Kenali Ciri-Ciri Kulit Sehat Terawat dan Bedanya dengan yang Tidak Sehat


Ciri-ciri kulit sehat adalah warna kulit merata, tekstur kulit halus dan lembut, kulit terasa lembap, serta tidak ada sensasi aneh yang dirasakan pada kulit. Untuk mendapatkannya, Anda perlu melakukan berbagai cara menjaga kesehatan kulit.

0,0
Memiliki kulit yang sehat merupakan hal yang pentingCiri kulit sehat adalah warna kulit merata, tekstur kulit halus dan lembut, serta kulit lembap
Setiap orang tentu mendambakan kulit sehat. Namun, apakah Anda tahu seperti apa ciri kulit sehat? Benarkah kulit yang sehat ditandai dengan bersih dan putih merona? Untuk mengetahui jawabannya, simak perbedaan ciri-ciri kulit sehat terawat dan yang tidak sehat dalam artikel berikut ini.

Ciri-ciri kulit sehat terawat dan yang tidak sehat

Memiliki kulit yang sehat merupakan hal yang penting. Pasalnya, kulit berfungsi sebagai pengatur suhu badan, melindungi tubuh, hingga mengeluarkan zat sisa metabolisme.Tak hanya itu, mengetahui kulit sehat atau tidak juga dapat membantu Anda menentukan produk perawatan kulit yang tepat untuk digunakan.Sayangnya, tidak semua orang paham mengenai ciri kulit sehat. Padahal, tanda-tandanya bisa Anda lihat dan amati sendiri.Berikut adalah ciri-ciri kulit sehat terawat dan yang tidak sehat selengkapnya.

1. Warna kulit merata

Warna kulit merata merupakan ciri kulit sehat
Warna kulit tampak merata dan tidak kusam merupakan ciri kulit sehat
Salah satu ciri kulit sehat adalah warna kulit yang merata. Jadi, apa pun warna kulit Anda, entah itu hitam, putih, kuning langsat, atau sawo matang, rona warna kulitnya harus terlihat merata.Sementara, kulit tidak sehat biasanya ditandai dengan perbedaan warna (pigmentasi) yang menyebar di permukaan kulit. Misalnya, flek hitam akibat paparan sinar matahari atau noda hitam bekas jerawat.Warna kulit kemerahan bisa jadi merupakan tanda peradangan atau kerusakan. Selain itu, warna kulit yang kusam, bahkan sampai muncul lingkaran hitam di bawah mata, menandakan kulit lelah atau dehidrasi.

2. Tekstur kulit halus dan lembut

Kulit sehat biasanya ditandai dengan tekstur kulit yang halus dan lembut saat disentuh.Jika Anda merasakan kulit kasar, seperti ada benjolan-benjolan kecil, kulit terasa kering, atau kulit keriput atau kendur, ini berarti tanda ada yang salah pada kondisi kulit Anda.Umumnya, penyebab tekstur kulit yang kasar bisa disebabkan oleh jerawat, komedo, miliaria, iritasi, hingga tanda penuaan dini.

3. Kulit terasa lembap

Kulit lembap merupakan ciri-ciri kulit sehat
Kulit yang lembap pertanda asupan airnya sudah cukup terpenuhi
Ciri kulit sehat adalah kulit yang terasa lembap. Ini artinya, asupan air untuk kulit sudah cukup terpenuhi.Selain itu, air juga dapat menjaga keseimbangan sebum atau minyak alami pada permukaan kulit sehingga mencegah timbulnya masalah jerawat dan kulit berminyak.Jika kulit kekurangan asupan air maka akan terasa kering sehingga tanda-tanda penuaan kulit menjadi muncul lebih cepat.Kulit kering biasanya akan terasa kasar saat disentuh, mudah gatal, serta tampak mengelupas dan bersisik.

4. Kulit segar dan tampak bercahaya

Ciri kulit sehat selanjutnya adalah terasa segar dan tampak bercahaya atau kerap dikenal dengan glowing.Menurut seorang dermatolog dari Schweiger Dermatology Group, kulit yang glowing atau tampak bercahaya ini ditandai dengan kulit yang terasa lembap dan halus, alias tidak kering atau kusam.Kulit glowing juga ditunjukkan dengan pori-pori yang kecil serta warna kulit tampak merata dan bersih dari noda atau flek.

5. Tidak merasakan sensasi aneh pada kulit

Kulit sehat juga ditandai dengan tidak adanya sensasi rasa aneh atau tidak nyaman pada kulit. Sensasi aneh atau tidak nyaman pada kulit menunjukkan bahwa kulit Anda sedang mengalami masalah.Beberapa sensasi aneh yang umum dirasakan, seperti sensasi panas terbakar, kencang seperti tertarik, hingga terasa gatal.Umumnya, reaksi atau sensasi tersebut muncul akibat penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang terlalu keras di kulit.Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya hindari pemakaian produk agar kulit terhindar dari kerusakan.Terkadang sensasi aneh dan rasa tidak nyaman juga muncul akibat paparan udara dingin atau sinar matahari.

Tips kulit sehat yang mudah dilakukan

Walaupun sudah memiliki ciri kulit sehat, cara menjaga kesehatan kulit tetap tidak boleh diabaikan. Terlebih, bagi Anda yang kulitnya masih jauh dari kata sehat.Bila kondisi kulit tidak sehat dibiarkan terus menerus, masalah kesehatan kulit yang lebih serius akan lebih rentan timbul.Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara merawat kulit dengan tepat agar sehat, bersih, dan terawat berikut ini.

1. Cuci muka secara rutin

Cuci muka secara rutin untuk mendapatkan kulit sehat
Cuci muka menggunakan air hangat atau air suam-suam kuku
Salah satu cara tips kulit sehat agar bersih dan terawat adalah dengan rutin mencuci muka. Cuci muka bertujuan untuk membersihkan sisa make up, minyak, dan kotoran yang menempel di wajah.Mulailah cuci muka dengan membilas wajah menggunakan air hangat (air suam-suam kuku). Kemudian, tuang sabun pembersih wajah dengan kandungan ringan secukupnya ke telapak tangan.Usapkan sabun pembersih wajah ke permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah sehingga seluruh minyak dan kotoran dapat terangkat sempurna.Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk bersih berbahan lembut.Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur, serta setelah berkeringat.

2. Oleskan pelembap

Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan pelembap sebagai cara menjaga kesehatan kulit. Pastikan Anda memilih pelembap mengandung hyaluronic acid sesuai jenis kulit.Jika memiliki kulit yang kering, hindari pelembap berbahan dasar alkohol. Sementara, bagi pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap berbahan dasar air.Tak ada salahnya untuk menggunakan pelembap mengandung SPF untuk memberikan perlindungan ekstra dari paparan sinar matahari.

3. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Tips kulit sehat menggunakan tabir surya
Oleskan sunscreen mengandung SPF minimal 30 sebelum ke luar rumah
Tips kulit sehat juga perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya. Langkah ini bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan dini.Jika Anda beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya mengandung SPF minimal 30.Oleskan tabir surya ke kulit 20 menit sebelum keluar rumah pada pagi atau siang hari, Lalu, ulangi setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang.

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Tips kulit sehat berikutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur.Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati sehingga membantu kulit tetap bersih dan tampak bercahaya.Nantinya, tekstur kulit Anda juga akan terasa lebih halus dan lembut serta rona  warna kulit menjadi merata dan cerah.

5. Penuhi asupan cairan tubuh

Cara menjaga kesehatan kulit dengan penuhi cairan tubuh
Penuhi asupan cairan tubuh dengan minum 8 gelas per hari
Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan kulit kering, bahkan dehidrasi.Ketika mengalami dehidrasi, kulit Anda akan terasa kering, kasar, bersisik saat digaruk, bahkan memicu jerawat dan munculnya tanda penuaan dini.Mengonsumsi air putih dengan cukup bisa menjadi langkah tepat sebagai cara menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.Sebaiknya, hindari konsumsi alkohol yang membuat kulit dan tubuh rentan mengalami dehidrasi. Kulit Anda pun bisa menjadi tidak sehat karena tampak lelah dan kusam.

6. Tidur cukup

Cara menjaga kesehatan kulit lainnya juga menyentuh pola hidup Anda sehari-hari. Salah satunya adalah tidur cukup.Tidur yang cukup dapat mencegah masalah lingkaran hitam di area mata, serta meningkatkan warna kulit agar tampak lebih cerah.

7. Tidak merokok

Tips kulit sehat yang tak kalah penting adalah dengan tidak merokok. Kebiasaan merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua sehingga memicu terbentuknya kerutan karena gerakan wajah mengisap yang Anda lakukan.Di samping itu, bahaya merokok dapat mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan kulit terluar. Akibatnya, aliran darah berkurang sehingga membuat kulit tampak lebih pucat.Merokok juga dapat menghabiskan nutrisi dan oksigen yang penting untuk kesehatan kulit. Bahkan, kolagen dan elastin yang memberi kekuatan dan elastisitas pada kulit pun dapat mengalami kerusakan.Maka dari itu, segera hentikan kebiasaan merokok bila ingin memperoleh kulit yang sehat dan terawat.

Catatan dari SehatQ

Ciri-ciri kulit sehat adalah warna kulit merata, tekstur kulit halus dan lembut, kulit terasa lembap, serta tidak ada sensasi aneh yang dirasakan pada kulit.Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Anda harus memiliki tekad yang kuat untuk melakukan berbagai cara menjaga kesehatan kulit dengan tepat seperti langkah di atas.Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui rekomendasi produk perawatan kulit yang bisa digunakan.Jika Anda mengalami masalah kulit tertentu yang dirasa mengganggu, jangan ragu untuk menemui dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan tepat sesuai penyebabnya.Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/164494#Tip-#4-for-healthy-skin:-Get-enough-quality-sleep
Diakses pada 15 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320071
Diakses pada 15 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care#causes
Diakses pada 15 September 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/healthier-looking-skin
Diakses pada 15 September 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-self-care
Diakses pada 15 September 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/dark-circles-under-eyes/basics/
Diakses pada 15 September 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Diakses pada 15 September 2021
Stylecaster. https://stylecaster.com/beauty/healthy-skin/
Diakses pada 15 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait