Ciri-ciri Cocok Memakai Cream Wajah yang Mudah Dikenali

(0)
23 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri cocok memakai cream wajah adalah kulit terlihat lebih sehatKulit wajah dapat menunjukkan ketidakcocokan terhadap cream wajah yang digunakan
Skin care memang butuh waktu untuk menunjukkan hasilnya pada kulit wajah. Namun, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri cocok memakai cream wajah agar dapat memutuskan akan lanjut menggunakan produk tersebut, atau menyudahinya jika memang tidak cocok atau tidak berdampak apa-apa bagi kulit Anda.Bukan rahasia lagi bahwa berbagai produk kecantikan kini membanjiri pasar kosmetik di Indonesia dan dunia dengan bentuk mulai dari krim, gel, hingga serum. Produk perawatan wajah yang baik tidak harus mahal, namun wajib mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan oleh kulit Anda sehingga wajah terlihat lebih sehat.

Ciri-ciri cocok memakai cream wajah

Ciri-ciri cocok memakai cream wajah tertentu sebetulnya sederhana saja, yaitu Anda merasa nyaman dan tidak ada masalah kulit yang mengemuka (misalnya jerawat atau kulit kusam) ketika Anda menggunakannya. Kulit juga harus terlihat sehat, lembap tapi tidak berminyak, seimbang, dan masalah kulit Anda bisa diperbaiki oleh produk tersebut.Pada praktiknya, ciri-ciri cocok memakai cream wajah ini dijabarkan lagi sesuai kondisi dan masalah kulit Anda, misalnya:
  • Jika produk itu bertujuan mencerahkan kulit, maka ciri-ciri cocok memakai cream wajah adalah tone kulit Anda lebih cerah setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu.
  • Jika produk itu mengklaim dapat mengurangi peradangan karena jerawat, maka ciri-ciri cocok memakai cream wajah adalah kulit wajah yang lebih tenang, tidak terlalu merah, dan membuat warna kulit lebih merata.
  • Jika produk itu mengaku bisa membuat kulit lebih lembap, maka ciri-ciri cocoknya adalah hilangnya kulit kering, bersisik, bahkan rasa kencang yang biasa menyertainya secara bertahap.
  • Jika produk itu mengandung vitamin C, maka harus bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.
  • Jika kandungan utama produk itu adalah asam hialuronat, maka ia harus membuat kulit menjadi lebih lembap dan kenyal.
Meskipun demikian, ciri-ciri cocok memakai cream wajah ini mungkin tidak akan muncul dalam waktu yang instan. Namun, jika dalam sebulan tidak ada masalah pada wajah Anda setelah pemakaian krim tersebut, Anda dapat melanjutkan penggunaannya hingga efek yang diinginkan muncul.

Ciri-ciri cream tidak cocok pada wajah

Selain mengenali ciri-ciri cocok memakai cream wajah, Anda juga dianjurkan mengetahui tanda-tanda cream wajah tidak cocok. Dengan demikian, Anda segera dapat menghentikan pemakaiannya dan beralih pada skin care yang lebih ramah pada kulit Anda.Beberapa ciri cream wajah tidak cocok dengan kulit Anda adalah:

1. Muncul rasa seperti terbakar atau menyengat di pemakaian pertama

Ini bisa jadi pertanda Anda alergi pada salah satu atau lebih bahan yang digunakan dalam krim tersebut.

2. Kulit menjadi kering, bersisik, dan mengelupas

Kondisi ini biasanya muncul di sekitar area dekat lekukan hitung atau sudut mulut yang mungkin menandakan Anda terlalu banyak menggunakan produk yang mengandung retinoid atau benzoil peroksida.

3. Muncul biang keringat atau lesi melepuh

Kondisi ini bisa terjadi karena krim tersebut mengandung pengawet, pewangi, atau zat kimia yang disebut akrilat.

4. Kulit menjadi cokelat

Gejala ini biasanya muncul di sekitar tulang pipi yang merupakan tanda alergi.

5. Jerawat bertambah parah

Obat jerawat harus diformulasikan dengan benar sesuai kondisi Anda agar dapat efektif membasmi masalah yang satu ini. Pastikan juga Anda menggunakan produk berlabel non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori dan menghindari skin care yang mengandung mineral oil.

6. Timbul rasa gatal

Gatal setelah menggunakan skin care juga bisa mengindikasikan reaksi alergi, apalagi bila gatal sampai merembet ke seluruh tubuh.Ketika Anda mengalami ciri-ciri di atas, sebaiknya evaluasi penggunaan skin care Anda selama seminggu terakhir. Hentikan penggunaannya dan lihat apakah kondisi Anda membaik dan gejala ketidakcocokan menghilang sebelum mencoba produk baru.
produk kecantikanperawatan wajah
Well and Good. https://www.wellandgood.com/good-looks/how-to-know-if-skincare-routine-is-working/
Diakses pada 7 Juli 2020
The Healthy. https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/skin-care-products-bad-for-you/
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait