logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

15 Ciri-Ciri Anak Indigo yang Dapat Diidentifikasi Orangtua

open-summary

Ciri-ciri anak indigo dapat ditandai dengan mempunyai bakat alami, idealis, perfeksionis, sangat pemikir, dan sensitif. Umumnya, perilaku dan pola pikir mereka berbeda dari anak lainnya.


close-summary

5

(4)

10 Mei 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Salah satu ciri-ciri anak indigo adalah keras kepala

Anak indigo punya kecenderungan idealis

Table of Content

  • Apa itu anak indigo?
  • Ciri-ciri anak indigo
  • Pola asuh anak indigo

Anak indigo kerap diidentikkan dengan kemampuannya untuk melihat hal-hal gaib. Namun, ada ciri-ciri anak indigo lainnya yang juga harus dipenuhi sebelum mendapatkan label ‘anak spesial’ tersebut.

Advertisement

Penyebutan anak indigo sendiri datang dari warna aura yang terpancar dari diri anak, yakni warna indigo alias biru keunguan. 

Indigo dianggap sebagai warna dari chakra mata ketiga yang identik dengan kemampuan seseorang melebihi rata-rata, seperti indra keenam, kemampuan membaca pikiran orang lain, hingga melihat masa depan.

Dari segi fisik, anak-anak indigo tidak berbeda dari anak pada umumnya. Hanya saja, mereka memiliki ciri-ciri perilaku hingga pola pikir yang sangat berbeda. Sehingga, anak indigo akan terlihat menonjol dibanding teman-teman sebayanya.

Apa itu anak indigo?

Anak indigo adalah anak yang memiliki kemampuan supranatural sehingga membuatnya berbeda dari anak-anak lain. Istilah anak indigo pertama kali diperkenalkan oleh parapsikolog bernama Nancy Ann Tapp pada tahun 1970-an. 

Arti indigo merujuk pada perpaduan warna aura antara nila dan biru tua yang dimiliki anak, dengan ketajaman indra keenam. 

Nancy melihat banyak anak yang lahir dengan aura indigo dari tahun 1978 hingga akhir 1980-an, yang membuatnya percaya bahwa terdapat gelombang baru pemimpin spiritual yang disebut anak indigo.

Sementara itu, berdasarkan konsep New Age yang dikembangkan pada tahun 1970-an, anak indigo dianggap sebagai makhluk dengan kekuatan gaib yang dikirim oleh Tuhan atau alam semesta untuk memperbaiki kehidupan.

Penyebab anak indigo tidak diketahui secara pasti. Namun, hal ini kerap kali dikaitkan dengan berbagai hal supranatural, seperti mati suri, gangguan makhluk gaib, dan lainnya.

Semula, mereka mungkin tidak menyadari bahwa dirinya merupakan anak indigo dan semakin sadar setelah remaja atau dewasa. Untuk memahaminya lebih jauh, tak ada salahnya mengenali ciri-ciri anak indigo berikut ini.

Ciri-ciri anak indigo

Beberapa anak dengan kemampuan indigo memiliki keterampilan di atas rata-rata pada bidang tertentu. Sebab, mereka memiliki fokus yang begitu tinggi pada objek dan kegiatan yang benar-benar disukai.

Walaupun penyebab anak indigo tidak diketahui secara pasti, Anda dapat mengenali tanda-tandanya. Berikut adalah ciri-ciri anak indigo yang dapat diamati orangtua.

1. Minat yang tinggi pada bidang tertentu

Anak dengan kemampuan indigo memiliki minat yang tinggi terhadap hal yang mereka sukai. Mereka begitu tekun dan sangat terobsesi untuk mencapai tingkat keberhasilan tertentu di suatu bidang.

2. Perfeksionis

Karena minatnya yang tinggi, anak-anak dengan kemampuan indigo cenderung perfeksionis. Mereka berusaha untuk mengerjakan sesuatu seideal mungkin.

3. Idealis

Anak-anak dengan kemampuan indigo sangat percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Oleh karena itu, mereka cenderung idealis dalam mengerjakan hal yang disukai. 

Tak jarang, kemauan anak indigo yang begitu keras terhadap hal yang diyakini, membuatnya sulit bekerja bersama orang lain.

4. Cepat belajar

Salah satu ciri-ciri anak indigo adalah cepat mempelajari sesuatu ketimbang anak pada umumnya. 

Beberapa dari mereka dapat berbicara, membaca, menulis, menghitung, menguasai bahasa asing dan melakukan hal lain lebih dini ketimbang anak pada umumnya.

5. Merasa superior

Karena kemampuan beradaptasinya yang cepat dalam memahami dan melakukan sesuatu, anak dengan kemampuan indigo kerap terlihat lebih unggul ketimbang anak lainnya. Sebagai efek buruknya, mereka sering merasa superior.

6. Mempunyai bakat alami

no caption
Anak indigo biasanya menyukai seni

Kemampuan yang begitu cepat terasah dan perasaan superior yang mereka miliki, kerap didasari bakat alami yang dipunyai. 

Tak jarang, anak dengan kemampuan indigo memiliki bakat alami di bidang seni, teknologi, dan kesehatan di atas rata-rata, di usia mereka yang masih sangat belia.

7. Mudah bosan

Bakat alami, perasaan superior dan kemampuannya yang begitu cepat dalam memahami dan melakukan sesuatu membuat anak indigo cepat merasa bosan terhadap rutinitas. 

Tak heran, sebagian besar dari mereka sulit mengikuti sistem pelajaran di sekolah karena mudah dilanda bosan dengan rutinitas yang berulang-ulang.

8. Sangat pemikir

Ciri-ciri indigo memiliki naluri berpikir alamiah secara mendalam. Kemampuan ini bak pedang bermata dua karena dapat bermanfaat sekaligus menjadi bumerang.

Anak dengan kemampuan indigo kerap memikirkan banyak hal tentang eksistensi keberadaan diri mereka, lingkungan, hubungan sosial, hingga setiap hal yang menyinggung nurani dan intelektualitas mereka. 

Meski demikian, tidak jarang aktivitas berpikir ini membuat mereka kerap merasa frustrasi karena banyaknya pemikiran yang akhirnya tak terwujud.

8. Berani mengutarakan pendapat

Kebiasaan anak indigo juga memiliki keberanian untuk mengutarakan pendapat. Tak jarang pendapat mereka berseberangan dengan mayoritas dan kerap dikucilkan.

Tak jarang pula, anak dengan kemampuan indigo memiliki pandangan yang terlalu visioner dan sulit diterima kelompok maupun masyarakat di sekitar mereka.

9. Sensitif

Anak dengan kemampuan indigo memiliki perasaan yang begitu halus. 

Mereka cenderung sensitif dan mudah tersinggung jika pendapatnya tidak diterima. Tentu hal ini berdampak buruk terhadap kehidupan sosial mereka.

10. Memiliki ambiguitas

Sebagian besar anak indigo memiliki rasa empati yang begitu tinggi terhadap makhluk lain. 

Meski demikian mereka juga kesulitan mengontrol perasaan dan ketidaksukaan terhadap sesuatu. Hal ini menyebabkan mereka memiliki ambiguitas.

11. Sulit beradaptasi

Ciri-ciri anak indigo selanjutnya adalah memiliki kecenderungan sulit berada di keramaian. Kecurigaan mereka pada banyak hal serta cara berpikir secara mendalam, membuat anak indigo kesulitan beradaptasi dengan tempat ramai, di antara kerumunan wajah baru yang tidak dikenal.

12. Memiliki gelombang otak tak biasa

Beberapa anak dengan kemampuan indigo memiliki gelombang otak yang tak lazim dimiliki manusia pada umumnya. 

Gelombang otak yang disebut sebagai gelombang lambda rata-rata bergerak pada frekuensi 100-200 Hz. 

Pada indigo, gelombang lamda memiliki frekuensi di atas 200 Hz, dan dianggap memungkinkan mereka bersinggungan dengan dunia supranatural dan metafisika.

13. Kreatif

Anak indigo memiliki kreativitas yang luar biasa. Dari keterampilan artistik hingga kemampuan melukis, menggambar, dan mengekspresikan diri melalui berbagai media sejak dini. 

Tak jarang, Anda mungkin melihat anak indigo di televisi melukiskan apa yang ada di penglihatannya.

14. Memiliki intuisi yang baik

anak indigo
Anak indigo memiliki intuisi yang baik

Tanda anak indigo juga memiliki intuisi yang baik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan merasakan ketika ada sesuatu yang salah atau membuat keputusan yang tepat di saat-saat genting. 

Mereka juga dapat menceritakan latar belakang seseorang tanpa pernah berbicara dengannya sebelumnya.

15. Memiliki sudut pandang berbeda

Anak indigo melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dengan orang lain. Hal ini dapat membuat mereka ingin membuktikan diri mereka benar dan orang lain salah. 

Akibat masalah tersebut, anak indigo bisa kehilangan teman.

16. Berjiwa tua

Ciri-ciri anak indigo juga bisa terlihat dari cara bicaranya, yang dikenal sebagai old soul alias jiwa tua yang terperangkap dalam diri anak-anak. 

Jadi, sekalipun usianya baru 4-5 tahun, anak indigo sudah bisa mempertanyakan masalah agama dan Tuhan.

17. Indra keenam

Ciri-ciri terakhir anak indigo adalah memiliki indra keenam. Artinya, mereka bisa mengirim atau menerima informasi tanpa menggunakan kelima panca indra

Dalam hal ini, anak indigo akan memiliki kemampuan telepati dan clairvoyance, baik berupa prekognisi (menerawang masa depan) maupun retrokognisi (mengetahui masa lalu).

Baca Juga

  • 11 Cara Mendidik Anak Perempuan yang Pemberani dan Percaya Diri
  • Perkembangan Emosi Anak 1-5 Tahun yang Patut Diperhatikan Orangtua
  • 10 Tips Ampuh Batasi Anak Menonton TV dan Menggunakan Gawai

Pola asuh anak indigo

no caption
Terkadang, anak indigo merasa stres.

Berdasarkan ilmu psikologi dan psikiatri, cara membuktikan anak indigo dapat dilakukan melalui tiga tahapan tes, yakni wawancara dengan psikiater atau psikolog, evaluasi psikologi klinik anak, dan foto aura.

Ciri-ciri anak indigo memperlihatkan bahwa mereka memiliki sifat dan sikap yang berbeda dibanding anak-anak seusianya. 

Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan pendekatan yang berbeda untuk mengakomodasi kemampuan dan kekurangan anak.

Disiplin adalah kunci dalam pola asuh anak indigo, sesuai dengan karakternya yang cerdas tetapi cenderung sulit diatur. 

Beberapa contoh menanamkan sikap disiplin pada anak indigo adalah dengan:

  • Memberikan pilihan

    Jangan bertanya seperti “Kamu mau apa?”. Namun, berikan pilihan seperti, “Kamu mau A atau B?”. Hal ini membuat anak indigo merasa memiliki kekuasaan atas pilihannya sendiri.
  • Memberikan penjelasan

    Selain menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’, Anda juga harus menjelaskan dengan bahasa yang logis mengenai jawaban tersebut.
  • Memberikan kebebasan

    Jangan mengurung anak indigo, sekalipun mereka terlihat antisosial. Sebaliknya, berikan mereka kebebasan sekaligus penjelasan mengenai cara menghargai dan menghormati orang lain.
  • Mengajarkan konsistensi

    Jika memiliki anak dengan kemampuan indigo, Anda dapat memberikan pengertian lebih pada mereka untuk mengarahkan bakat alami dan minatnya ke arah yang positif.

    Anda bisa mengajari anak secara perlahan tentang pentingnya konsistensi sehingga mereka dapat menekuni bidang yang disukainya secara telaten.

  • Mendengarkan keluhannya

    Anak indigo kadang kala merasa stres dan mengeluhkan kondisinya.  Mereka butuh didengar dan dimengerti. Jadi, pastikan Anda ada untuk mereka dan dengarkan keluh kesahnya.
  • Mengajarkan nilai sosial

    Selain itu, orangtua perlu mengenalkan pada anak tentang pentingnya nilai sosial, hidup berdampingan, dan indahnya keberagaman. 

    Dengan demikian, anak terbiasa dengan siklus penerimaan dan penolakan, sanggup beradaptasi dengan keputusan kelompok dan masyarakat, serta tidak mudah frustrasi dengan keadaan yang kurang ideal bagi mereka.

  • Memberikan pujian

    Ketika anak berperilaku tenang, berikan sanjungan agar mereka mau mengulanginya di masa mendatang. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai dan diapresiasi.

  • Menyalurkan ide anak

Anda juga dapat menyalurkan pemikiran aktif anak melalui beragam kegiatan kreatif yang membuat ide-ide briliannya tersalurkan secara positif.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah, orangtua dan anak dengan kemampuan Indigo harus sama-sama dibekali pemahaman bahwa kelebihan tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk meniadakan peran, potensi, dan kemampuan yang dimiliki saudara dan teman sebaya mereka.

Anak indigo juga bisa disiplin asalkan Anda menerapkan pola asuh yang konsisten dan masuk akal. Jika Anda butuh panduan lain, berkonsultasilah dengan psikolog atau psikiater.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips parentingtumbuh kembang anakperkembangan anakanak nakalanak sekolahcara mendidik anak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved