Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang wanita
Wanita muda lebih rentan terserang kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang wanita. Bahkan, angkanya lebih tinggi dibandingkan kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker rahim.

Paparan asap rokok dituding sebagai penyebab utama kanker paru-paru. Simak lebih lanjut gejala kanker paru-paru pada wanita, karena perawatan sejak dini dapat membantu efektivitas pengobatan pada kanker.

1. Batuk Terus-menerus

Waspadai jika batuk berulang dan terus-menerus selama lebih dari satu minggu. Sebab, hal ini bisa menjadi gejala kanker paru-paru pada wanita. Segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi Anda. Dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes, termasuk pemeriksaan dengan x-ray.

2. Batuk Berdarah

Perhatikan setiap perubahan saat batuk, terutama jika Anda merokok. Jika Anda sering batuk, atau suara batuk seperti menggonggong dan suara menjadi serak, segera temui dokter. Selain itu, gejala kanker paru-paru pada wanita lainnya adalah batuk disertai darah atau lendir yang tidak biasa.

3. Sesak Napas

Sesak napas juga bisa menjadi gejala kanker paru-paru. Kesulitan bernapas terjadi karena kanker paru-paru menghambat saluran udara atau saluran pernapasan. Jika seorang wanita sering kesulitan bernapas atau sering tersengal-sengal setelah melakukan beraktivitas, segera berkonsultasi dengan dokter.

4. Nyeri Dada

Kanker paru-paru dapat menimbulkan rasa sakit di dada, bahu, atau punggung. Segera beri tahu dokter jika Anda merasa nyeri di dada. Nyeri dada akan membuat seseorang tidak nyaman dan tentu mengganggu aktivitas.

5. Napas Berbunyi

Ketika saluran pernapasan tersumbat atau meradang, paru-paru akan menghasilkan suara seperti bersiul saat bernapas. Hal ini dapat diindikasikan sebagai gejala kanker paru-paru pada wanita.

Kondisi ini harus mendapat perhatian dokter. Hindari mengambil opini atau kesimpulan pribadi, dan menganggap napas berbunyi karena alergi. Minta dokter untuk memeriksa kondisi Anda.

6. Suara Serak

Bila terdengar perubahan suara yang signifikan pada wanita, seperti serak atau suara terdengar lebih berat, segera periksakan diri ke dokter.

Suara serak biasanya disebabkan oleh pilek. Namun pada beberapa kasus, ini juga merupakan gejala awal kanker paru-paru pada wanita. Suara bisa menjadi serak karena kanker paru-paru memengaruhi saraf yang mengontrol laring/kotak suara.

7. Berat Badan Menurun

Gejala kanker paru-paru yang dapat dilihat jelas adalah penurunan berat badan penderita. Hal ini terjadi akibat sel kanker yang menguras energi tubuh si penderita. Penurunan berat badan bisa mencapai 4,5 kg per bulan.

Kenali gejala awal kanker paru-paru pada wanita agar dapat mendapatkan penanganan medis sedini mungkin.

Healthline. https://www.healthline.com/health/lung-cancer-symptoms-in-women https://www.healthline.com/health/lung-cancer/early-signs

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed