Ciri-ciri dan Bahaya Skincare Kedaluwarsa yang Perlu Diwaspadai


Penggunaan produk skincare kedaluwarsa atau expired tidak terlalu berbahaya bagi kulit. Namun, khasiat yang ditawarkan dari kandungannya bisa jadi sudah tidak efektif lagi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda atau ciri-ciri skincare expired.

0,0
Penggunaan produk skincare expired memang tidak terlalu berbahaya bagi kulitPerhatikan perubahan warna dan tekstur skincare sebelum menggunakannya pada wajah
Terlalu banyak membeli atau menggunakan produk skincare mungkin kerap membuat Anda tidak sadar jika beberapa produk perawatan kulit tersebut sudah lewat tanggal kedaluwarsa. Ingin membuang skincare kedaluwarsa atau expired, tetapi sayang karena produknya masih cukup banyak. Terlebih, jika Anda merogoh kocek cukup dalam untuk membeli suatu produk skincareLantas, apakah masih aman menggunakan produk skincare kedaluwarsa atau yang sudah lama tidak digunakan? Ketahui jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Pentingnya cek tanggal kedaluwarsa produk skincare

Setiap produk perawatan kulit, seperti sabun pembersih wajah, sunscreen, pelembap, body lotion, serum wajah, hingga krim mata, biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa masing-masing. Keterangan mengenai waktu dan tanggal kedaluwarsa bisa Anda temukan di bagian bawah, samping, tutup, atau bahkan pada kemasan pembungkus wadah skincareAdanya tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada produk perawatan kulit bertujuan agar penggunaannya tidak sampai melewati batas tanggal yang ditentukan. 
Skincare kedaluwarsa sebaiknya dibuang
Tanggal kedaluwarsa produk skincare bisa terdapat di bawah kemasan
Umumnya, lama produk perawatan kulit yang sudah dibuka dapat digunakan selama 6 bulan sampai 1 tahun. Produk skincare berbentuk pump, seperti body lotion atau serum wajah, misalnya, yang sudah dibuka dapat bertahan sampai lebih dari 1 tahun. Jika produk perawatan kulit Anda berbentuk botol atau jar (masker wajah) yang mengharuskan Anda untuk menuang atau mengambil skincare dari kemasan, dapat bertahan 6-9 bulan. 
Skincare kedaluwarsa sebaiknya tidak dipakai
Produk skincare dalam bentuk jar bertahan 6-9 bulan bila sudah dibuka
Jenis skincare dalam produk tersebut biasanya lebih rentan ditumbuhi bakteri karena Anda kerap membuka atau menutup kemasan saat hendak menggunakannya.Sedangkan, untuk produk skincare yang kemasannya masih tersegel rapat atau belum digunakan sama sekali, dapat bertahan selama 2-3 tahun. 

Apakah aman memakai produk skincare kedaluwarsa (expired)?

Sebenarnya, menggunakan produk skincare kedaluwarsa atau expired tidak terlalu berbahaya bagi kulit. Meski demikian, perlu diketahui bahwa khasiat dari kandungan yang ditawarkan tidak lagi efektif untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Alih-alih mendapatkan manfaat, penggunaan produk skincare expired justru dapat berakhir mudarat.Pasalnya, produk skincare mengandung senyawa aktif atau zat kimia tertentu yang rentan mengalami perubahan zat seiring berjalannya waktu, sehingga membuat kandungan dan khasiat yang diklaim skincare bisa berkurang kualitas dan efektivitasnya. 
Penggunaan skincare kedaluwarsa bisa buat kulit iritasi
Iritasi kulit disertai kemerahan akibat penggunaan skincare kedaluwarsa
Belum lagi bila cara menyimpan skincare dilakukan sembarangan atau tidak benar, seperti disimpan pada suhu yang cukup panas atau terpapar sinar matahari, maka kandungan zat skincare bisa saja rusak.Misalnya, kandungan skincare vitamin C, retinol, hyaluronic acid, dan glycolic acid, yang mudah teroksidasi saat terpapar cahaya atau suhu panas. Pada beberapa kasus, efek menggunakan skincare kedaluwarsa bisa berisiko menyebabkan kulit jadi iritasiPenggunaan produk krim mata yang kedaluwarsa, misalnya, rentan menyebabkan infeksi yang ditandai dengan area kulit bawah mata yang gatal-gatal, kemerahan, dan mata berair. 

Bagaimana tanda atau ciri-ciri skincare expired?

Perhatikan ciri-ciri skincare kedaluwarsa
Perubahan warna dan tekstur skincare perlu diwaspadai
Terkadang tanggal kedaluwarsa di produk skincare sudah mengelupas atau hilang sehingga sulit mengetahui apakah skincare yang sudah lama tidak digunakan tersebut masih layak dipakai atau tidak. Nah, Anda bisa mengenali beberapa tanda atau ciri-ciri skincare expired sebagai berikut. 
  • Skincare mengalami perubahan warna, misalnya berubah jadi kekuningan, kecokelatan, atau keabuan. 
  • Tekstur skincare berubah, seperti terlalu encer, bahkan tekstur minyak dan air bisa terpisah. 
  • Aroma yang ditimbulkan tidak enak. 
  • Iritasi kulit.
Pastikan Anda selalu berhati-hati dan mengecek kembali tanggal kedaluwarsa produk skincare sebelum memakainya. 

Cara menjaga kualitas produk skincare agar tetap baik dan layak pakai

Adapun beberapa cara menjaga kualitas produk skincare agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik dan mencegahnya agar tidak cepat kedaluwarsa, yakni:
  • Beli produk skincare di tempat yang terpercaya. Anda bisa membelinya langsung di gerai kecantikan atau toko online resmi terpercaya. Tak ada salahnya untuk memastikan keaslian produk perawatan kulit yang akan dibeli pada penjual toko. 
  • Jangan membeli atau menggunakan produk skincare yang kemasan segelnya sudah rusak atau terbuka. Ketika segel kemasan sudah rusak, maka biasanya ia telah terkontaminasi bakteri. 
  • Baca dengan cermat tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Jika sudah mendekati batas waktu, sebaiknya jangan dibeli.
  • Simpan di tempat yang bersih dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.
  • Tutup rapat produk setiap kali habis digunakan dan bersihkan sisa skincare yang mungkin berantakan di luar wadah.
  • Jangan berbagi penggunaan skincare dengan orang lain. 
  • Segera buang produk skincare yang Anda curigai sudah menunjukkan tanda-tanda kedaluwarsa (expired). 
Adanya tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada produk perawatan kulit bertujuan agar penggunaannya tidak sampai melewati batas tanggal yang ditentukan. Meski umumnya tidak membahayakan, penggunaan produk skincare expired atau kedaluwarsa bisa menurunkan keefektifannya sehingga ia tidak mampu memberikan manfaat yang ditawarkan.Maka dari itu, pastikan Anda selalu berhati-hati dan mengecek kembali tanggal kedaluwarsa produk skincare sebelum memakainya. Jangan sampai keinginan untuk merawat sekaligus mempercantik kulit justru berakhir merugikan akibat penggunaan skincare expiredJika Anda masih punya pertanyaan seputar efek skincare kedaluwarsa atau cara mengecek tanggal kedaluwarsa pada produk perawatan kulit, konsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/does-lotion-expire
Diakses pada 11 Mei 2021
Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetics-labeling/shelf-life-and-expiration-dating-cosmetics
Diakses pada 11 Mei 2021
Healthfully. https://healthfully.com/ribs-cracking-and-stretching-7468093.html
Diakses pada 11 Mei 2021
Today. https://www.today.com/style/what-happens-when-makeup-expires-t127057
Diakses pada 11 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait