Cicipi Kandungan Pepaya Ini untuk Gaya Hidup Sehat Anda

(0)
26 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan pepaya yang membuatnya sehat bagi tubuh yaitu serat, vitamin C, vitamin A, dan likopenPepaya tidak mengandung lemak tetapi tinggi kandungan vitamin C
Sebagai masyarakat negara tropis, kita disuguhkan dengan beragam jenis buah-buahan yang menyegarkan. Salah satu buah tropis yang tentu sering Anda konsumsi adalah pepaya. Dagingnya yang lembut dengan rasa nan manis membuatnya sering dihidangkan. Pepaya pun menjadi buah yang menyehatkan karena kandungan dan nutrisinya. Apa saja, ya, kandungan pepaya?

Profil kandungan pepaya untuk nutrisi makronya

Sebagai pembuka, berikut ini porsi kandungan pepaya untuk setiap 145 gram:
  • Kalori: 62
  • Lemak: 0.4 gram
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Serat: 2.5 gram
  • Gula: 11 gram
  • Protein: 0.7 gram
Sesuai dengan profil kandungan pepaya di atas, nutrisi makro paling banyak dalam buah nan legit ini adalah karbohidrat. Buah pepaya juga mengandung lemak dan protein namun jumlahnya hampir tak signifikan. Tak heran, dengan kandungan pepaya di atas, buah ini mengandung kalori yang cenderung kecil.

Ragam kandungan pepaya, dari nutrisi makro hingga nutrisi mikronya

Kandungan pepaya yang paling populer adalah vitamin C
Salah satu primadona dalam kandungan pepaya adalah vitamin C
Berikut ini pembahasan detail dari nutrisi makro dan mikro sebagai kandungan pepaya:

1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi kandungan nutrisi makro pepaya yang paling banyak menyumbang kalori. Untuk setiap 145 gram pepaya, terkandung karbohidrat total hingga 16 gram. Dari 16 gram karbohidrat tersebut, terkandung serat sekitar 2,5 gram dan gula sekitar 11 gram. Indeks glikemik pepaya yaitu 60 – membuatnya masuk sebagai makanan dengan indeks glikemik sedang. Indeks glikemik merujuk pada seberapa cepat suatu makanan memicu lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Semakin rendah suatu indeks glikemik, semakin lambat pula makanan tersebut memicu kenaikan gula darah.

2. Protein

Kandungan protein dalam buah pepaya cenderung tidak signifikan. Untuk setiap 145 gram buah pepaya, protein dalam buah ini hanya sekitar 0,7 gram (kurang dari satu gram).

3. Lemak

Seperti protein, lemak juga menjadi kandungan pepaya yang kadarnya sangat sedikit. Kadar lemak dalam buah pepaya dengan berat 145 gram hampir menyentuh 0 gram.

4. Vitamin

Sebagai jenis buah-buahan, pepaya mengandung beberapa jenis vitamin. Salah satu vitamin primadona sebagai kandungan pepaya adalah vitamin C. Untuk setiap 152 gram buah pepaya, kadar vitamin C yang Anda dapatkan bisa melebihi 100% kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin C. Buah pepaya juga mengandung vitamin A dan folat (vitamin B9) dalam kadar yang sedang. Tak lupa, buah oranye ini mengandung vitamin B1, B3, B5, E, dan K dalam jumlah kecil. 

5. Mineral

Mineral yang menjadi kandungan pepaya yang tak begitu signifikan dibanding buah-buah lain. Namun, untuk setiap 152 gramnya, pepaya bisa mencukupi 11% kebutuhan harian tubuh terhadap kalium. Mineral ini dikaitkan dengan kesehatan jantung dan pengendalian tekanan darah. Pepaya juga mengandung kalsium dan magnesium dalam kadar yang sedikit.

6. Likopen

Di samping vitamin dan mineral, kandungan pepaya yang juga bantu sehatkan tubuh adalah karotenoid. Jenis karotenoid utama dalam buah pepaya adalah likopen. Karotenoid seperti likopen memiliki efek antioksidan yang bantu kendalikan radikal bebas berlebih. Zat antioksidan dalam pepaya juga bisa diserap tubuh lebih baik dibandingkan zat dari buah atau sayuran lain.

Kandungan pepaya membuatnya menyehatkan tubuh

Dengan beberapa kandungan pepaya di atas, buah ini tergolong menyehatkan bagi tubuh dan sering disisipkan dalam gaya hidup sehat. Berikut ini manfaat kesehatan yang ditawarkan buah pepaya:
  • Mengendalikan radikal bebas untuk turunkan risiko penyakit kronis
  • Berpotensi untuk menurunkan risiko kanker
  • Menyehatkan jantung
  • Membantu melawan peradangan di dalam tubuh
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Memelihara kesehatan kulit

Catatan dari SehatQ

Kandungan pepaya yang membuatnya sehat termasuk serat, vitamin C, vitamin A, kalium, dan likopen. Untuk mendapatkan informasi lain terkait kesehatan makanan sehat, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh di Appstore dan Playstore untuk bantu dampingi hidup sehat Anda.
nutrisiseratvitamin avitamin cantioksidanbuah dan sayuranpepaya
American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure
Diakses pada 13 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/low-glycemic-fruits-for-diabetes
Diakses pada 13 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits
Diakses pada 13 Oktober 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/papayas-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4114326
Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait