Cheyne Stokes dan Jenis-Jenis Pernapasan Tidak Normal yang Perlu Diwaspadai

(0)
04 May 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cheyne Stokes adalah salah satu dari jenis-jenis pernapasan abnormal yang perlu diwaspadaiCheyne Stokes dapat menyebabkan terhentinya pernapasan selama beberapa saat
Bernapas merupakan proses penting yang dilakukan manusia untuk bertahan hidup. Pada jenis pernapasan normal, paru-paru akan menghirup dan mengeluarkan udara sebanyak 12-20 kali per menit. Namun, ada kalanya gangguan pernapasan menyerang sehingga pernapasan menjadi tidak normal. Salah satu jenis pernapasan abnormal yang bisa terjadi adalah Cheyne Stokes. Cheyne Stokes adalah jenis pernapasan abnormal yang ditandai dengan episode disertai apnea, yakni kondisi  pernapasan yang berhenti beberapa saat dan hiperventilasi (pernapasan cepat). Di samping Cheyne Stokes, terdapat jenis-jenis pernapasan abnormal lainnya yang perlu diwaspadai karena bisa menjadi masalah serius dan berbahaya.

Pernapasan Cheyne Stokes

Pernapasan Cheyne Stokes ditandai dengan terjadinya percepatan pernapasan mendalam secara bertahap, sebelum kemudian terjadi perlambatan dan semakin dangkal. Pola pernapasan ini kemudian diikuti periode apnea, di mana pernapasan berhenti untuk sementara. Siklus tersebut terus berulang dengan sendirinya.Cheyne Stokes dapat terjadi kapan saja, tapi lebih sering dialami ketika tidur. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan gagal jantung atau stroke, serta mungkin disebabkan oleh berbagai kondisi berat, seperti tumor otak, cedera otak traumatis, radang otak, atau edema paru kronis. Tipe pernapasan ini sering dialami oleh orang yang sekarat. Hal ini mungkin dikarenakan Cheyne Stokes merupakan upaya alami tubuh untuk mengimbangi perubahan tingkat karbon dioksida di dalam tubuh.

Jenis-jenis pernapasan abrnomal lainnya

Selain Cheyne Stokes, terdapat macam-macam pernapasan abnormal lainnya yang juga perlu Anda waspadai.

1. Pernapasan Kussmaul

Sama halnya dengan Cheyne Stokes, Kussmaul merupakan jenis pernapasan abnormal yang ditandai dengan percepatan pernapasan dan napas menjadi sangat dalam. Namun, bedanya dengan Cheyne Stokes adalah tipe pernapasan Kussmaul tidak disertai perlambatan pernapasan atapun apnea. Pernapasan Kussmaul sering kali disebabkan oleh ketoasidosis diabetik stadium akhir dan bisa terjadi pada penderita gagal ginjal kronis.

2. Paroxysmal nocturnal dyspnea

Paroxymal nocturnal dyspnea adalah jenis pernapasan abnormal berupa sesak napas akut yang menyebabkan seseorang terbangun dari tidur, lalu duduk tegak atau berdiri dari tempat tidur untuk dapat bernapas lega. Paroxysmal nocturnal dyspnea dapat terjadi karena edema paru yang disebabkan kegagalan ventrikel kiri jantung, misalnya pada kasus insufisiensi aorta atau tekanan darah tinggi.

3. Kelaparan udara (air hunger)

Tipe pernapasan abnormal air hunger merupakan kondisi sesak napas akut yang terjadi pada tahap terminal dari perdarahan hebat. Kondisi ini adalah tanda bahaya yang menunjukkan bahwa transfusi darah perlu segera dilakukan.

4. Hiperventilasi

Hiperventilasi juga termasuk dalam macam-macam pernapasan abnormal. Kondisi ini ditandai dengan bernapas dalam-dalam dan terlalu cepat. Hiperventilasi menyebabkan kadar oksigen dalam darah meningkat dan rendahnya kadar karbon dioksida. Kondisi ini juga termasuk salah satu variasi dalam pola pernapasan pada Cheyne Stokes.Beberapa kemungkinan penyebab hiperventilasi meliputi kecemasan, stres, serangan panik, perdarahan yang berlebihan, penyakit jantung, atau penyakit paru-paru seperti asma.Untuk menangani hiperventilasi, seseorang bernapas dapat pada kantong kertas, menutup mulut dan hidung dengan telapak tangan untuk membatasi banyaknya udara yang dihirup atau untuk menghirup kembali karbon dioksida yang dikeluarkan.

5. Hipoventilasi

Jenis pernapasan hipoventilasi adalah pernapasan yang terlalu lambat atau terlalu dangkal. Kondisi ini dapat menyebabkan kadar oksigen dalam darah rendah dan kadar karbon dioksida tinggi.
Hipoventilasi dapat disebabkan masalah paru-paru, seperti emfisema, fibrosis kistik, atau bronkitis.

6. Apnea tidur obstruktif (obstructive sleep apnea)

Apnea tidur obstruktif adalah kondisi pernapasan yang tiba-tiba berhenti selama 10 detik atau lebih saat seseorang sedang tidur. Penderita apnea tidur obstruktif dapat berhenti bernapas setidaknya lima kali per jam. Bahkan, dalam kasus yang parah, apnea dapat terjadi setiap menit.Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang obesitas. Apnea tidur obstruktif biasanya ditangani dengan terapi Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) dan perubahan gaya hidup. Jika tidak diobati, jenis pernapasan abnormal ini dapat menyebabkan masalah jantung hingga kematian.Penanganan macam-macam pernapasan abnormal disesuaikan berdasarkan penyebabnya. Segera periksakan diri ke dokter jika tidur Anda kerap terganggu karena sesak napas, henti napas, atau merasa mengalami pernapasan Cheyne Stokes. Demikian juga jika Anda akhir-akhir merasakan adanya perubahan dalam pola pernapasan, seperti sering mengalami hiperventilasi atau sesak napas. Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis penyebab terjadinya jenis-jenis pernapasan abnormal yang Anda alami, serta merencanakan jenis perawatan yang paling sesuai.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penyakit pernapasangangguan pernapasan
Healthline. https://www.healthline.com/health/cheyne-stokes#kussmaul-breathing-vs-cheyne-stokes
Diakses 21 April 2021
Patient. https://patient.info/doctor/cheyne-stokes-and-abnormal-patterns-of-respiration#nav-1
Diakses 21 April 2021
Web MD. https://www.webmd.com/lung/breathing-problems#1
Diakses 21 April 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448165/
Diakses 21 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait