Ciri-Ciri Kuku yang Sehat dan Cara Merawatnya dengan Baik

(0)
18 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri-ciri kuku yang sehat dapat dilihat dari bentuk, warna, tekstur, hingga daya tahannyaKuku yang sehat dapat dilihat dari bentuk dan warnanya
Kuku termasuk salah satu bagian tubuh yang paling cepat kotor karena biasanya sering kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Ciri-ciri kuku yang sehat dapat ditunjukkan dari warna, bentuk, hingga teksturnya. Memiliki kuku yang sehat dapat membawa manfaat bagi tubuh Anda secara keseluruhan.Sebaliknya, kuku yang tidak sehat bisa mengganggu fungsi dan estetika dari bagian tubuh ini. Bahkan, bentuk kuku dan warna kuku yang tidak biasa dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan tubuh.

Ciri-ciri kuku yang sehat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kuku yang sehat dapat dilihat dari bentuk, warna, tekstur, hingga daya tahannya. Amati ciri-ciri kuku yang sehat berikut ini untuk mengetahui kondisi kuku Anda.

1. Warna kuku merah muda atau ungu muda (mauve)

Warna kuku yang terlihat di permukaan sebenarnya adalah warna bantalan kuku yang ada di bawahnya. Kuku yang sehat akan menunjukkan warna merah muda atau mauve.Warna ini dapat menghilang saat kuku ditekan, tapi akan kembali dengan cepat setelah tekanan dilepaskan.

2. Permukaan kuku mulus

Salah satu ciri-ciri kuku yang sehat adalah permukaannya mulus. Adanya garis vertikal pada kuku tergolong wajar, tapi jika kuku memiliki garis horizontal atau lekukan yang tidak biasa di permukaannya, Anda perlu mewaspadainya.Kondisi ini dapat menunjukkan kemungkinan adanya kekurangan nutrisi, infeksi, reaksi obat, atau demam tinggi.

3. Kuku kuat dan tidak rapuh

Kuku yang sehat tidak hanya memliki warna kuku yang cerah dan permukaannya mulus, tapi juga kuat alias tidak mudah patah. Kuku yang rapuh dapat mengindikasikan ciri-ciri kuku yang tidak sehat.

4. Tidak ada bekas gigitan di kuku

Kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan kerusakan kuku. Bahkan, kebiasaan menggigit kuku yang kronis dapat menyebabkan bentuk kuku rusak dan berubah menjadi pendek secara permanen.

5. Tidak ada pembengkakan di kuku

Ciri-ciri kuku yang sehat lainnya adalah tidak ada pembengkakan atau peradangan di bagian lipatan kuku. Pembengkakan atau peradangan di lipatan kuku merupakan salah satu gejala dari infeksi, penyakit lupus, atau gangguan jaringan ikat.

6. Bentuk kuku tidak melengkung (cembung)

Kuku yang sehat juga dapat ditunjukkan dari bentuknya yang tidak terlalu melengkung dan tidak mengalami penebalan atau penipisan.

7. Tidak ada garis hitam pada kuku

Jika Anda mengidentifikasi adanya garis hitam pada kuku Anda, kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat menandakan adanya melanoma subungual, yaitu jenis kanker kulit yang berasal dari matriks kukus.

8. Kuku bebas dari jamur

Salah satu ciri-ciri kuku yang sehat adalah terbebas dari infeksi jamur yang dapat menyebabkan perubahan warna dan bentuk kuku.

Cara merawat kuku supaya sehat

Kebiasaan menggigit kuku
Kebiasaan menggigit kuku perlu dihindari untuk menjaga kesehatannya
Cara merawat kuku tidaklah sulit. Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah dan tidak harus selalu dengan perawatan salon. Berikut adalah cara merawat kuku yang bisa Anda lakukan.

1. Jaga kuku agar tetap kering

Menjaga kuku agar tetap kering dapat mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur di bawah kuku. Kenakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan yang melibatkan cairan. Setelah cuci tangan, segera keringkan tangan dan kuku Anda.

2. Jaga kebersihan kuku

Selalu perhatikan kebersihan kuku. Segera cuci dan bersihkan kuku jika terdapat kotoran yang tertinggal. Memotong pendek kuku juga bisa jadi pilihan agar lebih mudah dirawat.

3. Gunakan pelembap

Ciri-ciri kuku yang sehat juga meliputi kondisi kuku, kulit, dan kutikula yang lembap. Oleh karena itu, menggunakan pelembap termasuk salah satu cara merawat kuku terbaik supaya tetap sehat.

4. Oleskan pelindung kuku

Pelindung kuku (nails coat) juga bermanfaat melindungi kuku dari goresan yang dapat merusak kuku sekaligus meningkatkan kekuatannya.

5. Hentikan kebiasaan buruk

Hentikan kebiasaan menggigit kuku dan mencabut kutikula. Berbagai kebiasaan ini dapat merusak bantalan kuku, tampilan kuku, hingga meningkatkan risiko infeksi bakteri atau jamur.

6. Hindari produk keras

Cara merawat kuku selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan penghapus cat kuku, khususnya yang mengandung aseton, karena bisa merusak kuku dalam jangka panjang.

7. Jangan mencabut kuku dengan tangan

Hindari kebiasaan mencabut kuku dengan tangan. Jika kuku Anda sobek atau patah, gunakan gunting kuku dengan hati-hati supaya kuku tidak bertambah rusak

8. Mengonsumsi sumber biotin

Biotin atau vitamin B7 merupakan salah satu nutrisi yang dapat digunakan sebagai cara merawat kuku yang sehat dan kuat. Selain membantu menjaga kesehatan dan kekuatan kuku, biotin juga baik untuk kesehatan rambut.Jika Anda menemukan perubahan yang tidak biasa pada kuku, segera hubungi dokter. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk mewaspadai seandainya perubahan yang terjadi kuku ternyata berkaitan dengan gangguan kesehatan lainnya.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan kuku, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kukujamur kuku
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/nails/art-20044954
Diakses 5 Februari 2021
Insider. https://www.insider.com/signs-healthy-nails-2018-10
Diakses 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait