Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Sapi, Orangtua Wajib Tahu

(0)
26 Aug 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri-ciri bayi alergi susu sapi, antara lain gatal-gatal dan ruamRuam kemerahan bisa menjadi ciri-ciri bayi alergi susu sapi
Apakah bayi Anda pernah mengalami ruam, muntah, atau diare setelah minum susu formula? Jika pernah, ada kemungkinan Si Kecil menderita alergi susu sapi. Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh memberi respons abnormal terhadap protein susu sapi karena dianggap sebagai benda asing yang berbahaya.Alergi susu sapi biasanya terjadi pada bayi dan anak-anak. Reaksi alergi ini bisa menimbulkan gejala yang memengaruhi kulit, saluran pencernaan, hingga pernapasan. Karena anak-anak merupakan kelompok yang rentan terhadap jenis alergi ini, penting bagi orangtua untuk mengenali ciri-ciri bayi alergi susu sapi.

Penyebab bayi alergi susu sapi

Penyebab alergi susu sapi berkaitan dengan gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang mengidenfikasi protein susu sapi sebagai zat asing dalam tubuh. Tubuh kemudian akan meningkatkan respons dengan melepas bahan kimia untuk melawan protein yang masuk, halnya ketika melawan bakteri dan virus. Susu sapi mengandung lebih dari 20 fraksi protein, di mana alergen yang paling umum adalah protein kasein dan protein whey. Bayi akan menjadi lebih rentan terhadap alergi susu sapi apabila orangtuanya juga memiliki riwayat kondisi ini.Selain dengan minum susu sapi secara langsung, alergi juga bisa terjadi saat Si Kecil mengonsumsi produk olahan susu sapi atau mengonsumsi ASI dari ibu yang minum susu sapi. Kondisi ini biasanya berkembang ketika susu sapi pertama kali diperkenalkan pada bayi.

Ciri-ciri bayi alergi susu sapi

Alergi susu sapi kerap disamakan dengan intoleransi laktosa, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Intoleransi laktosa tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh dan terjadi ketika bayi sulit mencerna laktosa atau gula alami pada susu. Berikut ciri-ciri bayi alergi susu sapi yang membedakannya dengan intoleransi laktosa:
  • Reaksi alergi pada kulit

Bayi bisa mengalami gatal-gatal, kemerahan pada kulit, ruam, biduran, eksim, atau pembengkakan pada bibir, wajah, dan sekitar mata. Hal ini bisa membuat bayi menjadi lebih rewel dan sering menangis.
  • Reaksi alergi pada pencernaan

Ketika alergi susu sapi menyerang, dapat terjadi pembengkakan pada bibir, lidah, atau langit-langit mulut bayi. Selain itu, bayi juga bisa mengalami mual, muntah, kolik, sakit perut, diare, feses berlendir atau berdarah, dan hilang nafsu makan.
  • Reaksi pada pernapasan

Bayi juga dapat mengalami gatal di area hidung, bersin-bersin, pilek, hidung tersumbat, batuk, mengi, hingga sesak napas.Ciri-ciri bayi alergi susu sapi tersebut bisa muncul dalam satu jam setelah Si Kecil mengonsumsi susu, atau bahkan setelah berjam-jam maupun berhari-hari. Dalam kasus yang jarang terjadi, bayi dapat mengalami anafilaksis atau reaksi alergi parah yang mengancam jiwa. Jika anafilaksis terjadi, segera bawa buah hati Anda ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Terkadang, alergi susu sapi juga bisa menyebabkan komplikasi, seperti anemia defisiensi besi kronis atau gagal tumbuh karena kurangnya nutrisi.

Cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi

Jika Anda khawatir bayi terkena alergi susu sapi, jangan ragu untuk membawanya pergi ke dokter. Apabila Si Kecil didiagnosis dengan kondisi tersebut, hindari pemberian susu sapi maupun produk olahan susu sapi pada mereka. Selain itu, ibu yang memberi ASI juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung protein susu sapi, seperti keju, yogurt, dan mentega. Apabila Anda khawatir soal gizi bayi, dokter atau ahli gizi akan membantu Anda memastikan bayi tetap mendapat nutrisi yang dibutuhkannya.
bayi & menyusuialergialergi susu
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK542243/
Diakses pada 12 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-cow-milk-allergy#1
Diakses pada 12 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait