Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.
Uring-uringan menjadi salah satu mitos ciri-ciri hamil bayi perempuan.

Mengetahui jenis kelamin bayi yang ada dalam perut Anda pada masa awal kehamilan menjadi momen yang sangat mendebarkan, terutama jika Anda memang mengharapkan jenis kelamin tertentu. 

Waktu terbaik untuk mencari tahu jenis kelamin bayi Anda dengan ultrasound atau ultrasonography (USG) yakni pada minggu ke-20. Dokter akan melihat alat kelamin bayi saat pengamatan USG dilakukan. Biasanya, metode ini akurat, tapi tidak selalu. Pasalnya, banyak hal yang bisa mengaburkan gambar USG. 

Benarkah ini ciri-ciri hamil bayi perempuan?

Walau sudah ada teknologi canggih, masih saja ada mitos yang beredar, bahwa dengan ciri-ciri tertentu, Anda bisa mengetahui jenis kelamin bayi.

Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.

Uring-uringan

Jika Anda uring-uringan atau memiliki suasana hati yang tidak menentu, mitosnya, itu adalah ciri-ciri hamil bayi perempuan. Padahal, hormon Anda memang tidak dapat ditebak ketika hamil. 

Tidak ada penelitian ilmiah di balik mitos ini. Faktanya, memiliki suasana hati yang tidak menentu adalah hal lazim pada ibu hamil.

Mual pagi berlebih

Saat pagi datang, Anda merasa mual yang berlebih. Mitosnya, itu adalah ciri-ciri hamil bayi perempuan. Sebenarnya, mual pagi berlebihan disebabkan oleh pelonjakan hormon kehamilan serta kadar gula darah rendah.

Kulit berminyak dan muncul jerawat

Mitos ciri-ciri hamil bayi perempuan lainnya adalah kulit berminyak dan berjerawat. Bahkan, mitos ini juga menyebutkan bahwa sang bayi perempuan sedang “mencuri” kecantikan ibunya. 

Realitanya, kulit berminyak dan jerawat disebabkan oleh hormon, bukannya karena Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ngidam makanan manis

Seringkali ibu hamil mengidamkan makanan manis seperti kue. Hal ini sering dianggap sebagai salah satu ciri-ciri hamil bayi perempuan. Sementara itu, mengidamkan makanan asin, itu tandanya Anda sedang hamil bayi laki-laki.

Lagi-lagi, ini hanya mitos belaka. Pasalnya, tidak ada hubungan antara kehamilan dan rasa ngidam yang Anda rasakan. Bisa saja, rasa ngidam tersebut disebabkan oleh kekurangan mineral tertentu pada tubuh.

Perut menonjol ke atas

Saat perut ibu hamil sudah mulai membesar dan bagian perutnya menonjol ke atas, mitos bersabda, ibu itu sedang hamil bayi perempuan. 

Terdapat alasan lain yang dapat menjelaskan alasan perut menonjol ke atas saat kehamilan. Jika ini adalah kehamilan pertama dan tubuh edang berada dalam kondisi yang baik, otot-otot perut, bentuk tubuh, dan berat badan, punya peran terhadap bentuk perut saat hamil.

Jenis kelamin bayi Anda tidak ada hubungannya dengan ini. Anda tidak bisa memprediksi jenis kelamin bayi hanya dengan mengevaluasi bentuk perut. 

Perut menonjol ke tengah

Setelah ke atas, kini ada mitos perut menonjol ke tengah yang dianggap sebagai ciri-ciri hamil bayi perempuan. Perlu ditekankan, posisi dan bentuk perut tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi yang ada dalam perut.

Detak jantung cepat

Jika dokter sedang menganalisis detak jantung bayi dalam perut Anda, sebaiknya perhatikan baik-baik. Mitosnya, detak jantung cepat mengartikan bahwa Anda mengandung bayi perempuan.

Pada faktanya, detak jantung pada bayi perempuan lebih cepat dibandingkan bayi laki-laki. Namun kondisi ini hanya valid setelah persalinan dimulai. 

Sekitar 5 minggu kehamilan, detak jantung bayi akan sama seperti ibunya. Detak jantung akan bertambah cepat sampai minggu ke 9 mencapai 170-200 kali per menit. Kemudian, detak jantung akan melambat ke angka 120-160 kali per menit.

Melihat jenis kelamin lewat USG

USG adalah salah satu cara paling populer untuk melihat jenis kelamin bayi di dalam kandungan. Sebelum menjalaninya, penting untuk mengetahui tanda-tanda yang dapat memberi tahu jenis kelamin bayi Anda.

  • Tidak adanya penis. Salah satu ciri-ciri hamil bayi perempuan yang dapat dilihat di USG ialah tidak adanya penis. Akan tetapi, bentuk penis di trimester awal sangat kecil, bahkan bisa terlihat seperti klitoris. Jadi, jangan kaget ketika USG selanjutnya, ternyata penis muncul.
  • Tanda hamburger. Tanda USG lainnya yang memperlihatkan bahwa anak Anda perempuan ialah tanda hamburger (terlihat seperti tiga garis). Alat kelamin perempuan bisa terlihat seperti hamburger, karena klitoris berada di tengah dua labia.
  • Tanda kura-kura. Tanda kura-kura pada USG menandakan kalau anak Anda ialah laki-laki. Ujung penis akan terlihat mengintip dari balik testis. Namun, tanda ini sulit dilihat pada beberapa bayi. Tidak heran, dokter mencari banyak tanda pada saat USG berlangsung untuk hasil yang lebih akurat.
  • Penis yang ereksi. Sejak masih di dalam janin, penis sudah bisa berereksi. Jika dokter melihatnya, maka penis akan terlihat sangat jelas. Ereksi pada penis bayi dalam kandungan, memudahkan dokter untuk memberikan hasil lebih pasti.

Baca juga: Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri, dan Tips Mengatasinya

Catatan dari SehatQ:

Untuk mendapatkan prediksi yang lebih akurat mengenai jenis kelamin anak Anda, lebih baik langsung menjalani tes USG dengan dokter. Selain bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa langsung bertanya banyak seputar kehamilan, dibandingkan harus menerka-nerka tanpa kepastian.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322368.php

Diakses pad 20 September 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-baby-girl

Diakses pada 20 September 2019

 

Flo. https://flo.health/pregnancy/find-out-baby-gender

Diakses pada 20 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed