Bantu Deteksi Dini, Kenali Ciri-ciri Kanker Payudara Berikut Ini

Benjolan yang muncul di payudara di luar periode menstruasi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit
Benjolan di ketiak maupun payudara merupakan salah satu ciri-ciri kanker payudara.

Bagi Anda para wanita, mengenali dengan baik tampilan payudara sehari-hari, merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu, Anda dapat segera mewaspadai berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya, ciri-ciri kanker payudara.

Semakin cepat kanker payudara terdeteksi, maka keberhasilan perawatan juga akan semakin tinggi. Kanker dapat menyebabkan berbagai perubahan pada payudara Anda mulai dari menyebabkan munculnya benjolan hingga perubahan warna.

Ciri-ciri Kanker Payudara

Pada awal kemunculannya, kanker payudara belum menimbulkan tanda maupun gejala pada tubuh. Namun, seiring berkembangnya penyakit tersebut, ciri-ciri berikut ini dapat muncul.

1. Benjolan di Ketiak atau Payudara

Kelenjar yang berada di ketiak maupun payudara dapat membesar saat mestruasi. Namun, apabila benjolan yang muncul di kedua lokasi tersebut tidak kunjung hilang, bahkan di luar periode menstruasi, Anda perlu mewaspadainya sebagai salah satu ciri-ciri kanker payudara.

Benjolan yang muncul umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun pada beberapa orang dapat menimbulkan sedikit rasa gatal, atau sensasi seperti tertusuk-tusuk.

2. Pembengkakan pada Area Tulang Selangka, Ketiak atau Payudara

Pembengkakan di ketiak atau area tulang selangka, menandakan kanker telah menyebar pada kelenjar di area tersebut. Pembengkakan ini dapat muncul sebelum maupun sesudah Anda merasakan timbulnya benjolan. Pembengkakan juga dapat menjadi ciri-ciri kanker payudara yang bertipe agresif.

3. Perubahan Tekstur Kulit Payudara

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan dan peradangan pada sel kulit di payudara. Akibatnya, tektstur kulit pun akan berubah. Perubahan tekstur kulit berikut ini dapat terjadi.

  • Kulit di sekitar area puting dan areola terlihat mengelupas, seolah seperti terbakar matahari atau terlihat sangat kering.
  • Terjadi penebalan kulit pada area manapun di payudara. Meski jarang terjadi, perubahan ini juga dapat menyebabkan gatal.

Perubahan yang terjadi pada kulit ini mungkin merupakan gejala dari jenis kanker payudara langka yang dinamakan penyakit paget.

4. Keluarnya Nanah dari Payudara

Pada payudara yang terkena kanker, cairan seperti nanah yang berwarna putih kekuningan, hijau, atau merah dapat keluar dari payudara. Keluarnya cairan serupa nanah, normal terjadi pada ibu menyusui. Namun, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, apabila mengalami kondisi ini.

5. Cekungan pada Kulit Payudara

Munculnya cekungan pada kulit payudara dapat menjadi ciri-ciri kanker payudara agresif, yang dapat disebut dengan kanker payudara terinflamasi. Sel kanker dapat menyebabkan penumpukan cairan kelenjar di payudara, sehingga berujung pada pembengkakan dan munculnya cekungan-cekungan pada payudara. Penampakan kondisi ini memiliki ciri khas, yaitu terlihat serupa dengan permukaan kulit jeruk.

6. Nyeri pada Payudara

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada sel kulit sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri, tidak nyaman, serta payudara terasa menjadi lebih lunak. Beberapa orang juga menggambarkan sakitnya serupa dengan rasa seperti terbakar.

Meski penyakit ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, Anda perlu waspada apabila timbul rasa nyeri pada payudara yang tidak dapat dijelaskan sumbernya.

7. Perubahan pada Puting

Sel-sel kanker dapat menyebabkan perubahan pada jaringan di belakang puting payudara. Perubahan ini dapat menyebabkan puting menjadi masuk ke dalam, dan terlihat mengalami perubahan ukuran.

8. Perubahan Warna Payudara

Sel kanker dapat menyebabkan perubahan pada kulit yang membuat kulit payudara terlihat kemerahan, bahkan lebam. Apabila perubahan warna tersebut tidak terjadi akibat benturan, atau sebab lainnya yang tidak dapat dijelaskan, Anda disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Mengenali ciri-ciri kanker payudara dapat membantu Anda untuk mendeteksi dini penyakit ini. Apabila Anda menjumpai ciri-ciri tersebut, segera berkonsultasi dengan dokter, untuk memperoleh penanganan yang tepat dan efektif.

American Cancer Society. https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/about/breast-cancer-signs-and-symptoms.html
Diakses pada 26 Maret 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322832.php
Diakses pada 26 Maret 2019

WebMD. https://www.webmd.com/breast-cancer/understanding-breast-cancer-symptoms
Diakses pada 26 Maret 2019

Artikel Terkait

  • Kanker Payudara pada Ibu Hamil: Cara Deteksi Dini dan Cara Perawatannya

    Tanpa banyak disadari, kanker payudara merupakan salah satu kondisi keganasan yang dapat terjadi pada ibu hamil. Oleh karena itu, deteksi dini kanker payudara pada ibu hamil, penting untuk dilakukan. Ada empat langkah yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara pada ibu hamil, yaitu mengenali perubahan pada payudara, pemeriksaan ultrasound, biopsi, dan mamografi. Kemoterapi dapat menjadi pilihan perawatan kanker payudara saat hamil.
    03 May 2019 | Nina Hertiwi Putri
  • 5 Manfaat Yoga Bagi Penderita Kanker

    Penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga dengan cara yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup dan semangat bagi penderita kanker. Yoga telah terbukti dapat mengurangi gejala kanker dan menghasilkan banyak manfaat. Namun, penderita kanker harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan yoga. Hal itu berkaitan dengan jenis yoga yang aman dan cocok untuk penderita.
    25 May 2019 | Azelia Trifiana
Banner Telemed