Charcoal Mask bukan Sekedar Tren, Ini Manfaatnya untuk Kulit

Charcoal mask dianggap memiliki banyak manfaat karena bahannya tergolong alami
Contoh penggunaan charcoal mask di wajah

Dunia kecantikan seperti sedang keranjingan dengan activated charcoal. Buktinya, bahan ini sangat mudah ditemukan di berbagai produk kecantikan, mulai dari sabun, sampo, hingga masker atau dikenal juga dengan sebutan charcoal mask.

Activated charcoal (activated carbon) adalah produk olahan yang dibuat dengan memanaskan arang yang terbuat dari kayu, batubara, kulit kelapa, maupun petroleum dengan menggunakan gas. Proses pemanasan ini akan memunculnya banyak ‘pori-pori’ pada arang.

Pori-pori inilah yang diklaim dalam menyerap racun. Pada produk kecantikan, activated charcoal ini sering diklaim dapat meredakan luka maupun peradangan yang terjadi pada kulit.

Manfaat charcoal mask

Karena sifat activated carbon di atas, charcoal mask paling cocok digunakan oleh kulit berminyak dan berjerawat. Sebaliknya, orang dengan kulit kering dan sensitif sebaiknya menghindari pemakaian masker ini karena dikhawatirkan membuat iritasi dan menyebabkan kulit semakin kering.

Manfaat charcoal mask sendiri sebetulnya belum banyak diteliti. Meski demikian, beberapa klaim menyebut charcoal mask memiliki khasiat, seperti:

  • Membersihkan kulit secara menyeluruh

Pori-pori pada charcoal mask disebut-sebut mampu menyerap debu halus, zat kimia, racun, hingga bakteri yang bersarang di kulit. Partikel kecil pada wajah itu akan terangkat ke permukaan kulit sehingga wajah menjadi lebih mudah untuk dibersihkan.

  • Menghalau jerawat

Activated charcoal memiliki efek antibakteri yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Pemakaian charcoal mask disebut-sebut bisa mengurangi timbunan sel kulit mati dan sebum yang menutup pori-pori sehingga mengurangi risiko Anda mengalami kulit berjerawat.

Efek antibakteri ini sekaligus dapat mencegah terjadinya peradangan pada jerawat yang ditandai dengan kulit kemerahan, iritasi, hingga bengkak pada kulit. Charcoal mask juga mampu mempercepat penyembuhan jerawat itu sendiri.

  • Menghilangkan kulit kusam

Kemampuan charcoal mask untuk membersihkan kulit secara menyeluruh mengakibatkan Anda akan memiliki kulit yang lebih cerah. Dengan terangkatnya racun dan bakteri yang ada pada wajah, kulit Anda pun akan sehat secara keseluruhan.

  • Mengurangi gatal pada wajah

Jika wajah Anda terasa gatal akibat digigit serangga, menggunakan charcoal mask bisa jadi solusi yang baik. Pasalnya, activated charcoal dipercaya bisa menyerap racun akibat gigitan serangga tersebut sehingga mengurangi gejala yang menyertai, seperti gatal dan bengkak pada kulit.

Meski kulit Anda bukan tipe kering atau sensitif, charcoal mask juga tidak boleh dipakai setiap hari dan sebaiknya diaplikasikan 1-2 kali seminggu saja. Pasalnya, penggunaan masker ini secara berlebihan akan membuat kulit menjadi kering hingga iritasi.

Bagaimana cara menggunakan charcoal mask?

Sebelum menggunakan charcoal mask, pastikan terlebih dahulu Anda tidak memiliki alergi terhadai activated carbon maupun bahan lain yang digunakan dalam masker tersebut. Bagi Anda yang ingin mencoba dan merasakan khasiat charcoal mask, ada tips penggunaan yang bisa Anda ikuti berikut ini:

  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Wajah yang bersih akan memudahkan kandungan pada charcoal mask untuk meresap ke pori-pori Anda.
  • Oleskan masker secara merata ke permukaan wajah, seperti kening, pipi, hidung, dan dagu. Jangan oleskan masker terlalu dekat pada area mata.
  • Anda bisa menggunakan ujung jari atau kuas untuk mengoleskan masker pada wajah.
  • Diamkan masker selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Keringkan wajah dengan handuk yang lembut, kemudian oleskan pelembap wajah untuk memaksimalkan manfaat charcoal mask.

Anda bisa menggunakan charcoal mask sebelum tidur atau ketika bangun pagi sebelum mandi. Yang jelas, pastikan Anda tidak membersihkan sisa charcoal mask dengan cara digosok-gosok agar tidak terjadi iritasi kulit.

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-269/activated-charcoal
Diakses pada 24 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/charcoal-mask-benefits
Diakses pada 24 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322609
Diakses pada 24 Maret 2020

Artikel Terkait