Chia Seed untuk Diet, Ternyata Bukan Makanan Ajaib untuk Kurus


Chia seed untuk diet bisa dikonsumsi asal Anda memerhatikan porsinya sekali makan. Namun, chia seed tetaplah bukan makanan ajaib untuk mengurangi berat badan.

(0)
07 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Chia seed untuk diet bisa disisipkan asal porsinya terkontrolChia seed boleh dikonsumsi setiap hari asal Anda memerhatikan jumlah sajiannya, yaitu 1-2 sendok makan
Chia seed merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman keluarga mint Salvia hispanica. Chia seed amat bernutrisi dan makin naik daun dalam budaya hidup sehat. Biji-bijian ini pun diklaim dapat membantu menurunkan berat badan sehingga populer dalam praktik diet. Chia seed untuk diet, benarkah bisa menjadi makanan ajaib demi badan kurus?

Chia seed untuk diet, apakah efektif?

Sayangnya, tak sesuai perkiraan orang-orang, chia seed belum terbukti menjadi makanan ajaib untuk menurunkan berat badan. Studi pada manusia belum bisa membuktikan efek konsumsi chia seed untuk menurunkan berat badan. Chia seed merupakan panganan yang relatif tinggi kalori dan lemak. Dua sendok makan chia seed mengandung 138 kalori, termasuk 9 gram lemak total di dalamnya.Menurut studi yang dilakukan ahli dari Appalachian State University, konsumsi chia seed untuk diet sebanyak 50 gram tidak menunjukkan penurunan berat badan, lemak tubuh, dan penanda penyakit kardiovaskular. Hasil senada juga dikemukakan oleh Catherine Ulbricht, PharmD, chief editor dari Natural Standard Research Collaboration. Ia memaparkan, percobaan klinis chia seed untuk diet tidak berefek pada penurunan berat badan walau berpotensi menyehatkan bagi kondisi jantung.Manfaat chia seed untuk diet diklaim memberikan sensasi kenyang karena tinggi dengan serat. Dua sendok makan chia seed memang mengandung hampir 10 gram serat. Jumlah tersebut bahkan bisa menutupi sekitar 40% dari kebutuhan harian tubuh terhadap serat. Pola makan tinggi serat juga memang dikaitkan penurunan berat badan. Namun, walau tinggi serat, chia seed tak serta-merta menjadi makanan yang bisa menurunkan berat badan dengan singkat. Kunci untuk menurunkan berat badan haruslah dengan mengurangi asupan kalori agar tak melebihi kebutuhan energi harian Anda – yang bisa diwujudkan dengan kombinasi konsumsi makanan sehat dan aktivitas fisik.

Cara minum chia seed untuk kurus: semua tergantung porsi

Walau chia seed bukan menjadi makanan ajaib untuk menurunkan berat badan, makanan ini tetap bernutrisi dan bergizi tinggi yang sayang untuk dilewatkan. Saat menyisipkan chia seed untuk diet, Anda bisa memerhatikan jumlah porsi agar kalorinya tetap terkontrol.Satu hingga dua sendok makan chia seed dapat dikonsumsi  untuk mendapatkan nutrisinya dan menghindari efek samping. Ingat bahwa dua sendok makan chia seed tersebut sudah menyumbang 138 kalori. Pastikan Anda mengontrol kalori dari makanan lain agar tak melebihi kebutuhan kalori harian jika memang berencana untuk menurunkan berat badan.Chia seed untuk diet dapat ditabur dan dicampurkan ke makanan-makanan berikut ini:
  • Smoothie
  • Oatmeal
  • Salad
  • Yogurt
  • Sup 
  • Muffin
  • Roti yang dibuat sendiri di rumah
  • Makanan yang dipanggang sebagai pengganti telur
  • Puding 
Dalam menyiapkan makanan-makanan di atas, pastikan Anda memerhatikan kalori dari bahan-bahan yang digunakan. Anda juga sebaiknya mengonsumsi chia seed setelah direndam atau dicampurkan ke makanan, bukan dalam kondisi yang masih kering.

Amankah konsumsi chia seed setiap hari?

Chia seed boleh dikonsumsi setiap hari asal Anda memerhatikan jumlah sajiannya. Satu hingga dua sendok makan chia seed bisa Anda taburkan saat diet sekaligus menghindari efek sampingnya. Konsumsi chia seed berlebihan tak hanya menaikkan jumlah kalori harian, namun juga memicu efek samping seperti gangguan pencernaan. 

Catatan dari SehatQ

Chia seed untuk diet bisa disisipkan asal porsinya terkontrol. Namun, chia seed tetaplah bukan makanan ajaib untuk mengurangi berat badan. Jika masih memiliki pertanyaan terkait chia seed untuk diet dan tipsnya, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi tentang diet nan terpercaya.
tips dietmakanan dietmenurunkan berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chia-seeds-side-effects
Diakses pada 29 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/chia-seeds-and-weight-loss
Diakses pada 29 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326112
Diakses pada 29 Desember 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/features/truth-about-chia
Diakses pada 29 Desember 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/can-chia-seeds-help-me-lose-weight-2223387
Diakses pada 29 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait