Ciri-Ciri Kanker Vagina: Deteksi Dini dan Pencegahan

Adanya benjolan, rasa gatal, dan pendarahan pada vagina bisa jadi tanda dari kanker vagina
Dengan memahami ciri-ciri kanker vagina, Anda bisa melakukan deteksi dini agar penyakit tidak bertambah parah

Anda mungkin sering mendengar mengenai kanker serviks, tetapi apakah Anda pernah mengetahui tentang kanker vagina? Kanker vagina merupakan suatu kondisi yang sangat jarang terjadi, terutama pada orang dengan usia di bawah 40 tahun. Dengan memahami ciri-ciri kanker vagina, Anda dapat lebih waspada terhadap bahaya penyakit ini.

Berbeda dengan kanker serviks yang muncul pada leher rahim, kanker vagina adalah kanker yang muncul pada vagina atau pada bagian saluran yang menghubungkan rahim dengan bagian luar vagina.

Ciri-ciri kanker vagina biasanya sulit untuk dideteksi. Pada tahapan awal, tidak terlihat ciri-ciri kanker vagina. Namun, seiring makin menyebarnya kanker, ciri-ciri kanker vagina akan makin terlihat.

Akan tetapi, semakin menyebarnya kanker di vagina, maka semakin sulit pula untuk ditangani. Oleh karenanya, deteksi dini sangat penting untuk dapat menanggulangi ciri-ciri kanker vagina yang makin parah.

Ciri-ciri Kanker Vagina

Meskipun sulit dideteksi, tetapi ciri-ciri kanker vagina masih bisa dilihat. Beberapa ciri-ciri kanker vagina yang mungkin dapat dialami adalah:

  • Pendarahan setelah atau saat berhubungan seksual
  • Pendarahan pada masa-masa sedang tidak menstruasi
  • Rasa sakit saat buang air kecil atau sering buang air kecil
  • Adanya benjolan atau rasa gatal di vagina yang tidak kunjung hilang
  • Adanya lendir yang berbau atau memiliki bercak darah
  • Pendarahan setelah menopause
  • Rasa sakit di bagian panggul
  • Sembelit

Jika Anda memiliki beberapa ciri-ciri kanker vagina di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk lebih memastikan apakah yang Anda alami adalah benar ciri-ciri kanker vagina atau bukan. Deteksi dini dapat mencegah menyebarnya kanker dan memperparah kondisi yang dialami.

endometrium

Deteksi Dini Kanker Vagina

Deteksi dini dari ciri-ciri kanker vagina dapat dilakukan dengan pemeriksaan panggul dan tes pap smear. Memang pemeriksaan panggul dan tes pap smear dapat membuat Anda tidak nyaman, tetapi hal ini perlu dilakukan untuk memeriksa ada tidaknya ciri-ciri kanker vagina ataupun kanker serviks.

Jika Anda memiliki ciri-ciri kanker vagina, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah memang atau hanya infeksi biasa.

Pemeriksaan lebih lanjut biasanya melibatkan pemeriksaan colposcopy atau pemeriksaan menggunakan alat pembesar khusus untuk melihat bagian dalam vagina. Dokter akan melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan di vagina untuk meneliti apakah terdapat sel-sel kanker dalam jaringan.

Tes pencitraan (imaging test) juga dapat dilakukan untuk mengecek penyebaran kanker di vagina. Tes pencitraan dapat berupa CT scan, MRI, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Vagina?

Meskipun kanker vagina jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya melakukan upaya pencegahan agar Anda tidak mengalami kanker vagina. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kemunculan kanker vagina adalah:

  • Jangan melakukan hubungan seksual dengan banyak orang.
  • Jangan melakukan hubungan seksual dengan orang yang pernah berhubungan seksual dengan banyak orang.
  • Menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Melakukan tes pap smear dan pemeriksaan panggul secara rutin.
  • Berhenti merokok karena rokok dapat meningkatkan risiko kanker vagina.
  • Melakukan vaksin gardasil atau gardasil 9 untuk mencegah terinfeksi HPV (human papilloma virus). HPV merupakan infeksi kulit yang dapat berupa kutil dan dapat menginfeksi bagian alat kelamin serta ditularkan secara seksual. Sebagian besar HPV tidak menyebabkan kanker vagina dan serviks, tetapi beberapa HPV dapat menyebabkan kanker vagina dan serviks.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk lebih waspada terhadap kanker vagina. Tetaplah menjalani pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit!

Konsultasikan ke dokter

Jangan ragu dan malu untuk berkonsultasi dengan dokter bila Anda atau kerabat memiliki ciri ciri kanker vagina di atas, karena pemeriksaan dan penanganan yang tepat dapat menghambat perkembangan kanker vagina.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vaginal-cancer/symptoms-causes/syc-20352447
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hpv-infection/symptoms-causes/syc-20351596
Diakses pada 28 Maret 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/vaginal-cancer/
Diakses pada 28 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed