Daftar Menu Masakan Cina yang Bernutrisi vs. yang Tidak Sehat

(0)
Variasikan menu diet dengan chinese food yang sehat dan bernutrisiMakanan yang dikukus bisa menjadi pilihan sehat dari menu Chinese food
Siapa yang bisa menolak kelezatan chinese food? Menu populer seperti mie goreng, ayam goreng, bebek goreng hingga sup, menjadi sajian lezat di berbagai restoran khas Cina.Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa chinese food terbaik untuk kesehatan? Variasikan menu diet Anda dengan beberapa chinese food terbaik berikut agar diet tidak membosankan.

Ragam menu Chinese food yang bernutrisi

Berikut ini pilihan menu Chinese food yang bergizi dan bernutrisi:

1. Pangsit sayur

Makan pangsit sayur membuat Anda mau tak mau makan sayuran hijau dan kubis. Pilih yang dikukus, jangan digoreng. Agar rasanya lebih nikmat, Anda bisa mencelupkannya dalam saos cabai atau saos tomat. Seporsi pangsit bisa dimakan bersama dengan yang lain agar tidak terlalu banyak.

2. Sup dengan kaldu

Anda suka sup wonton? Masakan cina yang berkuah mengandung kaldu dengan kalori kurang dari 100 per mangkuk. Ditambah lagi dengan mengonsumsi makanan berkuah, Anda jadi tidak terlalu banyak makan makanan berat lainnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang makan sup berkaldu akan makan 20% lebih sedikit ketimbang yang tidak mengonsumsi sup. 

3. Tumisan

Tumis udang dan brokoli rupanya masuk kategori chinese food terbaik untuk kesehatan. Bagaimana tidak? Menu ini kaya protein tanpa lemak dan serat yang bernutrisi, namun bumbunya meresap.Akan tetapi, sebaiknya hindari tumisan yang ditambahkan garam, gula, dan minyak berlebihan. Kurangi takaran resepnya atau ganti minyak kelapa dengan sedikit minyak zaitun yang lebih sehat untuk menumis.

4. Ayam kung pao

Sedang ingin makan masakan Cina yang pedas dan berbumbu? Coba pilih menu ayam kung pao, campuran potongan cabai, daging ayam, dan sayuran. Tambahkan dengan setengah mangkuk nasi merah maka asupan kalori Anda di bawah 600. Kacang tanah yang digunakan dalam masakan ini memberikan tambahan nutrisi. Kacang merupakan serat yang baik untuk jantung, mengandung lemak baik dan juga antioksidan. 

5. Makanan yang Dikukus

Makanan yang dikukus seperti dimsum jauh lebih sehat ketimbang makanan yang digoreng. Mengukus membantu mengurangi konsumsi minyak sehingga lebih rendah kalori dan lebih mudah dicerna.

Menu Chinese food yang tidak sehat

Sajian menu chinese food kerap membuat bingung untuk memilih. Tidak ada salahnya, Anda mencari tahu beberapa jenis masakan Cina yang kurang baik untuk kesehatan agar bisa menghindarinya. Ini daftarnya:

1. Mi goreng

Masakan ini menggunakan mi telur yang penuh dengan karbohidrat. Mi terbuat dari tepung terigu yang akan menaikkan gula darah dengan cepat dibandingkan gandum utuh yang penuh serat. Ditambah lagi masakan ini dibuat dengan minyak dan kecap sehingga penuh dengan lemak. Tetap ingin makan menu yang satu ini? Pesan dengan tambahan sayuran dan makanlah hanya setengah porsi saja. 

2. Nasi goreng

Mencium aromanya yang sedap, sudah pasti semua orang pasti mengangguk jika ditawari seporsi nasi goreng. Bahan utamanya nasi putih, jadi tidak begitu banyak mengandung serat.Nasi yang digoreng kerap ditambah kecap asin yang bisa menjadi mimpi buruk untuk diet sehat. Oleh karena itu, lebih baik ganti nasi putih dengan beras merah yang membantu mencegah risiko diabetes tipe 2 karena minim kalori.

3. Daging asam manis

Ada alasan mengapa ada kata 'manis' dalam resep ini. Menu ini dibuat dengan menambahkan banyak sekali gula, hampir setara dengan tiga batang cokelat. Selain itu, daging yang digoreng menambah 'dosa' dalam menu yang satu ini.

Catatan dari SehatQ

Hampir seluruh menu chinese food memang enak, namun Anda juga perlu mempertimbangkan faktor sehat atau tidaknya makanan yang Anda santap. Gunakan panduan di atas jika dalam waktu dekat Anda akan berkunjung ke restoran chinese food.
makanan sehatmakanan tidak sehat
WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-best-worst-chinese
Diakses pada Maret 2019
Self. https://www.self.com/story/registered-dietitians-order-chinese-takeout
Diakses pada Maret 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait