Ciri-Ciri Orang Percaya Diri Berdasarkan Pola Pikir dan Perilakunya


Ciri-ciri orang percaya diri bisa dilihat dari pola pikir dan perilakunya. Sejumlah sikap yang biasa dimiliki orang percaya diri, seperti menganggap dirinya sangat berharga, tidak takut gagal, hingga menerima kelemahannya.

(0)
Ciri-ciri orang percaya diri adalah berani menerima saran dan kritikanOrang yang percaya diri biasanya berani mengutarakan pendapat, namun bersedia pula menerima masukan
Orang dengan kepercayaan diri tinggi seringkali dianggap sebagai pribadi yang ekstrovert, senang berteman, dan bersuara lantang saat bicara. Hal tersebut bisa saja benar, namun ciri-ciri orang percaya diri tak melulu harus menjadi pusat perhatian maupun berani ketika berada di depan publik.Percaya diri yang sesungguhnya berasal dari keyakinan terhadap kemampuan, keterampilan, dan nilai Anda sendiri. Lantas, apa saja ciri-ciri orang percaya diri?

Ciri-ciri orang percaya diri

Orang dengan rasa percaya diri tinggi umumnya mengerti betapa berharganya mereka dan tahu apa yang menjadi keinginannya. Ada beberapa kebiasaan dan pola pikir yang menjadi ciri-ciri orang percaya diri.Berikut ini beberapa ciri-ciri orang percaya diri:

1. Menganggap diri sendiri berharga

Ciri-ciri orang percaya diri adalah merasa bahwa dirinya berharga
Orang yang percaya diri meyakini bahwa dirinya berharga dan mampu mengejar impian
Orang dengan kepercayaan diri tinggi mempunyai keyakinan bahwa dirinya sangatlah berharga. Selain itu, orang yang percaya diri tak pernah menganggap nilai mereka lebih rendah dari orang lain. Dengan kata lain, Anda memiliki hak yang sama dengan orang lain untuk mengejar impian, menikmati hidup, membela diri, serta membuat perbedaan dengan cara sendiri.

2. Berani menerima saran dan kritikan

Percaya diri membuat orang dapat menerima saran dan kritikan yang diberikan oleh orang lain tanpa bersikap maupun bertindak defensif. Orang yang percaya diri umumnya mengetahui bagaimana cara menangani kritikan dengan baik agar harga diri mereka tidak jatuh di mata orang lain.

3. Tidak takut gagal

Ketika mempunyai kepercayaan diri tinggi, bukan berarti Anda tidak akan gagal. Selain itu, sebagai manusia, wajar jika Anda tetap merasa sedih, cemas, dan meragukan diri sendiri saat mengalami kegagalan. Meski begitu, orang dengan percaya diri tinggi biasanya dapat menangani perasaan tersebut dengan baik. Selain itu, kegagalan digunakan sebagai dorongan untuk mendapatkan pencapaian yang lebih baik lagi ke depannya.

4. Berani mencoba hal-hal baru

Orang yang percaya diri umumnya berani mencoba hal-hal baru. Anda tidak takut melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan karena menganggapnya sebagai proses untuk tumbuh dan berkembang.

5. Menerima kelemahan yang dimiliki

Ciri-ciri orang percaya diri adalah mampu menerima kekurangan diri sendiri
Rasa percaya diri justru mampu membuat Anda memeluk kelemahan diri
Saat mempunyai rasa percaya diri, Anda akan mampu menerima kelemahan diri sendiri. Selain itu, kepercayaan diri juga membuat Anda tidak segan meminta bantuan orang lain untuk meraih tujuan yang hendak dicapai dengan baik.

6. Tidak takut melakukan kesalahan

Percaya diri membuat Anda berani bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan. Selain itu, Anda juga tidak malu untuk mengakuinya kepada orang lain. Semua manusia pasti pernah membuat kesalahan, jadikan hal tersebut sebagai batu loncatan untuk bisa lebih baik lagi dan tidak mengulanginya lagi di masa mendatang.

7. Berani salah ketika mengutarakan pendapat

Orang yang percaya diri akan berbicara tentang apa yang diyakini benar. Namun, mereka siap menerima bahwa pendapat yang disampaikan terkadang salah. Berani memberikan pendapat tetapi cukup rendah hati untuk belajar dari orang lain adalah salah satu ciri-ciri orang percaya diri.

8. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, orang dengan kepercayaan diri tinggi mengetahui bahwa dirinya berharga dan dapat menerima kekurangan yang dimiliki. Hal tersebut membuat Anda merasa tidak perlu membandingkan pencapaiannya dengan orang lain untuk meningkatkan harga diri. Orang yang percaya diri hanya fokus pada jalan yang ada di depannya sendiri.

Apa manfaat orang yang percaya diri?

Banyak manfaat bisa didapatkan dari rasa percaya diri. Sikap ini memberikan banyak pengaruh positif bagi pola pikir dan perilaku Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat orang yang percaya diri menurut penelitian, di antaranya:
  • Meningkatkan kinerja saat beraktivitas
  • Meningkatkan motivasi dalam menjalani hidup
  • Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres
  • Meningkatkan kesejahteraan diri secara keseluruhan
  • Membantu bersikap terbuka terhadap keyakinan dan sikap yang berlawanan

Catatan dari SehatQ

Ciri-ciri orang percaya diri dapat Anda lihat dari pola pikir dan perilakunya. Orang dengan rasa percaya diri tinggi umumnya menganggap diri sendiri berharga, tidak takut gagal, berani untuk melakukan kesalahan, serta menerima kelemahan yang dimiliki kepada orang lain.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait ciri-ciri orang percaya diri, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ . Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalberpikir positif
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/shyness-is-nice/201809/the-13-things-the-most-confident-people-never-do
Diakses pada 7 Maret 2021
Life Coach Directory. https://www.lifecoach-directory.org.uk/memberarticles/8-signs-youre-quietly-confident
Diakses pada 7 Maret 2021
Psychology Today. https://www.webmd.com/sex-relationships/signs-womanizer
Diakses pada 7 Maret 2021
Sage Journals. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0146167204271180
Diakses pada 7 Maret 2021
SSRN. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=549162
Diakses pada 7 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait