8 Gejala Kanker Payudara, Bentuk Benjolan Hingga Perubahan Puting


Ciri-ciri kanker payudara harus Anda ketahui sejak dini. Mulai dari benjolan di payudara atau ketiak, perubahan pada puting, dan keluarnya nanah dari payudara merupakan gejala yang wajib Anda waspadai.

(0)
15 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Gejala alias ciri-ciri kanker payudara bisa dikenali sejak dini dari perubahan bentuknyaGejala kanker payudara antara lain muncul benjolan, nanah, hingga perubahan bentuk puting
Kanker payudara adalah penyakit yang muncul akibat berkembangnya sel kanker di jaringan payudara, termasuk kelenjar susu. Gejala kanker payudara antara lain munculnya benjolan pada payudara dan ketiak, nyeri, serta perubahan pada struktur kulit payudara maupun puting susu.Kanker payudara umumnya terbentuk secara perlahan, sehingga jika gejalanya sudah dikenali sejak awal, pengobatan bisa lebih cepat dimulai dan kemungkinan sembuh pun akan semakin tinggi.Pemeriksaan gejala kanker payudara bisa dilakukan sendiri di rumah dengan 6 langkah sederhana yang dirangkum dalam gerakan SADARI (periksa payudara sendiri). Setelah itu, untuk memastikan diganosisnya, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter.

Gejala kanker payudara yang perlu dikenali

Bukan hanya benjolan, berikut ini beberapa gejala kanker payudara yang dapat Anda kenali.

1. Benjolan di ketiak atau payudara

Gejala kanker payudara yang paling umum dikenali adalah benjolan, baik itu di area payudara maupun ketiak. Benjolan yang terjadi kanker umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun pada beberapa orang dapat menimbulkan sedikit rasa gatal, atau terasa sakit seperti tertusuk-tusuk.Ciri-ciri benjolan yang merupakan gejala kanker payudara antara lain:
  • Konsistensinya keras dan padat
  • Batas benjolan tidak jelas, bentuknya cenderung tidak teratur
  • Benjolan terasa seperti terjepit di antara kulit dan jaringan di bawahnya
  • Bisa muncul di semua area payudara, tapi paling sering muncul di bagian atas sebelah luar
Perlu diingat, tidak semua benjolan yang muncul di payudara atau ketiak pasti pertanda kanker. Pasalnya, kelenjar yang berada di ketiak maupun payudara dapat membesar saat mestruasi.Namun, apabila benjolan yang muncul di kedua lokasi tersebut tidak kunjung hilang, bahkan di luar periode menstruasi, Anda perlu mewaspadainya sebagai salah satu ciri-ciri kanker payudara.

2. Perubahan tekstur kulit payudara

Ciri-ciri kanker payudara lain yang bisa diamati dengan mudah adalah perubahan pada tekstur kulit payudara. Hal ini terjadi karena kanker dapat memicu peradangan pada sel kulit yang memicu tekstur di permukaan kulit jadi berbeda dari normal.Berikut ini perubahan tekstur kulit pada payudara yang merupakan tanda kanker.
  • Kulit di sekitar area puting dan areola (bagian berwarna gelap di sekitar puting) terlihat mengelupas, seolah seperti terbakar matahari atau terlihat sangat kering.
  • Terjadi penebalan kulit pada area manapun di payudara. Meski jarang terjadi, perubahan ini juga dapat menyebabkan gatal.
Perubahan yang terjadi pada kulit ini mungkin merupakan gejala dari jenis kanker payudara langka yang dinamakan penyakit paget.

3. Nyeri pada payudara

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada sel kulit sehingga menyebabkan timbulnya rasa nyeri, tidak nyaman, serta payudara terasa menjadi lebih lunak. Beberapa orang juga menggambarkan sakitnya serupa dengan rasa seperti terbakar.Meski penyakit ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, Anda perlu waspada apabila timbul rasa nyeri pada payudara yang tidak dapat dijelaskan sumbernya.

4. Cekungan pada kulit payudara

Munculnya cekungan pada kulit payudara dapat menjadi ciri-ciri kanker payudara agresif, yang dapat disebut dengan kanker payudara terinflamasi.Sel kanker dapat menyebabkan penumpukan cairan kelenjar di payudara, sehingga berujung pada pembengkakan dan munculnya cekungan-cekungan pada payudara.Penampakan kondisi ini memiliki ciri khas, yaitu terlihat serupa dengan permukaan kulit jeruk.

5. Perubahan pada puting

Gejala kanker payudara lainnya dapat diamati di area puting. Sel-sel kanker dapat menyebabkan perubahan pada jaringan di belakang puting payudara. Perubahan ini dapat menyebabkan puting menjadi masuk ke dalam, dan terlihat mengalami perubahan ukuran.

6. Perubahan warna payudara

Sel kanker dapat menyebabkan perubahan pada kulit yang membuat kulit payudara terlihat kemerahan, bahkan lebam. Apabila perubahan warna tersebut tidak terjadi akibat benturan, atau sebab lainnya yang tidak dapat dijelaskan, Anda disarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter.

7. Keluarnya nanah dari payudara

Jika ada cairan seperti nanah yang berwarna putih kekuningan, hijau, atau merah yang keluar dari payudara, maka Anda perlu mewaspadainya sebagai salah satu gejala kanker payudara.Keluarnya cairan serupa nanah, normal terjadi pada ibu menyusui. Namun, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, apabila mengalami kondisi ini.

8. Pembengkakan pada area tulang selangka, ketiak atau payudara

Gejala kanker payudara juga bisa menyebar ke area tubuh lain seperti tulang selangka. Saat ada pembengkakan di ketiak atau area tulang selangka, tandanya kanker telah menyebar pada kelenjar di area tersebut.Pembengkakan ini dapat muncul sebelum maupun sesudah Anda merasakan timbulnya benjolan. Pembengkakan juga dapat menjadi ciri-ciri kanker payudara yang bertipe agresif.Baca Juga: Makanan-makanan yang Berpotensi Mencegah Kanker

Cara memeriksa gejala kanker payudara sendiri di rumah

Untuk mendapatkan diagnosis kanker payudara yang pasti, tentu Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Namun, Anda dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sebagai deteksi dini.Mengutip dari Kementerian Kesehatan RI, berikut ini enam langkah pemeriksaan payudara yang bisa membantu mendeteksi kanker payudara.
  • Langkah 1: berdiri tegak

Berdiri lah dalam posisi tegak dan cermati apabila ada perubahan bentuk maupun tekstur pada kulit payudara. Perhatikan juga jika ada pembengkakan serta perubahan pada puting.
  • Langkah 2: angkat kedua lengan

Selanjutnya, angkat kedua lengan ke atas. Lantas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala.Jika sudah, dorong siku ke depan dan cermati payudara. Terakhir, dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.
  • Langkah 3: taruh kedua tangan di pinggang

Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.
  • Langkah 4: angkat lengan kiri ke atas lalu lanjutkan dengan lengan kanan

Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang punggung bagian atas. Setelah itu, gunakan tangan kanan untuk meraba dan menekan payudara kiri Anda. Cermati juga seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.Saat pemeriksaan, lakukan gerakan dari arah atas ke bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya.Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.
  • Langkah 5: cubit kedua puting

Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting.
  • Langkah 6: tiduran dengan bantal

Pada posisi terlentang, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Lalu, angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.Perlu diingat bahwa masih ada kondisi lain yang bisa menyebabkan perubahan serupa di payudara. Faktor usia, hormon, maupun kondisi lainnya juga bisa jadi biang keroknya.Sehingga, untuk mengetahui secara pasti apa sebenarnya penyebab dari gejala yang dialami, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika dari hasil pemeriksaan fisik kondisi ini mengarah pada kanker payudara, maka dokter dapat menginstruksikan Anda untuk melakukan pemeriksaan tambahan, seperti mammogram, biopsi, dan rontgen. Sebagai langkah awal, Anda bisa datang ke dokter umum. Jika dari pemeriksaan oleh dokter umum Anda dinilai perlu dirujuk lebih lanjut ke dokter spesialis, maka Anda akan diberikan surat rujukan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar diet maupun nutrisi makanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit wanitakanker payudarakankerpayudara
American Cancer Society. https://www.cancer.org/cancer/breast-cancer/about/breast-cancer-signs-and-symptoms.html
Diakses pada 26 Maret 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322832.php
Diakses pada 26 Maret 2019
WebMD. https://www.webmd.com/breast-cancer/understanding-breast-cancer-symptoms
Diakses pada 26 Maret 2019
Kementerian Kesehatan RI. http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/enam-langkah-sadari-untuk-deteksi-dini-kanker-payudara
Diakses pada 10 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/186084#cancerous
Diakses pada 10 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/breast-cancer
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait