Ciri-ciri Mata Sehat Bebas Penyakit yang Perlu Anda Ketahui

(0)
14 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa ciri-ciri mata sehat yang bisa diidentifikasiMata sehat pastinya bebas dari penyakit dan gangguan kesehatan lainnya
Memiliki mata sehat merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh dan keberlangsungan hidup seseorang. Gangguan kesehatan mata dapat berdampak besar dalam aktivitas keseharian, bahkan bisa menurunkan produktivitas. Gangguan ini pun tidak boleh diabaikan karena berpotensi menimbulkan dampak buruk pada mata, mulai dari ringan hingga berbahaya seperti kebutaan.Oleh karena itu, penting sekali mengetahui ciri-ciri mata sehat supaya kita bisa mengidentifikasi bila ada sesuatu yang tidak biasa atau gangguan pada mata atau penglihatan.

Ciri-ciri mata sehat

Mata sehat dapat didefinisikan sebagai mata yang memiliki pandangan jelas, kondisi mata bersih, dan tidak memiliki penyakit ataupun mengalami gejala penyakit tertentu. Selain itu, ada beberapa ciri-ciri mata sehat lainnya yang bisa Anda identifikasi.

1. Memiliki penglihatan jelas

Penglihatan 20/20 adalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan kejelasan atau ketajaman visual diukur pada jarak 20 kaki (6 meter). Jika Anda memiliki penglihatan 20/20, artinya Anda memiliki ketajaman mata optimal karena mampu melihat sesuatu yang seharusnya terlihat pada jarak 6 meter tersebut.

2. Sklera berwarna putih

Sesuai namanya, sklera atau bagian putih mata yang sehat memiliki warna putih. Jika bagian tersebut berwarna merah, maka menandakan mata Anda mengalami iritasi yang biasanya disebabkan debu, polusi, bahkan hingga infeksi virus atau bakteri.Warna merah pada mata juga bisa dikarenakan adanya pembuluh darah yang pecah. Selain itu, sklera berwarna kuning, cokelat, abu atau kebiruan dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan lainnya pada tubuh Anda.

3. Mata memiliki kelembapan yang baik

Mata sehat dilapisi oleh air mata yang berfungsi sebagai pelumas sehingga mata selalu terasa lembap dan nyaman. Ketika pengeluaran air mata mengalami gangguan, maka mata akan terasa kering dan tidak nyaman. Mata kering bisa diakibatkan oleh kondisi lingkungan, mata lelah, dehidrasi, gangguan kelenjar air mata, peradangan, ataupun karena penuaan.Kondisi ini dapat diatasi dengan pemberian air mata buatan, perbanyak minum air putih, menjaga asupan gizi, dan pemberian obat oleh dokter. Sebaliknya, mata yang terus-menerus berair juga mengindikasikan adanya gangguan pada mata. Mata berair bisa dikarenakan adanya benda asing yang memasuki mata atau penyakit mata lainnya.

4. Mata terbebas dari rasa sakit

Mata yang sehat juga tidak memiliki rasa sakit yang mengganggu. Jika Anda merasakan sesuatu mengganjal pada mata, mata bengkak, berdenyut, pedih, gatal, atau nyeri, sebaiknya segera hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Cara menjaga kesehatan mata

Untuk menjaga agar mata tetap sehat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Menjaga asupan makanan

Menjaga kesehatan mata dapat dimulai dengan menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi. Berbagai nutrisi, seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin A, C dan E, dapat membantu mencegah masalah penglihatan, khususnya yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan katarak.Jenis-jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah sayuran berdaun hijau, ikan berminyak, telur, kacang-kacangan, jeruk, dan wortel. Diet seimbang juga bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terkena katarak, kerusakan saraf optik, dan juga degenerasi makula. Selain mengakibatkan gangguan pada mata, merokok juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya yang tak kalah berbahaya.

3. Kenakan kacamata hitam

Menggunakan kacamata hitam saat keluar rumah di siang hari dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Terlalu banyak paparan sinar UV dapat meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Jika Anda mengenakan lensa kontak, beberapa produk tersedia dengan tambahan pelindung UV.

4. Memijat area mata

Pijatan ringan di sekitar mata Anda dapat membantu meningkatkan drainase dan meningkatkan sirkulasi di area mata. Tindakan ini dapat meredakan peradangan dan juga mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata Anda.

5. Meminum banyak air

Cobalah untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari. Hal ini untuk memastikan tubuh Anda memiliki cukup kelembapan untuk menjaga mata tetap terlumasi dan terhidrasi. Anda mungkin perlu minum lebih banyak air jika cuaca lebih panas dari biasanya dan juga pada saat aktif beraktivitas.

6. Mengistirahatkan mata

Sama halnya seperti bagian lain pada tubuh, mata juga memerlukan istirahat yang cukup. Apabila Anda bekerja di depan layar smartphone atau laptop, gunakan metode 20-20-20 yaitu istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan melihat objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Anda juga harus cukup tidur karena kekurangan tidur juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan mata.Konsultasikan kondisi kesehatan mata Anda secara berkala setidaknya satu tahun sekali dan ketika merasakan gejala-gejala mengganggu pada mata. Dokter mata dapat memberikan bantuan agar penglihatan Anda tetap baik dan optimal.Beberapa kelainan pada mata mungkin tidak dapat disembuhkan. Walaupun demikian, dengan pengecekan secara rutin, dokter akan dapat membantu melakukan tindakan pencegahan terbaik untuk menurunkan berbagai risiko penyakit mata.
kesehatan mata
Health
https://www.health.com/condition/eye-health/eye-health
Diakses 2 Agustus 2020
American Academy of Ophthamology
https://www.aoa.org/patients-and-public/eye-and-vision-problems/glossary-of-eye-and-vision-conditions/visual-acuity
https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/discolored-sclera-whites-of-my-eyes-turn-yellow
Diakses 2 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/dry-eye/treatments-for-chronic-dry-eye#types-oftreatment
https://www.healthline.com/health/eye-health/sparkling-eyes
Diakses 2 Agustus 2020
Web MD
https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight#1
Diakses 3 Agustus 2020
Cleveland Clinic
https://my.clevelandclinic.org/health/articles/8560-ocular-health
Diakses 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait