Dokter kandungan akan mengecek kondisi detak jantung bayi untuk mengetahui kondisi kesehatannya
Mengetahui apakah kandungan Anda kuat harus dilakukan melalui pemeriksaan dokter

Selama mengandung, seorang ibu tentu perlu tahu apa saja ciri-ciri kandungan kuat atau saat kondisi janin kurang baik. Tujuannya untuk menghindari konsekuensi yang paling umum terjadi yaitu keguguran. Ada banyak sekali mitos seputar kehamilan yang belum jelas kebenarannya. Tidak sedikit ibu hamil yang bisa merasa cemas atau bahkan takut karena mitos-mitos yang beredar.

Untuk itu, penting mengetahui apa saja ciri-ciri kandungan kuat agar bisa tenang dan bahagia menjalani masa kehamilan. Bayi yang sehat dapat dilihat lewat beberapa indikator.

Ciri-ciri kandungan kuat

Sangat krusial memantau kondisi janin dalam kandungan. Itulah salah satu manfaat USG yang biasanya dilakukan saat kontrol kandungan setiap bulannya. Lewat USG dan pemeriksaan lainnya, bisa diketahui apakah perkembangan janin sesuai dengan usianya atau tidak.

Selain itu, perlu diketahui juga beberapa ciri-ciri kandungan kuat seperti:

1. Level hormon

Hormon progesteron dan estrogen adalah dua hormon yang sangat besar peranannya dalam kehamilan. Saat hamil, seorang perempuan akan memproduksi kedua hormon tersebut jauh lebih banyak, hingga 20 kali lipat. Semakin seimbang level hormon, semakin kuat pula kandungannya.

2. Pertumbuhan

Biasanya hal yang dilakukan dokter kandungan saat pemeriksaan berkala adalah mengukur panjang tulang dan pertumbuhan janin. Lewat pemeriksaan USG, hal ini bisa dipantau. Idealnya, janin bertambah panjang sekitar 2 inci setiap bulannya.

Hal ini bisa terus dipantau pada trimester pertama, kedua, dan ketiga. Pada trimester ketiga misalnya, janin yang sehat akan memiliki berat sekitar 700 gram. Semua pertumbuhan yang sesuai dengan usianya ini adalah ciri-ciri kandungan kuat.

3. Gerakan bayi

Idealnya, bayi akan mulai bergerak merespon terhadap suara pada usia 4 bulan di kandungan. Seiring dengan bertambah besarnya janin hingga bulan ke-7, bayi bisa bereaksi terhadap lebih banyak dan lebih sering terhadap stimulus seperti cahaya, suara, hingga rasa sakit.

Pada bulan ke-8 kehamilan, bayi dalam kandungan bisa bergerak lebih aktif dan kerap menendang. Mungkin kadang sang ibu bisa merasa terkejut hingga tidak nyaman, namun tak perlu khawatir karena ini adalah salah satu ciri-ciri kandungan kuat.

Selama bayi masih bergerak merespon terhadap stimulus di luar kandungan, artinya pertumbuhannya normal dan sehat.

4. Detak jantung

Momen mendengarkan detak jantung bayi dalam kandungan pertama kali saat pemeriksaan USG bisa jadi momen tak terlupakan. Dokter perlu memeriksa detak jantung bayi untuk tahu kondisi kesehatannya.

Idealnya, ciri-ciri kandungan kuat adalah detak jantung bayi dalam kandungan sekitar 110-160 detak jantung per menit.

5. Berat badan dan ukuran perut ibu

Indikator lain yang merupakan ciri-ciri kandungan kuat adalah berat badan dan ukuran perut sang ibu. Idealnya, seorang perempuan akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 12-15 kg saat persalinannya. Namun berat badan ideal sebelum hamil juga biasanya turut diperhitungkan.

Sementara untuk ukuran perut, idealnya juga tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Hal ini biasanya mengindikasikan perkiraan usia atau  besar bayi. Jika sesuai dengan usia kehamilan, maka ini adalah ciri-ciri kandungan kuat.

6. Tekanan darah dan kadar gula normal

Ciri-ciri kandungan kuat yang tak kalah penting adalah tekanan darah dan kadar gula tubuh yang normal. Bahkan saat seseorang dinyatakan hamil, sebaiknya segera periksakan tekanan darah dan kadar gula tubuhnya.

Selama mengandung, tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh sangat rentan mengalami fluktuasi. Bahkan jika terlalu tinggi, risikonya adalah terjadi preeklamsia hingga diabetes gestasional.

Jangan ragu untuk menanyakan kepada dokter kandungan atau bidan apabila merasakan ada yang janggal dengan kehamilan Anda. Tak ada yang namanya pertanyaan bodoh atau terlalu sederhana jika sudah berkaitan dengan urusan kehamilan.

Selain itu yang juga tak kalah penting, kelola stres agar tidak terlalu mengganggu yang bisa berdampak pada janin. Selamat menjalani 9 bulan yang bisa jadi paling berkesan dalam hidup Anda!

First Cry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/signs-of-a-healthy-and-unhealthy-baby-in-the-womb/
Diakses 26 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy/art-20047208
Diakses 26 November 2019

Parents. https://www.parents.com/pregnancy/signs/symptoms/4-annoying-pregnancy-symptoms-that-are-actually-good-for-you/
Diakses 26 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed