Sebelum Semakin Parah, Kenali Ciri-Ciri Rambut Rusak Sejak Dini


Punya helaian rambut yang kasar dan mengembang, bukan berarti rambut Anda rusak. Ciri-ciri rambut rusak yang paling mudah dilihat adalah tidak berkilau. Tak hanya itu, ada beberapa tanda rambut rusak lain yang perlu Anda tahu agar mendapat perawatan yang tepat.

(0)
18 Feb 2021|Rena Widyawinata
ciri-ciri rambut rusak mudah patah saat disisir jariCiri-ciri rambut rusak yang paling mudah dikenali adalah kusam dan kering.
Mempunyai rambut yang lebat, indah, dan halus tentu menjadi dambaan setiap orang. Apalagi, rambut yang sehat sedikit banyak bisa menggambarkan kondisi kesehatan secara menyeluruh.Sayangnya, setiap orang kadang terlambat menyadari bahwa rambut mereka telah mengalami kerusakan. Memahami ciri-ciri rambut rusak sejak dini bisa membantu Anda mencegah kerusakan lebih jauh.

Ciri-ciri rambut rusak

ciri ciri rambut rusak ada rontok
Rambut rontok adalah salah satu ciri-ciri rambut rusak
Terdapat banyak hal yang menyebabkan rambut rusak, mulai dari seringnya menggunakan alat pengering rambut, mewarnai rambut, polusi, hingga cara keramas yang salah. Sebuah penelitian yang dilansir dalam jurnal Healthy Hair pada tahun 2015, menyebutkan beberapa ciri rambut rusak, seperti:

1. Rambut kusut dan sulit diatur

Tanda umum yang paling mudah diketahui jika rambut Anda rusak adalah mudah kusut. Setiap helai rambut memiliki tiga lapisan penyusun, yakni bagian paling dalam disebut medula, korteks (yang mengelilingi medula), dan kutikula, bagian terluar rambut.Kutikula rambut bertugas untuk melindungi rambut bagian dalam, medula dan korteks, yang amat rentan dengan kerusakan. Normalnya, kutikula rambut seharusnya menutup. Nah, pada orang yang rambutnya rusak, kutikula ini pecah dan terbuka akibat perawatan rambut yang tidak tepat atau faktor penyebab rambut rusak lainnya.Alhasil, kutikula ini kerap bergesekan dengan helai-helai rambut lain. Rambut Anda pun saling “tersangkut”, terasa selalu kusut, dan sulit disisir.

2. Rambut kering dan kusam

Rambut kering adalah salah satu ciri rambut rusak. Biasanya, ini juga menyebabkan rambut Anda jadi terlihat kusam.Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut kering, di antaranya:
  • Terlalu sering keramas
  • Tinggal di daerah beriklim kering dan panas
  • Menggunakan hair dryer atau alat catokan terlalu sering
  • Terlalu sering berenang di kolam yang tinggi kaporit ataupun air laut
Rambut yang sehat memiliki minyak alami yang cukup untuk melapisi rambut dan melindungi bagian dalam rambut. Hal inilah yang membuat rambut Anda tampak sehat, berkilau, dan terjaga kelembapannya.Rambut kering yang tidak dirawat akan berpotensi menyebabkan rambut mudah rapuh dan patah.

3. Rambut mudah patah dan bercabang

ciri-ciri rambut rusak karena catokan
Ciri-ciri rambut rusak, patah, dan bercabang bisa muncul bila terlalu sering mencatok
 Jika rambut kering Anda biarkan, lapisan terluar rambut yang seharusnya dilapisi minyak alami lama-kelamaan akan menjadi kering dan pecah-pecah.Penggunaan aksesori rambut, seperti jepitan atau ikat rambut juga diketahui dapat berperan dalam menyebabkan rambut patah.Rambut yang mudah patah biasanya terjadi karena penggunaan bahan kimia yang berlebihan, seperti terlalu sering mengecat rambut, atau keadaan lingkungan. Kondisi ini dapat mengubah tekstur rambut.Penelitian tahun 2015 pada International Journal of Trichology menyebutkan, paparan terhadap bahan kimia terus-menerus akan menyebabkan kutikula rambut menjadi pecah. Akibatnya, tak ada lagi yang melindung korteks dan medula rambut. Inilah yang kemudian menyebabkan rambut Anda menjadi rapuh.Rambut yang rapuh lebih berisiko membuat rambut Anda bercabang, terutama di bagian ujung rambut. Selain karena ujung rambut adalah bagian batang rambut yang paling tua, hal ini lagi-lagi disebabkan oleh kutikula rambut yang rusak.

4. Perubahan warna rambut

Selain kering, kusam, dan mudah patah, rambut rusak juga biasanya mengalami perubahan warna. Umumnya, salah satu tanda rambut rusak adalah warna rambut yang lebih memudar dibandingkan warna rambut sehat.Rambut yang berkilau biasanya terjadi karena rambut memiliki kelembapan dan minyak alami yang cukup. Minyak ini juga yang melindungi batang rambut agar tetap sehat. Pada rambut rusak, minyak alami ini hilang atau sangat sedikit.Akibatnya, kutikula menjadi lebih rentan rusak sehingga pecah-pecah. Inilah yang kemudian menyebabkan warna rambut Anda berubah.Perubahan warna rambut umumnya tampak pada ujung rambut yang panjang. Jika diperhatikan, Anda mungkin lebih sering menemui ujung rambut yang memerah dan kering, sementara rambut asli Anda berwarna gelap.

5. Penipisan rambut

Segala tanda rambut rusak di atas biasanya akan muncul lebih dulu. Apabila Anda kemudian mengubah gaya hidup dan menghindari penyebab rambut rusak, rambut Anda pun bisa berangsur-angsur sehat kembali.Penipisan rambut adalah ciri-ciri rambut rusak yang cukup parah. Kondisi ini biasanya terjadi apabila Anda mengabaikan tanda-tanda lainnya yang lebih dulu muncul.Pada tahap ini, Anda mungkin menyadari beberapa bagian rambut Anda lebih tipis dibandingkan bagian lainnya.

Cara mengatasi rambut rusak

keramas dengan benar membantu melawan ciri-ciri rambut rusak
Keramas dengan benar mampu mencegah munculnya ciri rambut rusak
Meski rambut Anda telah rusak, bukan berarti tidak ada cara untuk merawatnya dan mendapatkan keindahannya kembali. Penyebab rambut rusak yang paling umum terjadi adalah akibat gaya hidup sehari-hari.Artinya, mengubah gaya hidup tertentu, khususnya dalam hal perawatan rambut, dapat membantu Anda mengatasi masalah rambut rusak yang menghantui.Beberapa cara menjaga kesehatan rambut yang bisa Anda ikuti, antara lain:
  • Selalu gunakan minyak rambut atau produk yang dapat menutrisi rambut sebelum menata rambut. Dengan begitu, rambut Anda akan tidak terkena panas secara langsung dari alat pengering.
  • Rutin memotong rambut untuk “membuang” bagian rambut yang rusak.
  • Hindari paparan sinar matahari langsung.
  • Jangan keramas terlalu sering, terutama jika memiliki rambut kering.

Cara memastikan ciri-ciri rambut rusak

Terkadang, beberapa orang memang memiliki tipe rambut mengembang dan kasar, tapi tidak rusak. Hal ini mungkin saja membuat Anda kesulitan untuk membedakan apakah yang Anda alami benar-benar merupakan ciri rambut rusak.Ada beberapa cara mudah untuk mengetes apakah rambut Anda benar-benar rusak atau tidak, yaitu:

1. Uji tarik

Seperti namanya, uji tarik atau disebut juga tug test, dilakukan dengan cara menarik helai rambut Anda untuk memeriksa elastisitasnya.Rambut yang sehat, dalam keadaan basah, biasanya mampu memanjang sebanyak 30% dari panjang rambut sebenarnya tanpa terputus. Cobalah untuk memegang beberapa helai rambut yang basah dengan ibu jari dan telunjuk, untuk kemudian menariknya. Jika langsung putus, ada kemungkinan tanda-tanda yang Anda alami adalah ciri rambut rusak.

2. Merendam helai rambut

Rambut yang rapuh terjadi karena kutikula rambut pecah dan rusak. Hal ini membuat bagian dalam rambut tidak ada yang melindungi.Rambut yang rusak parah biasanya mampu menyerap air lebih banyak karena “gerbang terluar” rambut terbuka. Apabila Anda merendamnya di air, rambut yang rusak menjadi lebih berat 12-18 persen.Anda bisa mencoba meletakkan beberapa helai rambut Anda di air. Rambut yang tetap mengapung menandakan bahwa kutikula rambut Anda masih sehat.Masih tetap bingung untuk memastikan apakah yang Anda alami merupakan ciri-ciri rambut rusak atau bukan? Anda bisa langsung menanyakan kepada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan kulit kepalakesehatan rambutrambut kering
Gavazzoni Dias M. F. (2015). Hair cosmetics: an overview. International journal of trichology, 7(1), 2–15. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450
Diakses tanggal 4 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-repair-damaged-hair
Diakses tanggal 4 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dry-hair
Diakses tanggal 4 Februari 2021
Marsh J., Gray J., Tosti A. (2015) Clinical Signs of Hair Damage. In: Healthy Hair. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-18386-2_5
Diakses tanggal 4 Februari 2021
Sinclair, R. (2007). Healthy Hair: What Is it?. Journal Of Investigative Dermatology Symposium Proceedings, 12(2), 2-5. https://doi.org/10.1038/sj.jidsymp.5650046
Diakses tanggal 4 Februari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/8-ways-youre-damaging-your-hair#1
Diakses tanggal 4 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait