Ciri-ciri ambeien perlu segera dikenali agar pengobatannya dapat segera dilakukan
Ciri-ciri ambeien yang seringkali muncul salah satunya adalah anus terasa gatal

Ambeien, penyakit yang dianggap memalukan ini, rupanya tak juga berkurang jumlah penderitanya. Selain penanganan yang sering kali kurang tepat, ciri-ciri ambeien juga belum banyak dikenali.

Ambeien bukanlah suatu kondisi yang berbahaya, namun tentu saja dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Karena itu, pahami lebih jauh, agar Anda bisa melakukan penanganan yang tepat.

Sebenarnya, apa itu ambeien?

Ambeien punya banyak julukan. Penyakit ini sering juga disebut sebagai wasir, dan dalam bahasa medis, disebut dengan hemoroid. Ambeien adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah vena di anus dan area sekitarnya. Ada dua jenis ambeien yang bisa terjadi, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal.

1. Ambeien internal

Ambeien internal adalah ambeien yang terjadi di dalam anus. Umumnya, Anda tidak dapat melihat adanya benjolan atau merasakan gejalanya. Namun, kondisi ini dapat menyebabkan iritasi saat buang air besar.

2. Ambeien eksternal

Ambeien eksternal adalah ambeien yang terjadi pada kulit di sekitar anus. Jika dibandingkan dengan ambeien internal, gejala ambeien eksternal lebih sering muncul, dan dapat terlihat cukup jelas.

Ciri-ciri ambeien yang perlu dikenali

Ciri-ciri ambeien yang muncul dapat berbeda pada tiap penderita, tergantung dari jenis yang dialaminya.

1. Ciri-ciri ambeien internal

Ambeien internal jarang menimbulkan gejala. Namun, saat gejalanya muncul, kondisi ini bisa menyebabkan Anda sulit buang air besar dan mengalami iritasi di anus. Ambeien internal juga dapat menimbulkan gejala berupa:

  • BAB berdarah, tanpa nyeri.
  • Tonjolan ke luar anus, yang bisa menimbulkan iritasi dan nyeri saat buang air besar.

2. Ciri-ciri ambeien eksternal

Ciri-ciri ambeien eksternal antara lain:

  • Gatal atau perih di area anal.
  • Rasa sakit dan tidak nyaman di anus.
  • Pembengkakan di anus.
  • Perdarahan.

3. Ciri-ciri ambeien trombosis

Ambeien tromobosis terjadi akibat penumpukan darah di ambeien eksternal, yang menyebabkan penggumpalan darah (trombosis). Saat terjadi, ambeien tromobosis dapat menimbulkan gejala berupa:

  • Nyeri yang hebat
  • Pembengkakan
  • Peradangan pada jaringan
  • Benjolan keras di dekat anus

Selain ciri-ciri di atas, ambeien secara umum juga dapat menimbulkan kondisi lain, seperti:

  • Merasa ada kotoran yang masih tertahan di dalam anus, meski sudah buang air besar.
  • Keluar lendir dari anus.
  • Terasa ada tekanan di anus.

Perlu diperhatikan juga bahwa darah yang keluar akibat ambeien, berwarna merah terang. Apabila darah yang keluar berwarna merah tua, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Pasalnya, darah yang berwarna gelap dapat mengindikasikan adanya gangguan di saluran pencernaan atas.

Obat ambeien yang efektif

Ada beberapa cara efektif untuk mengobati ambeien, mulai dari yang bisa dilakukan sendiri hingga metode medis yang dilakukan oleh dokter. Berikut ini, langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ambeien sendiri di rumah.

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat.
  • Banyak minum air putih.
  • Jangan terlalu mengejan saat buat air besar.
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau paracetamol.
  • Berendam di air hangat beberapa kali sehari untuk meredakan nyeri.

Selain cara-cara di atas, dokter juga dapat menyembuhkan ambeien dengan pilihan perawatan, seperti:

1. Mengikat ambeien dengan karet khusus

Pada prosedur ini, dokter akan mengikat dasar dari ambeien atau ligasi, untuk memutus aliran darah. Saat aliran darah terputus, maka bagian ambeien yang diikat akan terlepas dengan sendirinya, dalam waktu kurang lebih satu minggu.

2. Skleroterapi

Skleroterapi dilakukan dokter dengan menyuntikkan cairan khusus ke dalam benjolan ambeien. Cairan tersebut akan menyebabkan jaringan luka terbentuk pada benjolan ambeien, sehingga suplai darah ke ambeien akan terhenti.

3. Fotokoagulasi infrared

Sesuai namanya, prosedur ini menggunakaninfra merah untuk memicu pembentukan jaringan luka pada ambeien. Infra merah akan menghasilkan panas yang dapat memicu mekanisme ini, agar benjolan dapat kempis.

4. Elektrokoagulasi

Pada elektrokoagulasi, pembentukan jaringan luka dipicu oleh pemberian tenaga elektrik pada ambeien internal, agar suplai darah terhenti dan ambeien kempis atau copot dengan sendirinya.

5. Hemoroidektomi

Prosedur ini termasuk dalam prosedur operasi. Dokter akan mengambil ambeien dan sedikit jaringan di sekitarnya, untuk menyembuhkan kondisi Anda.

6. Hemoroid stapling

Dokter akan menggunakan alat stapler khusus untuk menyingkirkan jaringan ambeien internal, dan menempatkan pembuluh darah kembali ke dalam anus.

Cegah ambeien kembali muncul

Cara terbaik untuk mencegah munculnya ambeien adalah menjaga tekstur tinja tetap lunak, agar kotoran dapat keluar dengan lebih mudah. Selain itu, cara mengatasi ambeien di rumah seperti di atas, juga dapat membantu mencegah timbulnya ambeien di kemudian hari.

Anda juga disarankan agar tidak menahan buang air besar. Pasalnya, semakin ditahan, tinja akan semakin keras, sehingga risiko ambeien akan semakin meningkat.

Berolahraga secara teratur juga dapat mencegah terjadinya konstipasi dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Cara yang paling mudah, Anda sebaiknya tidak duduk terlalu lama, karena tekanan yang diberikan pada pembuluh darah anus, akan memicu terbentuknya ambeien.

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemorrhoids
Diakses pada 27 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326040.php
Diakses pada 27 September 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268
Diakses pada 27 September 2019

NIH. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/hemorrhoids/treatment
Diakses pada 27 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed