Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Komplikasi


Ciri-ciri diabetes di usia muda bukan cuma sering merasa haus dan buang air kecil. Akan tetapi, ini bisa jadi peringatan dini untuk mendeteksi gejala lainnya sebelum terlambat.

0,0
20 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
ciri-ciri diabetes di usia muda adalah sering haus dan bolak-balik kencingSering haus dan buang air kecil merupakan salah satu ciri-ciri diabetes di usia muda
Ciri-ciri diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat.Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun serius yang mengakibatkan pankreas berhenti memproduksi insulin. Diabetes tipe 1 adalah jenis diabetes yang umumnya diderita anak-anak. Ciri diabetes di usia muda untuk tipe 1 dapat berkembang cepat dalam hitungan minggu.Sementara itu, diabetes tipe 2 adalah gangguan yang membuat tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan benar. Hal ini membuat tubuh tidak dapat memproses glukosa dengan baik sehingga kadar gula darah meningkat. Penyebab diabetes tipe 2 belum bisa dipastikan.Umumnya diabetes tipe 2 dialami oleh orang dewasa atau lanjut usia. Namun, obesitas dan gaya hidup telah membuat jumlah penderita diabetes di usia muda terus meningkat. Baik pada anak-anak, remaja atau dewasa muda.

Ciri-ciri diabetes pada usia muda

Baik diabetes tipe 1 ataupun diabetes tipe 2 umumnya memiliki gejala yang hampir sama. Hanya saja, ciri-ciri diabetes di usia muda untuk tipe 2 berkembang secara bertahap.Gejala dapat berkembang dalam hitungan bulan atau tahunan. Bahkan, tidak jarang diabetes tipe 2 baru terdeteksi ketika melakukan check-up kesehatan rutin.Berikut ini adalah ciri-ciri diabetes pada usia muda yang harus diwaspadai.

1. Sering kehausan dan buang air kecil

Ciri-ciri diabetes di usia muda adalah sering merasa haus dan buang air kecil. Keduanya bisa menjadi peringatan dini untuk mendeteksi diabetes.Tingginya kadar gula darah menyebabkan tubuh menarik cairan dari jaringan. Kondisi ini membuat tubuh mengalami dehidrasi. Hal ini menyebabkan orang dengan diabetes akan sering merasa kehausan.Konsekuensinya, karena sering minum, anak-anak dan orang dewasa yang mengidap diabetes jadi lebih sering buang air kecil. Pada diabetes tipe 2, gejala ini mungkin lebih sering terjadi di malam hari.

2. Nafsu makan meningkat

Diabetes menyebabkan tubuh tidak dapat mengolah gula menjadi energi. Akibatnya, tubuh tidak bisa memiliki cadangan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Kondisi ini akan membuat anak sering merasa lebih lapar dari biasanya.

3. Penurunan berat badan

Ciri-ciri diabetes di usia muda selanjutnya adalah penurunan berat badan. Hal tersebut menandakan bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup kalori, meski sudah makan lebih banyak dari biasanya.Kurangnya energi yang disuplai gula, jaringan otot, dan cadangan lemak menyusut dan membuat berat badan turun. Kondisi ini lebih jarang terjadi pada anak-anak dengan diabetes tipe 2 dibandingkan diabetes tipe 1.

4.Kelelahan

Kurangnya gula dalam sel merupakan ciri-ciri diabetes di usia muda lainnya. Dampaknya, penderita diabetes mungkin akan terlihat lesu, sering kelelahan, mengantuk, susah bernapas lega atau sesak napas.Jika kondisi ini semakin parah, anak remaja penderita diabetes dapat mengalami pingsan atau tidak sadarkan diri.

5. Perubahan penglihatan

Perubahan penglihatan secara tiba-tiba bisa menjadi ciri-ciri diabetes di usia muda. Tingginya gula darah dapat menyebabkan tubuh menarik cairan dari lensa mata. Kondisi ini dapat membuat anak tidak bisa fokus melihat dengan jelas.Selain beberapa ciri di atas, penderita diabetes tipe 2 juga dapat mengalami gejala lainnya berupa:
  • Akantrosis nigrikans, penggelapan di area lipatan kulit yang dapat disebabkan oleh resistensi insulin. Biasanya terjadi di area lipatan leher, pangkal paha dan ketiak.
  • Gatal di area kelamin. Biasanya diakibatkan oleh infeksi jamur, khususnya terjadi pada wanita.
  • Sindrom ovarium polikistik. Salah satu kondisi yang terkait dengan resistensi insulin dan terjadi pada wanita diabetes, walaupun bukan salah satu gejalanya.

Cara mengatasi diabetes di usia muda

Hingga saat ini, belum ada obat untuk menyembuhkan diabetes tipe 1 atau tipe 2. Pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar dapat mendekati normal.Pengobatan juga bertujuan untuk mengatasi ciri-ciri diabetes di usia muda serta mencegah terjadinya komplikasi diabetes.Berikut adalah dua cara paling utama untuk mengatasi gejala diabetes yang biasanya dianjurkan dokter:1. Pemberian insulinBagi penderita diabetes tipe 1, terapi insulin dapat berlangsung jangka panjang hingga seumur hidup untuk menggantikan fungsi pankreas yang tidak bisa membuat insulin.Sementara pada penderita diabetes tipe 2, penggunaan suntik insulin hanya diberikan saat kadar gula darah terlalu tinggi dan gejalanya tidak dapat lagi dikendalikan dengan perubahan gaya hidup serta pola makan sehat, serta pemberian obat-obatan diabetes.3. Pemberian obat-obatanPada penderita diabetes tipe 2, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk membantu mengatur insulin dan kadar gula darah seperti metformin.Bagi penderita diabetes tipe 1, dokter mungkin akan meresepkan juga obat-obatan untuk melindungi organ-organ penting seperti ginjal, hati dan jantung dari risiko kerusakan.Perawatan lainnya bagi penderita diabetes di usia muda adalah dengan selalu mengontrol kadar gula darah, menjaga berat badan ideal, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, serta aktif berolahraga.Jika Anda curiga mengalami ciri-ciri diabetes di usia muda, silakan berdiskusi lebih lanjut dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.Ingat, semakin cepat diabetes dideteksi dan ditangani, semakin baik dampaknya bagi kesehatan Anda di masa depan.
diabetesgula darahinsulinprediabetesdiabetes melitus tipe 1diabetes melitus tipe 2
The Juvenile Diabetes Research Foundation. https://www.jdrf.org/t1d-resources/about/symptoms/children/teenagers/ Diakses 7 November 2020Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes-in-children/symptoms-causes/syc-20355318 Diakses 7 November 2020Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-1-diabetes/diagnosis-treatment/drc-20353017 Diakses 7 November 2020Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/type-2-diabetes-in-children/diagnosis-treatment/drc-20355324 Diakses 7 November 2020Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/284974
Diakses 7 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait