Orang kreatif senang berinteraksi untuk menemukan inspirasi
Rasa ingin tahu yang tinggi menjadi salah satu ciri-ciri orang kreatif

Di tengah beragamnya inovasi yang berkembang saat ini, jiwa kreatif sangatlah diperlukan. Sayangnya, banyak orang yang kurang percaya diri dengan merasa dirinya tidak kreatif sehingga ide-ide cemerlang yang mereka simpan tidak tersalurkan.

Padahal, kreativitas merupakan keterampilan yang bisa diasah. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika Anda bisa memilikinya. Orang-orang kreatif pun cenderung mempunyai ciri-ciri tertentu yang bisa diidentifikasi. Lantas, apa saja ciri-ciri orang kreatif?

Ciri-ciri orang kreatif

Kreativitas adalah sumber utama makna dalam kehidupan. Sebagian besar hal yang menarik dan penting merupakan hasil dari kreativitas. Dengani jiwa yang kreatif, hidup pun akan terasa lebih berwarna dan berarti.

Orang kreatif cenderung memiliki kepribadian yang kompleks. Hal inilah yang membuat mereka berbeda dibanding dengan yang lain. Adapun ciri-ciri orang kreatif yang mungkin Anda miliki, di antaranya:

  • Pemimpi yang realistis

Orang-orang kreatif senang berangan-angan dan membayangkan berbagai hal yang tak terpikirkan oleh orang lain (out of the box). Ia dapat membenamkan diri dalam fantasi dan imajinasi, namun juga tetap berpijak pada kenyataan. 

Ide-ide cemerlang yang dimilikinya pun tak hanya disimpan begitu saja, tetapi dijadikan terobosan baru. Oleh sebab itu, orang kreatif cenderung memberi solusi imajinatif yang dapat diterapkan dalam dunia nyata.

  • Energik dan fokus

Fisik maupun mental orang kreatif sangatlah energik. Ia dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengerjakan suatu hal yang menarik perhatiannya. 

Ini bukan berarti bahwa orang kreatif adalah orang yang hiperaktif. Mereka cenderung imajinatif dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka juga dapat menghabiskan banyak waktu untuk istirahat dan memikirkan hal-hal yang mereka tengah gandrungi.

  • Rasa ingin tahu tinggi

Orang-orang kreatif juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini dapat dilakukannya dengan membaca buku atau berkomunikasi dengan orang lain. Ia akan terus memikirkan dan mencari tahu apa yang menarik perhatiannya. 

  • Suka bermain namun disiplin

Kreativitas yang sesungguhnya merupakan gabungan antara kesenangan dan kerja keras. Meski orang yang kreatif cenderung terlihat suka bermain, namun tetap disiplin dalam mengerjakan kewajibannya. Kata “bermain” disini mengacu pada sikap aktif yang dimilikinya.

  • Bisa ekstrovert atau introvert

Ada yang beranggapan jika orang kreatif itu pasti ekstrovert, namun ada juga yang mengatakan jika orang kreatif itu introvert. Padahal kreativitas memerlukan penggabungan kedua tipe ini. Orang-orang kreatif cenderung berada di tengah-tengah introvert dan ekstrovert. 

Dengan kata lain, mereka menunjukkan karakteristik ambivert, di mana mereka senang berinteraksi dengan orang lain untuk menghasilkan ide dan inspirasi. Akan tetapi, butuh waktu juga untuk menyendiri guna berpikir dan mengeksplorasi kreativitasnya.

  • Bangga dengan pencapaiannya

Orang-orang kreatif cenderung bangga dengan pencapaiannya, namun mereka juga tetap bersikap rendah hati. Orang kreatif memiliki rasa hormat yang luar biasa pada hal yang berpengaruh terhadap pekerjaannya. 

Mereka dapat menilai karyanya lebih baik dibanding orang lain, namun hal tersebut bukan menjadi fokus mereka. Orang kreatif lebih fokus pada ide atau proyek yang akan mereka tangani berikutnya.

  • Memiliki passion yang kuat

Orang-orang kreatif tak hanya menikmati pekerjaannya, namun juga sangat mencintai dan bersemangat untuk melakukannya. Di samping itu, mereka juga bersikap objektif, kritis, dan mau menerima kritik. Orang kreatif juga cenderung dapat memisahkan pekerjaannya dengan bidang lain yang dapat ia eksplorasi.

Jika Anda memiliki ciri-ciri di atas, Anda mungkin termasuk ke dalam orang-orang yang kreatif. Namun jika Anda tidak memilikinya, tak perlu khawatir karena Anda masih dapat mengasah diri untuk membentuk kreativitas dengan banyak membaca, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mencari inspirasi dari orang lain, menuliskan ide-ide, dan lainnya.

Selain itu, suatu studi menyatakan bahwa orang kreatif tidak selalu memiliki IQ yang tinggi. Jadi, semua orang bisa memberikan ide kreatif dan tidak usah berkecil hati.

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/characteristics-of-creative-people-2795488
Diakses pada 19 Februari 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/articles/199607/the-creative-personality
Diakses pada 19 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6102953/
Diakses pada 19 Februari 2020

Artikel Terkait