Ciri-Ciri Istri Tidak Bahagia dalam Rumah Tangga yang Perlu Dikenali Suami

(0)
09 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri istri tidak bahagia dalam rumah tangga sering kali mudah marah dan sensitifIstri yang tidak bahagia dalam rumah tangga umumnya mudah marah dan sensitif
Ciri-ciri istri tidak bahagia dalam rumah tangga dapat ditandai dengan perubahan sikap yang ditunjukkannya. Apabila berbagai ciri-ciri tersebut dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin rumah tangga yang telah dibina akan berujung pada perpisahan. Apalagi jika Anda sudah memiliki keturunan, maka anak berpotensi menjadi korbannya. Nah, penting bagi para suami untuk mengenali ciri-ciri istri tidak bahagia dalam rumah tangga. Hal ini diharapkan dapat membantu memperbaiki hubungan Anda dan pasangan.

Ciri-ciri istri tidak bahagia dalam rumah tangga

Berikut ciri-ciri istri tidak bahagia dalam rumah tangga yang bisa Anda perhatikan:

1. Enggan melayani suami

Istri yang tidak bahagia dengan rumah tangganya mungkin sering menolak dan enggan melayani suami. Padahal sudah sepatutnya istri berbakti kepada suamiAkan tetapi, jika ia banyak menolak atau mengabaikan permintaan Anda, bisa jadi ada masalah dengan hubungan kalian. Hal ini juga bisa menyebabkan pertengkaran antara Anda dan istri.

2. Mudah marah dan sensitif

istri marah pada suami
Istri tidak bahagia dalam rumah tangga lebih mudah marah
Mudah marah dan sensitif terhadap hal-hal sepele juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri istri tidak bahagia dalam rumah tangga. Jika hal ini terjadi, istri mungkin akan mengomel dan memarahi Anda terus-menerus.

3. Asyik dengan dunianya sendiri

Istri yang tidak bahagia dapat asyik dengan dunianya sendiri. Meski Anda dan istri duduk atau tidur bersama, ia tampak tidak tertarik dengan Anda dan fokus pada hal lain. Misalnya, lebih sering bermain gawai dan enggan mengobrol.

4. Lebih pendiam dan jarang tertawa lepas

istri lebih pendiam
Istri menjadi lebih pendiam dan jarang tertawa lepas
Wanita umumnya lebih banyak bicara daripada pria. Oleh sebab itu, Anda perlu waspada jika istri menjadi lebih pendiam. Apalagi kalau sudah jarang bercanda dan tertawa lepas. Mungkin saja ia merasa tak bahagia dengan kehidupan rumah tangga sehingga tak ada lagi kehangatan di dalamnya.

5. Menilai semua hal yang dilakukan suami salah

Ketika semua hal yang Anda lakukan terasa salah di mata istri, mungkin saja ia sudah tidak bahagia dengan rumah tangga. Sehingga, apa pun yang Anda lakukan terkesan salah baginya dan membuat hubungan kalian semakin runyam.

6. Tidak betah di rumah

istri tidak betah di rumah
Tidak bahagia dalam rumah tangga sebabkan istri tak betah di rumah
Jika istri tidak betah di rumah, lebih sering bepergian, dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya, sebaiknya Anda harus waspada. Hal ini bisa menjadi pertanda kalau ia tidak bahagia dalam rumah tangga. Memang wajar jika seorang istri membutuhkan me time, tapi kalau sudah kelewatan mungkin ada hal lain yang mengganggunya.

7. Berselingkuh

Sebagian istri yang tidak bahagia dengan rumah tangganya bisa saja memilih untuk berselingkuh. Ia mungkin berusaha ‘mencari’ kebahagiaan lain yang tidak ia temukan dengan Anda. Akan tetapi, untuk alasan apa pun, selingkuh bukanlah tindakan terpuji.Masalah tentunya akan selalu ada dalam rumah tangga. Yang terpenting adalah komunikasi antara kedua pihak (suami dan istri) untuk menemukan solusi terbaik bagi permasalahan tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika istri tidak bahagia?

Jika merasa istri menunjukkan ciri-ciri tidak bahagia dan Anda ingin memperbaiki hubungan, rasa memiliki satu sama lain perlu dibangun kembali. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Buat percakapan yang menyenangkan

Hindari membahas hal-hal sensitif yang akan membuatnya emosi. Cobalah untuk membicarakan topik yang menyenangkan agar tercipta obrolan yang membuatnya Anda dan istri nyaman.

2. Beri istri perhatian

Berilah istri perhatian-perhatian kecil, seperti memberinya pijatan setelah seharian mengurus rumah tangga, memuji pakaian atau riasan yang ia gunakan, memberinya hadiah di hari ulang tahun atau hari jadi pernikahan. Dengan memberikan perhatian-perhatian ini, Anda dapat menunjukkan kepedulian dan perasaan terhadap istri.

3. Ajak istri melakukan quality time

Karena kesibukan masing-masing, banyak pasangan yang lupa melakukan quality time. Padahal hal tersebut bisa menguatkan hubungan antar suami istri. Jadi, ajaklah istri menghabiskan waktu bersama, misalnya makan malam romantis, menonton film favorit, atau berlibur ke tempat yang ia suka.

4. Mengikuti konseling 

Kalau dirasa perlu, jangan ragu untuk mendatangi konseling pernikahan. Konselor atau penasihat akan membantu Anda dan istri mengatasi permasalahan rumah tangga dengan melakukan diskusi dan komunikasi yang baik.Apabila hubungan Anda dan istri malah membuat kalian saling menyakiti, pikirkan dengan matang apakah perpisahan menjadi jalan terbaik yang harus dilakukan. Cobalah tanya pada hati masing-masing dan bicarakan dengan kepala dingin.Ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan? tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perceraianrumah tanggamenjalin hubungan
Womens Health. https://www.womenshealthmag.com/relationships/a29000579/signs-of-unhappy-marriage/
Diakses pada 23 Februari 2021
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/how-to-survive-in-an-unhappy-marriage-and-thrive#5
Diakses pada 23 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait