Cerdas Atur Produktivitas dengan Tahu Jam Kerja Organ Tubuh

Ritme sirkadian adalah jam biologis yang mengatur waktu bangun dan tidur manusia
Waktu bangun dan manusia diatur oleh ritme sirkadian tubuh

Tubuh setiap manusia punya jam biologis yang mengatur berbagai perubahan fisik, mental, dan perilaku setiap harinya. Jam kerja organ tubuh ini diatur dalam otak, terbuat dari ribuan sel saraf yang membantu menyinkronkan fungsi dan aktivitas tubuh.

Ketika seseorang menjalani gaya hidup sehat, maka jam kerja organ tubuh dapat berfungsi maksimal. Banyak hal yang dipengaruhi jam kerja organ tubuh seperti rasa kantuk, lapar, temperatur tubuh, kewaspadaan, level hormon, tekanan darah, dan aktivitas sehari-hari.

Mengenal jam kerja organ tubuh

Siklus alami jam kerja organ tubuh ini disebut juga dengan ritme biologis, terbagi dalam 4 kategori:

  • Ritme sirkadian

Siklus selama 24 jam yang meliputi ritme fisiologis dan kebiasaan seperti waktu tidur

  • Ritme diurnal

Ritme alami yang mengatur kapan seseorang tidur dan bangun setiap 24 jam, berkaitan dengan siang dan malam

  • Ritme ultradian

Ritme biologis dalam periode lebih singkat dan frekuensi lebih tinggi ketimbang ritme sirkadian

  • Ritme infradian

Ritme biologis yang terjadi lebih dari 24 jam seperti siklus menstruasi perempuan

Faktor eksternal juga dapat berpengaruh terhadap jam kerja organ tubuh. Contohnya paparan terhadap sinar matahari, konsumsi obat tertentu, konsumsi kafein, perjalanan terbang jarak jauh, dan lainnya.

Apa jadinya jika jam kerja organ tubuh terganggu?

Ketika jam kerja organ tubuh terganggu, maka akan muncul gangguan pada tubuh. Hal ini bisa terjadi sementara karena aktivitas yang memang di luar normal atau jangka panjang karena tuntutan seperti jam kerja profesi.

Beberapa masalah yang dapat muncul jika jam kerja organ tubuh terganggu di antaranya:

  • Jet lag

Jet lag adalah gangguan pada ritme sirkadian ketika seseorang terbang jarak jauh menempuh perbedaan zona waktu. Biasanya, dampaknya adalah kesulitan tidur, mengatur kapan merasa lapar dan kenyang, hingga sulit berkonsentrasi.

  • Gangguan mood

Mood seseorang bisa terganggu apabila jam kerja organ tubuh alaminya tak berjalan optimal, seperti tak pernah terpapar sinar matahari. Akibatnya, bisa muncul macam-macam gangguan psikologis seperti depresi, kepribadian ganda, atau seasonal affective disorder (SAD).

  • Gangguan tidur

Secara alami, jam kerja organ tubuh mengatur manusia untuk tidur setidaknya 7 jam di malam hari. Jika ritme alami ini terganggu, maka bisa muncul masalah tidur seperti insomnia.

Meskipun idealnya jam kerja organ tubuh tidak terganggu, namun ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tak punya pilihan lain. Contohnya orang yang berprofesi sebagai tenaga medis, pilot, sopir, pemadam kebakaran, jurnalis, dan lainnya.

Apabila memang profesi seseorang membuat jam kerja organ tubuh mereka terbalik seperti aktif di malam hari dan beristirahat di siang hari, pahami bahwa perlu waktu 3-4 hari bagi tubuh untuk beradaptasi.

Untuk itu, jadwalkan perubahan ini semulus mungkin sehingga tubuh bisa beradaptasi dengan baik. Namun perlu diingat, bekerja dengan durasi lebih dari 12 jam bisa berbahaya bagi kesehatan.

Mekanisme jam kerja organ tubuh

Setiap jaringan dan organ tubuh beroperasi mengacu pada ritme biologis. Pada manusia, ritme sirkadian adalah siklus 24 jam yang mengatur kapan waktu makan, tidur, dan lainnya.

Jam kerja organ tubuh tak hanya menangkap sinyal gelap dan terang di sekitar saja, tapi juga faktor lain. Dengan adanya jam kerja ini, tubuh bisa memprediksi apa yang akan terjadi dan apa yang perlu dilakukan pada saat pagi, siang, sore, dan malam hari.

Pada dasarnya, jam kerja organ tubuh secara alami ada untuk melindungi manusia. Mereka memberi sinyal kapan saatnya bangun, kapan saatnya mengambil jeda, hingga kapan saatnya beristirahat.

Sepanjang pagi hingga sore hari saat manusia beraktivitas paling produktif, jam kerja organ tubuh inilah yang membantu tubuh agar bisa berfungsi dengan maksimal. Itulah mengapa memastikan jam kerja organ tubuh berjalan secara alami akan menguntungkan seseorang dari segala aspek, termasuk mencegah dari penyakit.

Healthline. https://www.healthline.com/health/biological-rhythms#selfcare

Diakses 16 April 2020

The Guardian. https://www.theguardian.com/science/2013/sep/18/body-clock-jet-lag

Diakses 16 April 2020

National Sleep Foundation. https://www.sleep.org/articles/circadian-rhythm-body-clock/

Diakses 16 April 2020

On Health. https://www.onhealth.com/content/1/biological_clock_sleep_health_body_facts

Diakses 16 April 2020

Artikel Terkait