Takut Waktu Terus Berjalan? Bisa Jadi Chronophobia, Ini Cara Mengatasinya


Chronophobia adalah ketakutan ekstrem terhadap waktu yang terus berjalan. Cara mengatasi kondisi ini dengan menerapkan teknik relaksasi, terapi, atau konsumsi obat sesuai resep dokter.

0,0
Chronophobia adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami kecemasan atau ketakutan ekstrem terhadap waktu yang terus berjalanOrang yang menderita penyakit parah biasanya mengalami chronophobia
Waktu merupakan sesuatu yang akan terus berjalan dan tak bisa dihentikan oleh siapa pun. Perputaran waktu yang terjadi secara terus-menerus ini ternyata memicu ketakutan ekstrem pada beberapa orang.
Jika Anda termasuk salah satunya, kondisi ini dikenal dengan istilah chronophobia. Kondisi tersebut membuat penderitanya mengalami ketakutan atau kecemasan berlebih terhadap berlalunya waktu.

Apa saja tanda chronophobia?

Tanda chronophobia biasanya dapat dilihat ketika penderitanya tengah berada pada momen-momen penting dalam hidupnya. Sejumlah momen yang dapat menjadi penyebab munculnya gejala antara lain kelulusan sekolah, pesta pernikahan, hari ulang tahun, hingga waktu liburan bersama orang-orang tersayang.Gejala yang muncul bisa dirasakan secara fisik maupun psikologis. Ketika memikirkan waktu yang terus berjalan, penderita fobia ini akan mengalami kondisi-kondisi seperti:
  • Sakit kepala
  • Tubuh berkeringat
  • Peningkatan detak jantung
  • Nafas terasa pendek dan cepat
  • Mengkhawatirkan soal kematian
  • Perasaan cemas, takut, dan panik yang berlebihan
  • Ketidakmampuan untuk bersantai menikmati waktu
  • Penurunan fungsi tubuh yang terjadi karena mengalami ketakutan
  • Kesadaran bahwa ketakutan dan kecemasan yang mereka rasakan sebenarnya tidak masuk akal tetapi kesulitan untuk mengontrolnya
Gejala yang dirasakan masing-masing penderita chronophobia mungkin bisa berbeda satu sama lain. Untuk mengetahui secara pasti terkait kondisi apa yang mendasarinya, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab seseorang mengalami chronophobia

Sama seperti fobia pada umumnya, hingga kini belum diketahui secara pasti apa yang jadi penyebab chronophobia. Namun, ada beberapa orang yang berisiko menderita fobia waktu, antara lain:
  • Orang lanjut usia (lansia), umumnya mengkhawatirkan tentang waktu mereka yang masih tersisa di dunia
  • Orang yang menderita penyakit mematikan, penderitanya seringkali berpikir mengenai berapa lama lagi mereka mampu bertahan di dunia
  • Narapidana, dapat terjadi ketika mereka merenungkan lamanya hukuman penahanan yang dijatuhkan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya
  • Korban bencana alam yang dihadapkan pada situasi di mana mereka tidak dapat melacak waktu

Dampak buruk chronophobia pada penderitanya

Chronophobia yang tidak segera ditangani dapat berdampak buruk bagi kondisi kesehatan penderitanya. Dalam kasus yang parah, penderita fobia ini dapat mengalami kondisi-kondisi seperti melakukan isolasi diri, pemikiran yang tidak teratur, hingga depresi.Jika Anda mengalami kondisi-kondisi di atas, segeralah berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental. Penanganan yang dilakukan sedini mungkin dapat mencegah kondisi Anda semakin parah.

Bagaimana cara mengatasi chronophobia?

Beragam tindakan medis dapat dipilih untuk mengatasi chronophobia. Ahli kesehatan mental Anda mungkin akan merekomendasikan terapi, konsumsi obat-obatan tertentu, atau kombinasi antara keduanya untuk menangani gejala.
  • Terapi perilaku kognitif

Lewat terapi perilaku kognitif, Anda akan diajak mengidentifikasi pola pikir dan perilaku negatif yang menyebabkan fobia. Setelah itu, terapis akan mengajak Anda mengubah pola pikir dan respons Anda ketika berhadapan dengan situasi atau objek yang memicu kecemasan.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat mungkin akan diresepkan dokter untuk membantu mengatasi gejala. Obat-obatan yang umumnya dipakai untuk membantu mengatasi gejala kecemasan antara lain beta-blocker, obat penenang, dan SSRI.
  • Teknik relaksasi

Saat gejala chronophobia menyerang, Anda bisa menerapkan teknik relaksasi untuk membantu meredakannya, Teknik relaksasi merupakan salah satu cara menangani fobia yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.Beberapa aktivitas yang dapat membantu tubuh dan pikiran untuk menjadi lebih rileks, meliputi pernapasan dalam, yoga, meditasi, rutin berolahraga, mendengarkan musik, hingga menghabiskan banyak waktu di alam terbuka.

Catatan dari SehatQ

Chronophobia adalah kondisi yang membuat penderitanya mengalami kecemasan atau ketakutan ekstrem terhadap waktu yang terus berjalan. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, fobia ini dapat menyebabkan depresi pada penderitanya.Cara mengatasi kondisi ini bisa dengan menerapkan teknik relaksasi, menjalani terapi atau dengan mengonsumsi obat-obatan seperti beta-blocker, obat penenang, serta SSRI. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kondisi ini dan cara mengatasinya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalfobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/chronophobia
Diakses pada 9 Juni 2021
Very Well Family. https://www.verywellmind.com/what-is-the-fear-of-time-2671776
Diakses pada 9 Juni 2021
Wolverhampton Hypnotherapy. http://www.wolverhamptonhypnotherapy.co.uk/phobias/chronophobia.html
Diakses pada 9 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait