadang sulit untuk disadari oleh sebagian wanita.KB yang diberikan setiap 3 bulan sekali ini merupakan salah satu alat kontrasepsi umum yang sering digunakan untuk mencegah atau mengatur jangka waktu kehamilan.Tingkat efektivitasnya bahkan lebih dari 99 persen. Hormon progestin yang terkandung di dalam KB suntik berfungsi untuk mencegah ovulasi, menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim dan mengentalkan lendir atau cairan di sekitar serviks sehingga membantu mencegah sperma mencapai sel telur atau pembuahan.Meski umumnya tidak bermasalah, ada sebagian orang yang kurang cocok dengan cara mencegah kehamilan yang satu ini ini.Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan biasanya ditandai dengan kemunculan berbagai efek sampingnya, mulai dari yang ringan hingga parah.

Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan

Bila sesak napas setelah memakai suntik KB 3 bulan, segera hubungi dokter
Bila sesak napas setelah memakai suntik KB 3 bulan, segera hubungi dokter
KB suntik umumnya dapat digunakan selama menyusui dan tidak ada obat-obatan yang mengganggu kerjanya. Di samping kelebihannya, KB suntik 3 bulan memiliki sejumlah efek samping yang bisa muncul. Jika Anda tidak cocok dengan jenis KB ini, berbagai efek samping bisa terjadi secara berkepanjangan dan bahkan bisa berbahaya. Berbagai efek samping yang berbahaya meliputi:
  • Perdarahan hebat
  • Kesulitan bernapas
  • Sakit perut bagian bawah
  • Nyeri berkepanjangan, gatal, dan kemerahan di area suntikan
  • Reaksi alergi yang serius.
Apabila ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan di atas muncul, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Jika dokter menyatakan Anda tidak cocok dengan KB suntik, Anda mungkin akan disarankan untuk mengambil jenis KB lainnya, seperti KB pil atau KB implan.Sementara itu, ada sejumlah efek tidak cocok suntik KB 3 bulan yang umum terjadi. Efek samping ini biasanya akan berangsur-angsur hilang seiring berjalannya waktu.

1. Menimbulkan sejumlah gejala

Jerawat merupakan ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan
Jerawat merupakan ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan
Sebagian pengguna KB suntik dapat merasakan ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan dengan gejala tertentu, seperti sakit kepala, perut kembung, payudara terasa lunak atau nyeri, menurunnya gairah seksual, pusing, perubahan pada kulit (misalnya muncul jerawat), atau suasana hati berubah-ubah.

2. Perubahan siklus menstruasi

Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan membuat Anda mungkin mengalami menstruasi yang lebih sering atau tidak teratur.Misalnya, tiba-tiba keluar bercak perdarahan atau tidak menstruasi sama sekali. Dalam kondisi normal, kondisi ini bisa berangsur pulih seiring berjalannya waktu.

3. Kenaikan berat badan

Berat badan naik merupakan tanda-tanda KB suntik tidak cocok
Berat badan naik merupakan tanda-tanda KB suntik tidak cocok
Sekitar 20 persen pengguna KB suntik diperkirakan mengalami ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan berupa kenaikan berat badan.Kondisi ini bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon yang ditimbulkan alat kontrasepsi ini.

4. Menurunnya kepadatan tulang

Berkurangnya kepadatan tulang membuat tulang Anda menjadi lebih tipis dan rapuh. Namun, efek KB suntik 3 bulan yang tidak cocok ini biasanya kembali normal setelah Anda menghentikan penggunaan suntik KB.

5. Keputihan

Keputihan bisa terjadi akibat KB suntik 3 bulan tidak cocok
Keputihan bisa terjadi akibat KB suntik 3 bulan tidak cocok
Ciri-ciri tidak cocok KB suntik 3 bulan ini terjadi akibat adanya pH yang tidak seimbang di dalam kelamin wanita. Hal ini menyebabkan jamur tumbuh subur di mulut vagina.Penyebab pH tidak seimbang pada vagina adalah adanya hormon progesteron yang terkandung di dalam suntik KB yang satu ini.Namun, Anda perlu ketahui, studi yang dipaparkan dalam Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbang Kemenkes) memaparkan bahwa jenis KB ini sangat jarang membuat ibu keputihan berlebihan.

Cara mengatasi tanda-tanda KB suntik tidak cocok

Obat-obatan tertentu mampu atasi efek tidak cocok suntik KB 3 bulan
Obat-obatan tertentu mampu atasi efek tidak cocok suntik KB 3 bulan
Biasanya, penanganan dari tanda-tanda KB suntik tidak cocok diberikan berdasarkan keluhan yang dialami.Biasanya, obat-obatan yang mengandung antiprostaglandin mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri di bagian kepala atau anggota tubuh lainnya.Sementara, bila mengalami tanda-tanda KB suntik tidak cocok berupa keputihan, Anda diberikan obat antikolinergik.Namun, pemberian obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter kandungan.

KB suntik 3 bulan tidak disarankan untuk wanita dengan kriteria ini

Ibu merokok tidak dianjurkan menggunakan KB suntik 3 bulan
Ibu merokok tidak dianjurkan menggunakan KB suntik 3 bulan
Penggunaan KB suntik mungkin bukan pilihan yang tepat apabila Anda memiliki kriteria berikut:
  • Berencana untuk segera hamil
  • Menjalani pengobatan kanker payudara
  • Menderita penyakit hati yang parah
  • Memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti diabetes atau merokok
  • Pernah mengalami serangan jantung atau stroke
  • Mengalami perdarahan vagina.
Jika memiliki salah satu kondisi tersebut, bicarakan pada dokter sebelum menentukan metode kontrasepsi apa yang cocok untuk Anda digunakan. Dengan mengetahui riwayat kondisi Anda, dokter bisa menentukan pilihan kontrasepsi yang tepat.

Bisakah hamil meski sudah disuntik KB?

Meski KB suntik 99 persen efektif dalam mencegah kehamilan, tetap ada kemungkinan bagi Anda untuk hamil.Apalagi jika KB suntik tidak dilakukan secara teratur. Namun, jika sudah sesuai prosedur dan teratur, kemungkinan Anda untuk hamil tentunya jauh lebih kecil.Sementara itu, bagi para pengguna KB suntik yang teratur Anda harus menunggu hingga 10-12 bulan lamanya setelah berhenti KB untuk kembali subur agar bisa hamil kembali.Pasalnya, diperlukan waktu beberapa bulan agar siklus menstruasi kembali normal. Jadi, penggunaan KB suntik bukanlah pilihan yang tepat apabila Anda hanya ingin menunda kehamilan untuk sementara dan berencana hamil dalam waktu yang dekat.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai KB suntik 3 bulan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penggunaan kbkontrasepsihamilkehamilanibu hamilmasalah kehamilan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/depo-provera/about/pac-20392204
Diakses pada 27 Januari 2021
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/contraception-injections-for-women
Diakses pada 27 Januari 202
Healthline. https://www.healthline.com/health/birth-control/birth-control-pill-vs-shot#the-shot
Diakses pada 27 Januari 2021
Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan. http://www.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/38615
Diakses pada 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait