Ketahui Gejala Gula Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai Pria dan Wanita


Penting untuk mewaspadai gejala gula darah tinggi alias hiperglikemia. Sebab, kondisi ini tidak cuma bisa dialami oleh orang-orang yang menderita diabetes. Hiperglikemia dapat merusak jantung dan ginjal.

0,0
gejala gula darah tinggi alias hiperglikemia pada pria dan wanitaGejala gula darah tinggi tidak selalu bisa dideteksi dengan cek gula darah saja.
Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi yang perlu Anda waspadai. Pasalnya, hal ini bisa berdampak buruk bagi tubuh, termasuk meningkatkan risiko penyakit diabetes. Lantas, apa saja gejala gula darah tinggi? Simak informasinya berikut ini!

Apa saja gejala gula darah tinggi?

gejala gula darah tinggi
Mengetahui gejala gula darah tinggi menjadi penting agar Anda lebih waspada
Hiperglikemia adalah kondisi yang terjadi ketika kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh terlalu tinggi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan insulin, hormon yang membawa glukosa ke dalam darah, atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan benar.Penting untuk mengetahui dan mewaspadai gejala gula darah tinggi alias hiperglikemia. Pasalnya, jika Anda menderita gula darah tinggi dan tidak kunjung ditangani, kondisi ini dapat merusak saraf, pembuluh darah, jaringan, dan organ.Kerusakan pembuluh darah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, dan kerusakan saraf juga dapat menyebabkan kerusakan mata, kerusakan ginjal, dan risiko amputasi.Lantas, apa saja gejala gula darah tinggi yang perlu diwaspadai?

1. Tubuh terasa lelah

Tubuh yang terasa lelah umumnya terjadi setelah Anda beraktivitas seharian. Kondisi ini bukanlah suatu hal yang serius dan akan menghilang setelah Anda beristirahat.Namun, tahukah Anda jika rasa lelah juga bisa menjadi ciri-ciri gula darah tinggi? Hal ini terjadi karena gula darah yang menumpuk membuat tubuh jadi tidak bisa menggunakannya sebagai sumber energi. 

2. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil menjadi gejala hiperglikemia selanjutnya yang perlu Anda waspadai. Bagaimana hal ini bisa terjadi?Kadar glukosa yang terlalu tinggi membuat urine jadi lebih kental daripada biasanya. Hal ini lantas direspons oleh otak dengan menciptakan rasa haus. Itu sebabnya, orang yang mengalami hiperglikemia juga akan cepat merasa haus. Karena frekuensi minum air putih jadi bertambah, secara otomatis keinginan untuk buang air kecil pun ikut bertambah. Ciri-ciri gula darah naik yang satu ini biasanya terjadi di malam hari, atau disebut sebagai nokturia

3. Mudah merasa lapar

Mudah merasa lapar juga menjadi gejala gula darah tinggi. Ya, hiperglikemia disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk dapat mengolah glukosa menjadi sumber energi. Akibatnya, sel dan jaringan tubuh tidak mendapat pasokan energi yang cukup untuk dapat menjalankan fungsinya.Kondisi ini kemudian membuat tubuh lebih sering mengirimkan sinyal ke otak yang memicu rasa lapar. Tak ayal, penderita hiperglikemia pun jadi mudah merasa lapar. 

4. Mulut kering

Kadar gula darah tinggi juga berdampak pada terganggunya produksi air liur. Akibatnya, mulut jadi kering. Tidak hanya  itu, hiperglikemia juga memiliki dampak negatif lainnya terhadap kesehatan mulut, yaitu:

5. Penglihatan kabur

Ketidakmampuan tubuh untuk dapat menggunakan glukosa juga berdampak pada kurangnya asupan energi bagi sel dan jaringan mata. Alhasil, timbullah gejala gula darah tinggi berupa pandangan mata yang kabur. Jika tidak segera ditangani, kemampuan melihat akan semakin mengalami penurunan. 

6. Sakit kepala

Ciri-ciri gula darah tinggi lainnya adalah sakit kepala. Ini berkaitan dengan meningkatnya frekuensi buang air kecil sebagaimana tadi dijelaskan. Akibat sering buang air kecil, dan tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup, Anda akan mengalami yang namanya kekurangan cairan alias dehidrasi.Nah, dehidrasi inilah yang kemudian memunculkan sensasi nyeri di kepala. 

7. Luka sulit sembuh

Tingginya kadar gula darah membuat aliran darah jadi terganggu. Kondisi ini lantas menimbulkan dampak negatif saat Anda terluka. Ya, akibat adanya gangguan aliran darah tersebut, luka yang timbul jadi sulit sembuh.

8. Mual dan muntah

Gejala gula darah tinggi berupa mual dan muntah disebabkan oleh terganggunya fungsi organ hati (liver) dalam mengolah gula darah untuk dijadikan sumber energi.Akibatnya, liver akan menggunakan lemak sebagai sumber energi alternatif. Kondisi ini tak pelak membuat darah menjadi asam yang kemudian menciptakan sensasi perut mual bahkan sampai disertai muntah.

9. Kesemutan

Tangan dan kaki kesemutan juga bisa jadi ciri-ciri gula darah tinggi. Pasalnya, tingginya kadar glukosa bisa merusak saraf neuropati.

10. Berat badan menurun tanpa sebab

Hiperglikemia membuat tubuh tidak bisa menggunakan glukosa secara maksimal hingga pada akhirnya, glukosa terbuang sia-sia bersama urine. Hal ini membuat tubuh kemudian menggunakan lemak sebagai pengganti sumber energi.Sayangnya, ada kalanya kadar glukosa tinggi tidak menimbulkan gejala. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk rutin melakukan tes gula darah guna memantau kadar glukosa di dalam tubuh.

Berapa kadar gula darah yang terbilang tinggi?

kadar gula tinggi ciri diabetes
Kontrol kadar gula darah Anda secara berkala
Batas kadar gula darah normal adalah di bawah 100 mg/dL dalam keadaan tubuh yang berpuasa (tidak makan selama setidaknya 8 jam).Apabila kadar gula darah puasa mengalami kenaikan hingga mencapai 100–125 mg/dl, kondisi ini digolongkan sebagai prediabetesSecara umum, kadar gula dikatakan tinggi apabila melebihi 200 mg/dL atau 10-11 mmol/L. Mengutip Kemenkes RI, seseorang dikatakan mengalami hiperglikemia jika kadar glukosa dalam darahnya mencapai lebih dari 300 mg/dL dalam 1-2 jam setelah makan.

Apakah mengalami gejala gula darah tinggi sudah pasti diabetes?

Hiperglikemia adalah masalah umum pada penderita diabetes. Ini dapat mempengaruhi penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, serta wanita hamil dengan diabetes gestasional.Gejala hiperglikemia pada penderita diabetes cenderung berkembang perlahan selama beberapa hari atau minggu.Kadang, ciri gula darah tinggi dapat terlihat pada orang yang tidak menderita diabetes. Akan tetapi, kondisi ini biasanya hanya dimiliki oleh orang yang sakit parah, seperti yang baru saja mengalami stroke atau serangan jantung, atau mengalami infeksi parah.Hiperglikemia juga dapat disebabkan oleh diabetes yang tidak terdiagnosis. Jadi, temui dokter jika Anda memiliki kecurigaan terhadap salah satu atau lebih dari ciri-ciri gula darah tinggi di atas.Anda bisa menjalani tes gula darah untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda.

Bagaimana cara mencegah kadar gula darah naik semakin tinggi?

gejala kadar gula darah tinggi
Terapkan pola hidup sehat agar kadar gula darah terkendali
Penting untuk sebisa mungkin menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran normal untuk membantu mencegah masalah kesehatan serius dalam jangka panjang, seperti diabetes, penyakit jantung, kehilangan penglihatan, kerusakan saraf, dan penyakit ginjal. Memiliki kadar gula darah yang normal juga dapat membantu meningkatkan energi dan suasana hati Anda.Pencegahan gula darah tinggi dan diabetes pada dasarnya adalah dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat demi mencapai berat badan yang ideal.Pertimbangkan beberapa tips dari American Diabetes Association di bawah ini untuk menurunkan kadar gula darah tinggi serta menjauhi risiko diabetes:
  • Rutin beraktivitas fisik atau berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu (3-5 kali dalam seminggu)
  • Makan makanan yang sehat; perbanyak sayur dan buah-buahan tinggi serat, gandum utuh, dan kacang-kacangan.
  • Jaga berat badan dalam kisaran sehat dan ideal.
  • Rutin cek gula darah secara di dokter; terutama jika Anda memiliki faktor risiko seperti obesitas, keturunan diabetes, mengidap prediabetes, atau menjalani gaya hidup kurang aktif.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada kata terlambat untuk memulai. Membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup sejak saat ini dapat membantu Anda menghindari komplikasi kesehatan serius dari diabetes di masa mendatang. Jika ingin tahu seputar gejala gula darah tinggi dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasi SehatQ di App Store dan Google Play sekarang juga. 
diabetesgula darahkomplikasi diabetesprediabetesdiabetes melitus tipe 1diabetes melitus tipe 2
American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/healthy-living/medication-treatments/blood-glucose-testing-and-control/hyperglycemia diakses 11 Desember 2020Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes/in-depth/diabetes-prevention/art-20047639 diakses 11 Desember 2020Healthline https://www.healthline.com/health/diabetes/symptoms-in-women#symptoms-in-women diakses 11 Desember 2020Cleveland Clinic https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9815-hyperglycemia-high-blood-sugar diakses 11 Desember 2020NHS https://www.nhs.uk/conditions/high-blood-sugar-hyperglycaemia/ diakses 11 Desember 2020Kemenkes RIhttp://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-diabetes-melitus/page/2/apa-itu-hiperglikemia-dan-apa-saja-gejalanya diakses 11 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait