Ciri-ciri Drama Queen Bisa Dilihat dari 10 Hal Ini

Drama queen memiliki banyak karakteristik, salah satunya ingin jadi pusat perhatian.
Drama queen adalah jenis kepribadian yang sering dianggap menjengkelkan.

Drama queen atau ratu drama adalah jenis kepribadian yang memang tidak disukai banyak orang. Bayangkan saja, orang dengan karakter ini selalu ingin menjadi pusat perhatian dengan segala dramanya.

Perhatikan beberapa tanda drama queen di bawah ini. Apakah teman Anda ada yang memenuhi "kriterianya"? Atau bahkan mungkin Anda lah yang drama queen, tapi tidak menyadarinya?

Drama queen terjadi karena faktor keturunan?

Peran biologis ternyata mempengaruhi seberapa intens perasaan Anda. Seorang profesor psikolog dan psikiater dari Universitas Emory di Amerika Serikat mengatakan, bisa jadi jenis kepribadian drama queen diakibatkan oleh peran biologis. Peran biologis yang dimaksud adalah faktor genetik dan lingkungan keluarga.

Mungkinkah orangtua yang lalai, bisa “melahirkan” seorang anak yang drama queen? Menurut seorang ahli psikolog, ada bukti bahwa orangtua yang terlalu memikirkan perasaannya sendiri, akan membuat sang anak menjadi terlalu merasa terikat.

Hal ini bisa membuat sang anak meronta-ronta demi mendapatkan yang ia inginkan. Sehingga “benih” drama queen pun tertanam dalam diri.

Drama queen dan ciri-cirinya

Kalaupun Anda memiliki ciri-ciri drama queen di bawah, tidak ada kata terlambat untuk berubah dan instropeksi diri. Jangan malah merasa rendah diri, semangatlah dalam berubah demi kebaikan diri dan orang lain.

Berikut ini adalah ciri-ciri drama queen yang harus diwaspadai:

1. Perasaan yang terlalu sensitif

Jika Anda terlalu membawa semuanya ke hati alias punya perasaan kelewat sensitif, bisa jadi Anda adalah seorang drama queen. Misalnya, seorang teman atau keluarga mengucapkan sesuatu yang sebetulnya tidak ditujukan pada Anda, tapi Anda merasa dirugikan dan tersinggung.

Maka dari itu, jangan membawa semuanya ke hati. Tidak segala hal di dunia ini tentang Anda.

2. Hari yang buruk = dunia berakhir

Drama queen
Drama queen

Bagi drama queen, hari yang buruk sama dengan berakhirnya dunia. Misalnya, atasan sedang memarahi Anda karena pekerjaan tidak selesai. Lantas Anda langsung mengunci diri di toilet ataupun ruang kantor.

Dengan kata lain, drama queen akan membesar-besarkan sesuatu yang sebenarnya sepele dan dapat diatasi dengan kepala dingin.

3. Masalah kecil dianggap besar

Sedikit tumpahan minuman ke baju Anda, naiknya sedikit berat badan, atau lupa membawa charger ponsel, bisa merusak hari seorang drama queen. Hal-hal ini mungkin merupakan masalah sepele yang sebenarnya dapat diatasi. Namun drama queen cenderung membesar-besarkannya dan membuat orang lain merasakan aura negatifnya.

4. Selalu ingin jadi pusat perhatian

Selalu ingin jadi pusat perhatian adalah karakteristik drama queen yang utama. Tidak peduli bagaimana caranya, yang penting adalah pusat perhatian tertuju pada Anda.

5. Suka bergosip

Drama queen menyukai suaranya sendiri, bagaikan lagu favoritnya. Drama queen juga beranggapan bahwa semua orang menyukai yang dibicarakannya.

Tidak hanya itu, drama queen cenderung suka bergosip ria tentang orang lain. Entah itu tentang hubungan cinta teman-temannya atau sekadar hal-hal kecil tentang temannya.

6. Suka melihat drama di sekelilingnya

Drama queen sangat menyukai drama yang ada di kalangan teman-temannya. Bagaikan sinetron yang ada di televisi, drama queen akan sangat menikmati drama di kehidupan nyata.

7. Suka memperumit masalah orang lain

Drama queen cenderung akan menciptakan situasi rumit dalam drama yang sedang dialami orang lain. Mengapa? Karena pada akhirnya, drama queen inilah yang akan menjadi pusat perhatian di tengah drama.

8. Terlalu pemilih

Drama queen
Drama queen

Pemilih atau picky adalah ciri-ciri drama queen selanjutnya. Contoh kecilnya ketika sedang ke restoran, ketika makanan yang sampai di meja tidak sesuai dengan ekspektasi.

Drama queen ingin semuanya sempurna dan setiap orang yang menghadapi drama queen cenderung harus mendengarkan celotehannya.

9. Suka membanding-bandingkan

Membanding-bandingkan adalah hobi drama queen. Ketika mereka membanding-bandingkan hidupnya karena masih lebih baik dari orang lain, hal ini membuat drama queen merasa lebih senang terhadap hidupnya.

10. Suka mengkritik

Mengkritik orang lain adalah hobi drama queen selanjutnya. Mengkritik orang lain membuat drama queen merasa hebat dan lebih kuat dibandingkan orang lain.

Tidak hanya teman-temannya, bahkan orang yang tak dikenal sekalipun bisa jadi “korban” kritikan drama queen.

Catatan dari SehatQ:

Menjadi seorang drama queen adalah hal yang melelahkan. Sebab, drama queen selalu ingin merasa senang dengan cara apapun, untuk menjadi pusat perhatian. Jika ada beberapa ciri-ciri drama queen dalam diri Anda, sudah saatnya berubah. Psikolog juga bisa membantu Anda dalam menjadi individu yang lebih baik lagi, terutama untuk diri sendiri.

Pyschology Today. https://www.psychologytoday.com/us/articles/200709/field-guide-the-drama-queen
Diakses pada 13 April 2020

The Talko. https://www.thetalko.com/15-signs-youre-a-drama-queen/
Diakses pada 13 April 2020

Artikel Terkait