Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan, Kenali Mitos Tak Perlu Lagi Dipercaya


Ciri-ciri hamil anak perempuan hanya bisa dilihat melalui tes, seperti USG. Beberapa anggapan adanya tanda hamil perempuan adalah ibu mudah uring-uringan hingga ngidam makanan manis.

(0)
23 Sep 2019|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri-ciri hamil hamil perempuan mitosnya adalah ibu uring-uringanCiri-ciri hamil bayi perempuan yang merupakan mitos adalah ibu alami uring-uringan.
Ciri-ciri hamil anak perempuan dipenuhi oleh mitos yang seliweran di masyarakat. Namun, jangan cepat percaya dengan kabar burung karena kebanyakan rumor terkait jenis kelamin buah hati ini ternyata tidak didukung oleh ilmu medis. Apa saja?

Ciri-ciri hamil anak perempuan yang ternyata cuma mitos

Bayi perempuan
Mengenal ciri-ciri hamil anak perempuan
Tidak tahu siapa dan kapan yang memulai mitos yang menyatakan bahwa jika ibu hamil menunjukkan ciri-ciri tertentu artinya sedang mengandung anak berjenis kelamin perempuan atau laki-laki.Berikut ini ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.

1. Uring-uringan

Jika Anda uring-uringan atau perubahan suasana hati tidak menentu terus selama hamil, orang bilang itu adalah ciri-ciri hamil anak perempuan. Padahal, tidak begitu.Tidak ada hubungannya antara hormon tubuh dengan penentuan jenis kelamin bayi dalam kandungan. Tidak ada pula penelitian ilmiah yang mampu membuktikan kebenaran mitos ciri hamil bayi perempuan ini.Faktanya, terlepas dari tanda hamil anak perempuan, memiliki suasana hati yang tidak menentu adalah hal lazim pada ibu hamil.Hormon Anda memang selalu berubah-ubah dan tidak dapat ditebak selama masa kehamilan. Untuk itu, pastikan Anda mengecek jenis kelamin si buah hati dengan tepat menggunakan USG.

2. Mual pagi berlebih

Mitos usang berkata, merasa mual berlebihan saat pagi datang adalah ciri-ciri hamil anak perempuan.Sebenarnya, mual berlebihan (morning sickness) adalah salah satu gejala hamil muda yang paling umum.Alih-alih merupakan ciri hamil bayi perempuan, Kondisi ini disebabkan oleh lonjakan hormon kehamilan serta penurunan kadar gula darah di pagi hari.

3. Kulit berminyak dan muncul jerawat

Mitos ciri-ciri hamil anak perempuan lainnya adalah kulit ibu yang jadi berminyak dan berjerawat. Bahkan, mitos ini juga menyebutkan bahwa sang bayi perempuan sedang “mencuri” kecantikan ibunya. Realitanya, kulit berminyak dan jerawat disebabkan oleh pengaruh hormon hCG selama kehamilan. Bukan karena Anda sedang hamil bayi perempuan.

4. Ngidam makanan manis

Seringkali ibu hamil ngidam makanan manis seperti kue. Hal ini sering dianggap sebagai salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan.Sebaliknya, mengidam makanan asin tandanya Anda sedang hamil bayi laki-laki.Lagi-lagi, ciri hamil bayi perempuan ini hanya mitos belaka. Pasalnya, tidak ada hubungan antara kehamilan dan rasa ngidam yang Anda rasakan. Rasa ngidam tersebut biasanya disebabkan oleh kekurangan gizi, vitamin, atau mineral tertentu dalam tubuh.

5. Perut menonjol ke atas

Lagi-lagi mitos bersabda, perut ibu hamil yang sudah mulai membesar dan bagian depannya menonjol ke atas adalah ciri-ciri sedang mengandung bayi perempuan. Terdapat alasan lain yang dapat menjelaskan alasan perut menonjol ke atas saat kehamilan. Jika ini adalah kehamilan pertama dan tubuh sedang berada dalam kondisi yang baik, otot-otot perut, bentuk tubuh, dan berat badan, punya peran terhadap bentuk perut saat hamil.Terbukti, bentuk perut saat hamil dipengaruhi oleh usia kehamilan, berat badan ibu, bentuk rahim, hingga posisi janin.Jenis kelamin bayi Anda tidak ada hubungannya dengan ini. Anda tidak bisa memprediksi jenis kelamin bayi hanya dengan melihat bentuk perut. 

6. Perut menonjol ke tengah

Setelah ke atas, kini ada mitos perut menonjol ke tengah yang dianggap sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan.Perlu ditekankan, posisi dan bentuk perut tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi yang ada dalam perut.

7. Detak jantung cepat

Jika dokter sedang menganalisis detak jantung janin dalam perut Anda, sebaiknya perhatikan baik-baik. Mitosnya, detak jantung cepat mengartikan bahwa Anda mengandung bayi perempuan.Ini adalah mitos ciri-ciri hamil anak perempuan yang tidak perlu dipercaya. Detak jantung bayi perempuan memang cenderung lebih cepat dibandingkan bayi laki-laki. Namun, ciri ini hanya valid setelah bayi lahir.Sekitar 5 minggu kehamilan, detak jantung bayi akan sama seperti ibunya. Detak jantung akan bertambah cepat sampai minggu ke 9 mencapai 170-200 kali per menit. Kemudian, detak jantung akan melambat ke angka 120-160 kali per menit.

8. Warna air kencing terang

Warna urine terang adalah ciri-ciri hamil anak perempuan hanyalah mitos tak terbukti.Faktanya, warna air seni erat kaitannya dengan infeksi, asupan makanan, hingga kondisi hidrasi pada tubuh.

9. Mudah lupa

Beberapa ciri-ciri hamil anak perempuan yang kerap kali diperbicangkan adalah ibu mudah lupa.Siapa sangka, ternyata ini bukanlah mitos. Menurut penelitian yang dikutip dari American Psychological Association, ibu yang mengandung hamil laki-laki ternyata terbukti mampu menyelesaikan tes memori dan kemampuan spasial lebih baik daripada ibu hamil perempuan.

Jenis kelamin anak hanya bisa dipastikan lewat USG

Bayi perempuan
Kenali ciri-ciri hamil anak perempuan, lewat USG
Satu-satunya cara mengetahui jenis kelamin bayi adalah dengan ultrasound atau ultrasonography  (USG).Jenis kelamin bayi sudah dapat terlihat dan diketahui pada pemeriksaan USG di minggu ke-20 kehamilan.Sebelum menjalaninya, penting untuk mengetahui tanda-tanda yang dapat memberi tahu jenis kelamin bayi Anda.
  • Tidak adanya penis. Salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan yang bukan mitos dan dapat dibuktikan lewat USG adalah tidak adanya penis. Akan tetapi, bentuk penis di trimester awal sangat kecil, bahkan bisa terlihat seperti klitoris. Jadi, jangan kaget ketika USG selanjutnya, ternyata penis muncul.
  • Tanda hamburger. Ciri-ciri di gambar USG lainnya yang bisa membuktikan Anda sedang hamil bayi perempuan ialah tanda hamburger. Alat kelamin perempuan bisa terlihat seperti hamburger  (terlihat seperti tiga garis) karena klitoris berada di tengah dua labia.
  • Tanda kura-kura. Tanda kura-kura pada USG menandakan kalau anak Anda ialah laki-laki. Ujung penis akan terlihat mengintip dari balik testis. Namun, tanda ini sulit dilihat pada beberapa bayi. Tidak heran, dokter mencari banyak tanda pada saat USG berlangsung untuk hasil yang lebih akurat.
  • Penis yang ereksi. Sejak masih di dalam janin, penis sudah bisa berereksi. Jika dokter melihatnya, maka penis akan terlihat sangat jelas. Ereksi pada penis bayi dalam kandungan, memudahkan dokter untuk memberikan hasil lebih pasti.
Biasanya metode ini akurat, tapi tidak selalu demikian karena ada banyak hal yang bisa mengaburkan gambar USG. Pastikan Anda mengetahui cara baca hasil USG jenis kelamin bayi.

Catatan dari SehatQ

Untuk mendapatkan informasi terkait ciri-ciri hamil anak perempuan menurut dokter kandungan, lebih baik langsung menjalani tes USG.Selain bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda bisa langsung bertanya banyak seputar kehamilan, dibandingkan harus mempercayai mitos ciri-ciri hamil bayi perempuan yang belum terbukti benar.Sebelum mengecek jenis kelamin janin, Anda juga bisa konsultasi dengan dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilantes kehamilanmerencanakan kehamilanmasalah kehamilanhamilibu hamil
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322368.php
Diakses pad 20 September 2019 
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/signs-of-having-baby-girl
Diakses pada 20 September 2019
Flo. https://flo.health/pregnancy/find-out-baby-gender
Diakses pada 20 September 2019
American Psychological Association. https://www.apa.org/monitor/2008/09/gender
Diakses pada 21 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait