Ciri-Ciri Penyakit Ambeien pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

0,0
02 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri penyakit ambeien pada wanita bisa ditandai dengan iritasi dan nyeri sekitar anusAmbeien bisa sebabkan munculnya benjolan di anus
Apakah Anda tengah mengalami keluar darah saat BAB atau benjolan di sekitar anus? Anda perlu waspada karena kedua kondisi tersebut merupakan gejala ambeien. Penyakit ambeien adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah di sekitar anus. Kondisi ini juga dikenal sebagai wasir.Ambeien bisa terjadi baik pada wanita maupun pria. Namun, wanita lebih rentan mengalaminya saat hamil dan setelah melahirkan. Untuk memahami lebih lanjut, mari kita kenali beberapa ciri-ciri penyakit ambeien pada wanita yang harus diwaspadai.

Penyakit ambeien pada wanita

Kehamilan dan persalinan normal bisa menyebabkan wanita mengalami ambeien. Kondisi ini disebabkan perubahan hormon maupun tekanan berlebih yang diberikan janin pada pembuluh darah di sekitar panggul.Di saat persalinan, proses mengejan untuk melahirkan bayi bisa meningkatkan tekanan di sekitar kelamin dan anus. Akibatnya, pembuluh darah di dalam rektum atau sekitar anus pun membengkak.Dilansir dari jurnal yang diterbitkan Can Fam Physician, diperkirakan 25-35 persen ibu hamil mengalami ambeien. Di samping itu, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi ini, yakni:
  • Mengejan berlebihan
  • Duduk terlalu lama di toilet
  • Menderita diare atau sembelit kronis
  • Kurang mengonsumsi serat
  • Terlalu banyak mengangkat beban berat
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Melakukan anal seks.
Semakin bertambahnya usia, risiko ambeien pun semakin meningkat. Hal ini disebabkan jaringan yang menopang pembuluh darah di sekitar anus yang melemah dari waktu ke waktu. Maka tidak mengherankan jika kondisi ini sering terjadi di usia 50-an.

Ciri-ciri penyakit ambeien pada wanita

Ada beberapa ciri-ciri penyakit ambeien pada wanita yang harus Anda waspadai, seperti:

1. Keluar darah saat BAB

Ambeien bisa sebabkan keluar darah saat BAB
Ambeien dapat menyebabkan darah keluar saat BAB, terutama jika feses sangat keras atau besar. Kondisi ini terjadi karena pembuluh darah di sekitar anus yang semula bengkak menjadi pecah. 

2. Gatal di sekitar area anus

Rasa gatal yang tak tertahankan bisa muncul di sekitar anus ketika mengalami ambeien. Ciri-ciri penyakit ambeien pada wanita ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan yang luar biasa. Tak jarang, tidur pun menjadi terganggu.

3. Iritasi dan nyeri di sekitar anus

Ambeien dapat menyebabkan Anda mengalami iritasi dan nyeri di sekitar anus. Maka tidak mengherankan kalau Anda sulit untuk duduk, terutama di permukaan yang keras. Hal tersebut malah bisa memperburuk kondisi Anda.

4. Munculnya benjolan di anus

Benjolan anus ambeien membuat tidak nyaman
Ciri-ciri penyakit ambeien pada wanita ini merupakan salah satu ciri khas. Benjolan bisa muncul di dalam rektum atau di sekitar anus. Selain itu, rasa gatal dan nyeri juga bisa muncul sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

5. BAB terasa nyeri

BAB juga bisa terasa nyeri saat Anda mengalami ambeien. Akibatnya, Anda mungkin enggan untuk BAB sehingga bisa menyebabkan perut terasa tidak nyaman, bahkan hingga kebocoran feses.Jika Anda menunjukkan ciri-ciri penyakit ambeien pada wanita di atas, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara mengatasi ambeien

Supaya tidak semakin berlarut-larut, berikut cara mengatasi ambeien yang dapat Anda lakukan:

1. Berendam dalam air hangat

Air hangat redakan nyeri ambeien
Anda bisa berendam dalam air hangat setidaknya 10 menit setiap hari untuk meredakan gejala ambeien. Hal ini bisa membantu menghilangkan ketidaknyamanan dan rasa sakit di anus Anda.

2. Menggunakan obat pereda nyeri

Anda juga bisa menggunakan obat topikal yang dijual di apotek, baik dalam bentuk salep atau krim untuk meredakan rasa terbakar dan gatal akibat ambeien. Obat ini bisa memberi efek yang menenangkan di sekitar anus.

3. Mengonsumsi makanan berserat

Makanan berserat bantu atasi ambeien
Jika Anda juga mengalami sembelit, konsumsilah makanan yang berserat tinggi, seperti jagung, alpukat, kacang-kacangan, brokoli, biji chia, tomat, beras merah, wortel, anggur, pir, dan kiwi.

4. Pengobatan ke dokter

Lakukan pengobatan ke dokter kalau ambeien tidak kunjung membaik. Dokter akan meresepkan obat atau melakukan prosedur tertentu untuk mengatasinya. Diskusikan dengan dokter seputar pilihan pengobatan yang terbaik untuk mengatasi keluhan Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar ambeien, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitnyeri anuswasiranus gatal
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2278306/
Diakses pada 19 Januari 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268
Diakses pada 19 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-hemorrhoids
Diakses pada 19 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/hemorrhoids#treatment
Diakses pada 19 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait