Circuit Training Punya Banyak Manfaat, Ini Cara Melakukannya


Circuit training adalah serangkaian jenis latihan olahraga yang dipilih dengan cermat dan disusun berurutan, lalu dilakukan satu per satu dengan jumlah istirahat bervariasi di antara setiap latihan. Latihan ini punya segudang manfaat bagi kesehatan karena fleksibilitasnya.

0,0
26 Jul 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Circuit training adalah serangkaian jenis latihan yang berbedaCircuit training melibatkan berbagai gerakan yang berbeda
Pernahkah Anda mendengar istilah circuit training atau latihan sirkuit dalam olahraga? Pengertian circuit training adalah serangkaian jenis latihan olahraga yang dipilih dengan cermat dan disusun berurutan, lalu dilakukan satu per satu dengan jumlah istirahat bervariasi di antara setiap latihan.Circuit training diciptakan oleh R.E. Morgan dan G.T. Anderson pada tahun 1953 di Universitas Leeds Inggris. Program circuit training adalah kombinasi dari enam atau lebih jenis latihan yang dilakukan dengan periode istirahat pendek di antara setiap latihan.Ketika semua latihan yang dipilih telah selesai dilakukan, maka itu dihitung sebagai satu sirkuit. Dalam satu sesi latihan, Anda bisa melakukan beberapa sirkuit.

Gerakan-gerakan circuit training

Masing-masing gerakan yang dilakukan dalam circuit training menargetkan kelompok otot yang berbeda. Misalnya, Anda dapat berpindah dari latihan tubuh bagian bawah ke latihan tubuh bagian atas, lalu ke latihan inti.Kemudian Anda dapat melakukan gerakan tubuh bagian bawah, gerakan tubuh bagian atas, dan gerakan inti lainnya, sebelum kembali mengulangi sirkuit tersebut.Berikut adalah beberapa contoh gerakan circuit training yang dapat Anda masukkan ke dalam program latihan:Jenis-jenis gerakan tersebut dapat dikombinasikan ke dalam circuit training dan disusun sesuai dengan kebutuhan dan target fitness Anda.

Contoh circuit training

Berikut adalah contoh circuit training sederhana yang dapat Anda lakukan dengan melibatkan gerakan push up, sit up, squat, chin up, dan lunges:
  • Push up sebanyak mungkin dalam 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik.
  • Squat sebanyak mungkin dalam 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik.
  • Sit up sebanyak mungkin dalam 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik.
  • Lunge sebanyak mungkin dalam 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik.
  • Chin up sebanyak mungkin dalam 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik.
Rangkaian gerakan di atas adalah contoh satu latihan sirkuit. Latihan ini dapat terus diulang sebanyak yang diperlukan. Misalnya, dalam satu sesi latihan, Anda melakukan sebanyak 3 sirkuit dengan masing-masing sirkuit diberi jeda selama 3 menit.

Manfaat circuit training bagi kesehatan

Circuit training yang dilakukan secara rutin memiliki banyak keuntungan dan membawa manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Kecepatan latihan dapat disesuaikan

Circuit training adalah jenis latihan yang ramah bagi pemula. Pasalnya, circuit training dapat dilakukan berdasarkan kecepatan Anda sendiri.Misalnya, orang lain mungkin dapat melakukan 40 push up dalam 30 detik. JIka Anda hanya mampu melakukan setengahnya atau lebih sedikit, hal ini bukanlah masalah.

2. Jenis latihan bervariasi

Mulai dari latihan ketahanan hingga kardio, ada berbagai jenis latihan dalam circuit training yang dapat Anda nikmati. Sehingga, apa pun target fitness Anda, semuanya bisa didapatkan dari circuit training.

3. Kebugaran tubuh meningkat

Latihan kardiovaskuler dalam circuit training adalah jenis latihan yang intens dan sangat baik untuk meningkatkan kebugaran dan stamina Anda. Lama-kelamaan, hal ini dapat membantu Anda latihan lebih keras dan lebih lama.

4. Membangun massa otot

Latihan sirkuit juga dapat melibatkan latihan beban yang dapat membantu membangun massa otot tanpa lemak. Selain melakukannya sendiri, Anda juga bisa minta bantuan personal trainer untuk merumuskan circuit training terbaik yang membantu membangun massa otot.

5. Membakar lemak tubuh

Sebagian besar gerakan circuit training memiliki intensitas yang cukup tinggi sehingga membantu membakar kelebihan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, bisa dibilang bahwa circuit training adalah jenis latihan yang tepat untuk membantu Anda menurunkan berat badan.Circuit training juga dapat membuat Anda melakukan berbagai variasi gerakan sehingga memperoleh banyak manfaat sekaligus.Supaya lebih termotivasi, Anda bisa mengikuti kelas circuit training bersama orang lain di berbagai pusat kebugaran. Selain mengembangkan hubungan sosial, Anda juga bisa saling memotivasi untuk tetap fokus dan mengikuti latihan hingga mencapai target yang ditentukan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips olahragalatihan fisik

Everyone Active. https://www.everyoneactive.com/content-hub/fitness/circuit-training/
Diakses 14 Juli 2021
UNM. https://www.unm.edu/~lkravitz/Article%20folder/circuits05.html
Diakses 14 Juli 2021
Shape. https://www.shape.com/fitness/tips/whats-difference-between-circuit-training-and-interval-training
Diakses 14 Juli 2021
Niffield Health. https://www.nuffieldhealth.com/article/what-is-circuit-training
Diakses 14 Juli 2021
Stretch Coach. https://stretchcoach.com/articles/circuit-training/
Diakses 14 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait