logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Bayi & Menyusui

Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi, Sering Rewel Hingga Alami Demam

open-summary

Usia bayi tumbuh gigi pada setiap anak berbeda-beda, ada yang mulai sejak usia 3 bulan. Ciri-ciri bayi tumbuh gigi antara lain sering rewel, demam ringan, menggigit benda, meningkatnya produksi air liur, hingga diare.


close-summary

3.76

(17)

12 Mei 2022

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi

Sering mengunyah mainan termasuk salah satu ciri-ciri bayi tumbuh gigi

Table of Content

  • Kapan bayi tumbuh gigi?
  • Tahapan pertumbuhan gigi pada bayi
  • Ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi
  • Apa yang harus dilakukan saat bayi tumbuh gigi?
  • Bolehkah memberi obat pada bayi yang tumbuh gigi?
  • Bagaimana kalau gigi bayi tidak kunjung tumbuh?

Tumbuh gigi adalah salah satu tahapan perkembangan bayi, yaitu ketika gigi pertama kali keluar melalui gusi. 

Advertisement

Mengenali tahapan pertumbuhan gigi bayi, beserta ciri yang mungkin muncul dapat membantu Anda mengatasi rewel yang biasanya terjadi pada si kecil. Sebab, fase tumbuh gigi bisa membuat bayi tidak nyaman. 

Simak dulu penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Kapan bayi tumbuh gigi?

Gigi pertama yang biasanya muncul ialah dua gigi seri tengah di bagian bawah

Sebagian besar orangtua mungkin bertanya-tanya pada usia berapa tumbuh gigi pada bayi.

Mengutip Kid’s Health, bayi tumbuh gigi (teething) dapat dimulai sejak usia bayi 3 bulan. Namun, sebagian besar pertumbuhan gigi bayi dimulai sejak usia 4-7 bulan.

 

Gigi pertama yang muncul pada bayi, biasanya adalah dua gigi depan bawah (gigi seri tengah). Setelah 4-8 minggu kemudian tumbuh empat gigi depan atas (gigi seri tengah dan ssamping).

Lalu, berapa lama proses tumbuh gigi pada bayi? Proses pertumbuhan gigi susu hingga lengkap biasanya terjadi sampai anak berusia 3 tahun.

Tahapan pertumbuhan gigi pada bayi

Totalnya, bayi akan memiliki 20 gigi susu lengkap. Secara umum, berikut ini adalah tahap pertumbuhan gigi anak:

  • Gigi seri depan: usia 6-12 bulan
  • Gigi seri samping: usia 9-16 bulan
  • Gigi taring: usia 16-23 bulan
  • Gigi geraham pertama: usia 13-19 bulan
  • Gigi geraham kedua: usia 23-33 bulan

Ingatlah bahwa setiap anak mempunyai jadwal pertumbuhan gigi yang berbeda. Waktu di atas hanyalah perkiraan secara umum. Kalau melihat adanya kondisi tertentu atau gigi tak kunjung muncul jauh dari rentang usia yang disebutkan, cobalah untuk konsultasikan ke dokter.

Ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi

Proses tumbuh gigi bisa menyakitkan pada bayi

Fase teething, alias tumbuh gigi, tak jarang memunculkan sejumlah ciri, tidak hanya bayi jadi lebih sering memasukkan jari atau menggigit karena gusinya gatal.

Tak jarang, beberapa bayi juga mengalami demam saat tumbuh gigi. Berikut adalah beberapa ciri-ciri bayi yang sedang tumbuh gigi (teething).

1. Lebih rewel

Ciri-ciri tumbuh gigi pada bayi yang pertama adalah ia menjadi lebih rewel dari biasanya. 

Penyebabnya adalah rasa tidak nyaman pada gigi akan mulai keluar melalui gusi.

Kondisi ini kadang dapat menyebabkan gusi jadi sedikit membengkak. Inilah yang menyebabkan rasa tidak nyaman itu muncul dan membuat bayi jadi lebih rewel.

Biasanya, bayi paling rewel saat saat tumbuh gigi seri pertama serta geraham karena mungkin terasa paling tidak nyaman. Tanda bayi tumbuh gigi yang satu ini juga dibarengi dengan sering menangis dan menggumam.

2. Hipersalivasi

Beberapa bayi mungkin akan mulai masuk periode teething pada usia sekitar 3 bulan. Pada usia ini pula, bayi akan memasuki fase oral

Saat memasuki fase oral, si kecil akan mengalami peningkatan produksi air liur. Akibatnya, bayi jadi sering mengeces. 

Bukan cuma itu, tumbuh gigi juga menyebabkan produksi air liur bertambah (hipersalivasi) sehingga bayi jadi lebih sering ngeces. 

3. Suka menggigit

Tekanan dari gigi yang akan muncul dari gusi menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk itu, bayi yang akan tumbuh gigi akan menunjukkan ciri lebih senang menggigit benda-benda atau bahkan puting.

Orangtua mulai bisa mengetahuinya saat ia jadi lebih sering menggigit puting payudara saat menyusu atau bahkan menggigit tangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan teether untuk bayi.

4. Menangis

Sebagian bayi mungkin mengalami fase tumbuh gigi tanpa ada keluhan apa pun. Akan tetapi, ada pula ciri tumbuh gigi seperti bayi yang sering menangis.

Hal ini karena peradangan yang terjadi pada gusi saat gigi hendak tumbuh membuat bayi merasa kesakitan dan tidak nyaman. Biasanya, ini terjadi saat gigi pertama tumbuh.

Kemungkinan, ada pula bayi yang mulai terbiasa dengan fase tumbuh gigi, sehingga saat gigi kedua dan seterusnya tumbuh, ia jadi tidak begitu rewel dan banyak menangis.

5. Tidak mau makan

Bayi susah makan atau bahkan tidak mau sama sekali juga bisa jadi salah satu ciri tumbuh gigi.

Ini karena lagi-lagi ia merasa tidak nyaman pada mulutnya. Peradangan gusi akibat tumbuhnya gigi membuat bayi kehilangan nafsu makan dan merasa kesakitan saat harus makan.

6. Ruam di sekitar mulut

Terus menerus mengeces saat tumbuh gigi juga bisa menyebabkan munculnya ruam di kulit sekitar mulut bayi, khususnya pada bayi yang memiliki kulit sensitif. 

Ini karena air liur yang lebih banyak, campuran makanan, dan kulit yang basah terus-menerus bisa mengiritasi kulit bayi. Ruam pada bayi akibat teething biasanya dapat muncul di dagu, pipi, leher, bahkan dada. 

Untuk mencegah kondisi ini, orangtua bisa langsung mengelap secara lembut dengan menepuk-nepuk saat air liur membasahi dagu. Anda juga bisa memasangkan bib agar air liur tidak sampai ke leher dan dada.

Jangan lupa untuk mengganti bib secara berkala agar tidak terlalu lembap.

7. Batuk

Air liur berlebih akibat tumbuh gigi pada bayi juga bisa menyebabkan si kecil batuk hingga muntah. Ini kemungkinan terjadi karena bayi tersedak air liurnya sendiri.

Ini adalah refleks bayi yang normal saat tersedak. Anda baru perlu ekstra waspada jika batuk disertai tanda lainnya, seperti demam, pilek, flu, atau alergi lainnya.

8. Demam 

Banyak orangtua menyebutkan bahwa bayi mereka mengalami demam saat tumbuh gigi. Kenyataannya, demam bukanlah salah satu ciri bayi tumbuh gigi.

Suhu tubuh bayi memang dapat sedikit naik saat sedang tumbuh gigi, tapi tidak sampai demam tinggi. Umumnya, demam yang jadi ciri bayi tumbuh gigi cukup ringan, yakni di bawah 38° C.

Jika demam yang terjadi cukup tinggi, berlangsung selama lebih dari 3 hari, atau bahkan muncul gejala lanjutan, segera konsultasikan ke dokter

 9. Menarik telinga dan menggosok pipi

Saat gigi tumbuh, bayi juga mungkin akan memperlihatkan ciri lainnya, seperti menarik telinga dengan raut wajah marah serta menggosok pipi. Hal ini karena rasa sakit pada gusi juga terasa di area lainnya yang sejalur, seperti telinga dan pipi. 

Apa yang harus dilakukan saat bayi tumbuh gigi?

Perhatikan kebersihan mulut saat proses tumbuh gigi pada bayi

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar area mulut bayi yang tumbuh gigi terasa nyaman serta mengurangi rewelnya.

1. Memijat gusi

Tumbuh gigi pada bayi bisa menyebabkan gusi terasa sakit dan lunak. 

Anda bisa memijat gusinya secara lembut dengan menggunakan jari yang bersih, sendok dingin, atau kain kasa basah. Saat memijat area gusinya, ia mungkin akan sekaligus mengemut pelan jari atau sendok dingin.

2. Berikan teether dingin

Salah satu ciri bayi yang sedang tumbuh gigi adalah jadi lebih senang menggigit. Anda bisa memberikan teether untuk bayi khusus, sehingga ia bisa menggigit dengan nyaman.

Mungkin awalnya ia akan menolak. Namun, kalau sudah dicoba ia akan menyukainya. 

Anda juga bisa memasukkan teether ke dalam kulkas, karena teether dingin juga bisa meredakan rasa tidak nyaman yang muncul.

3. Berikan makanan atau minuman dingin

Orangtua juga bisa memberikan makanan atau minuman dingin pada bayi yang sedang tumbuh gigi. Cara ini dapat dilakukan pada bayi usia 6 bulan ke atas yang sudah MPASI.

Misalnya, memberikan air putih dingin pada botol minumnya, jus dingin, atau buah beku yang sudah dihaluskan.

Jika tumbuh gigi pada bayi membuatnya susah makan, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Beberapa cara mengatasi bayi susah makan karena tumbuh gigi, seperti:

  • Memberikan menu MPASI dengan tekstur yang lembut seperti puree hingga bubur. Tekstur lembut bisa memudahkan proses makan, karena ia bisa langsung menelan.
  • Berikan snack atau kudapan keras dan dingin. Seperti wortel dingin, mentimun dingin, hingga biskuit bayi. Tekstur keras akan membantu meredakan nyeri gusi. Sedangkan rasa dingin menjadi analgetik atau anti nyeri alami untuk bayi.

Si kecil tidak perlu mengisap makanan atau minuman dingin dalam waktu yang lama agar tidak merusak enamel serta menambah risiko gigi berlubang.

Bolehkah memberi obat pada bayi yang tumbuh gigi?

Mengutip Healthy Children, badan pengawas obat dan pangan Amerika Serikat (FDA) melarang pemberian obat berbentuk cairan atau gel yang mengandung benzocaine. 

Pasalnya, kandungan tersebut dapat menyebabkan efek samping ringan hingga serius pada bayi yang sedang tumbuh gigi.

Sementara itu, obat pereda nyeri serta mengatasi demam bayi tumbuh gigi yang direkomendasikan adalah acetaminophen atau ibuprofen dosis rendah.

Tentunya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter dokter sebelum memberikan obat apa pun pada bayi.

Konsultasikan pula dengan dokter ketika demam ringan saat bayi tumbuh gigi terjadi lebih dari tiga hari, frekuensi buang air besar lebih dari 3 kali sehari, tidak mau makan, serta gejala lanjutan lainnya.

Bagaimana kalau gigi bayi tidak kunjung tumbuh?

Seperti penjelasan sebelumnya, pertumbuhan gigi bayi sudah dimulai dalam rentang usia 4-7 bulan.

Namun, bagaimana kalau hingga usia satu tahun gigi pertama bayi belum tumbuh

Rata-rata usia tumbuh gigi pertama pada bayi adalah usia 6 bulan. Bahkan, ada pula bayi yang baru tumbuh gigi pada usia 17 bulan.

Menjadi hal yang normal apabila bayi telat tumbuh gigi, terlebih jika tidak ada indikasi kondisi kesehatan lainnya serta keterlambatan perkembangan.

Jika bayi belum juga tumbuh gigi pada usia 18 bulan, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. 

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai tumbuh gigi pada bayi serta hal seputar kesehatan gigi dan mulut anak? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

tumbuh kembang bayitumbuh gigi pada bayikesehatan gigibayi & menyusuimerawat bayi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved