Susu basi biasanya berbau tidak sedap hingga busuk
Seorang pria yang sedang tersisa karena mencium susu basi

Susu pada umumnya memiliki tenggat waktu layak konsumsi. Apabila susu sudah melewati tenggat waktunya atau kadaluarsa, susu akan dianggap sudah basi dan tidak layak dikonsumsi. Namun tahukah Anda, tidak semua susu basi harus dibuang begitu saja?

Beberapa susu basi dengan tingkat keasaman tertentu justru dapat dimanfaatkan untuk mengolah makanan. Dairy Council of California, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa susu basi yang telah melewati waktu kadaluwarsa masih aman untuk digunakan.

Menurut mereka, tidak ada aturan ketat terkait susu kadaluarsa. Salah satu cara untuk memastikan kesegarannya adalah dengan menghirupnya. Seringkali ketika susu basi, baunya kuat dan menusuk. Anda juga bisa menyicipinya untuk menentukan susu masih segar atau tidak.

Cara Anda menyimpan susu dapat membantu menjaga kesegarannya. Susu umumnya harus disimpan di kulkas pada suhu 3-7 derajat Celcius. Segera masukkan susu ke dalam kulkas setelah Anda membelinya. Jangan tinggalkan susu di ruangan terbuka atau di ruangan yang panas dalam waktu yang lama.

Ciri-ciri susu basi yang tidak layak dikonsumsi

Sejak akhir tahun 1800-an, sebagian besar susu yang diproduksi secara komersial dan dijajakan harus melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu. Berdasarkan penelitian Food and Drug Administration Amerika Serikat, proses pasteurisasi berfungsi untuk membunuh sebagian besar bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Listeria, dan Salmonella.

Pada kenyataannya, proses pasteurisasi tidak serta-merta membunuh bakteri-bakteri tersebut. Berdasarkan penelitian Journal of Dairy Science, bakteri yang tertinggal dapat tumbuh dan menyebabkan susu menjadi basi.

Untuk menentukan seberapa cepat susu basi bergantung pada beberapa faktor, seperti jumlah bakteri yang ada, suhu di mana susu disimpan, dan paparan cahaya.

Ketika kualitas susu mulai berubah, berikut beberapa ciri-ciri susu basi yang bisa Anda identifikasi:

  • Susu mengeluarkan bau tengik
  • Rasa susu berubah menjadi asam
  • Tekstur dan warna susu berubah menjadi berlendir, agak padat dan kotor, serta berwarna agak kekuningan.

Jika Anda mendapati susu dengan ciri tersebut dan tidak yakin untuk mengonsumsinya, buanglah susu basi untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.

Dampak mengonsumsi susu basi untuk kesehatan

Susu basi mengandung banyak bakteri berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Meminum susu basi yang berbau busuk dan asam berpotensi menyebabkan keracunan makanan yang menimbulkan sejumlah gangguan pencernaan, seperti

  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Diare.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak sengaja meminumnya dalam jumlah sedikit. Efek gangguan pencernaan tersebut akan semakin buruk, tergantung pada jumlah susu basi yang Anda konsumsi.

Susu basi masih bisa digunakan, asalkan..

Anda sangat disarankan untuk membuang susu basi yang telah mengental, ditumbuhi jamur, dan berlendir. Akan tetapi, jika susu Anda baru satu atau dua hari melewati batas kadaluwarsa dan hanya memiliki rasa yang sedikit asam, jangan terburu-buru membuangnya.

Kendati tidak dapat dikonsumsi, susu basi dapat digunakan untuk mengolah jenis makanan berikut ini:

1. Pancake dan biskuit

Susu basi yang sedikit asam dapat digunakan untuk menggantikan peran susu biasa, buttermilk, yogurt, serta krim dalam proses pembuatan pancake atau biskuit.

2. Sup

Selain itu, susu yang sedikit asam juga dapat digunakan untuk mengentalkan dan memperkaya rasa sup serta berbagai hidangan rebus lainnya.

3. Saus salad

Susu asam yang belum berlendir, berjamur dan mengeluarkan bau tengik, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat saus salad.

4. Keju

Susu yang memiliki cita rasa asam juga dapat digunakan untuk membuat keju, contohnya seperti keju cottage.

Susu basi yang sedikit asam memang masih bisa digunakan, tapi sebaiknya buanglah susu yang sudah bau, berlendir, dan bentuknya tidak karuan. Apabila Anda tidak sengaja meminumnya, dan kemudian muncul masalah-masalah kesehatan, seperti sakit perut, mual, muntah, dan diare, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/spoiled-milk#what-it-is
Diakses pada 17 April 2020

Live and Strong.
https://www.livestrong.com/article/505626-consequences-of-drinking-expired-milk/
Diakses pada 17 April 2020

Well and Good.
https://www.wellandgood.com/good-food/spoiled-milk/
Diakses pada 17 April 2020

Artikel Terkait