Ceramide dalam Produk Skincare, Apa Manfaatnya untuk Kulit?


Ceramide adalah golongan asam lemak yang sering dicampurkan dalam berbagai produk perawatan kulit. Manfaat ceramide pun beragam. Namun utamanya, ceramide bisa menjaga kelembapan kulit.

(0)
30 Mar 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ceramide adalah kandungan pada produk skincare yang banyak manfaatnyaPenggunaan skincare mengandung ceramide mampu menjaga kelembapan kulit
Ceramide adalah kandungan pada produk skincare yang mungkin seringkali sudah Anda lihat atau dengar. Ceramide memang dikenal berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Apa itu ceramide dan fungsinya untuk kulit? Yuk, kenali apa itu ceramide lebih jauh dan cara memilih produk skincare yang mengandung ceramide.

Apa itu ceramide?

Ceramide adalah golongan asam lemak yang kerap dicampurkan dalam berbagai produk perawatan kulit atau skincareSebenarnya, ceramide dapat ditemukan dalam sel-sel kulit. Bahkan, ceramide membentuk lapisan kulit paling luar atau epidermis hingga 50%. Inilah yang membuat ceramide memiliki peran penting dalam melindungi kulit. Ceramide berperan dalam perkembangan sistem saraf dan otak. Kini, golongan asam lemak ini mulai dilirik dalam industri kecantikan karena potensi manfaatnya. Tak hanya dalam produk skincare melalui pelembap, serum, masker, dan lainnya, ceramide juga dapat ditemukan dalam produk sampo hingga deodoran.

Apa fungsi ceramide dalam produk skincare?

Secara alami, kulit manusia memang sudah terbentuk oleh ceramide. Bersama dengan kolesterol dan asam lemak, fungsi ceramide adalah mengunci kelembapan dan melindungi lapisan kulit dari paparan faktor lingkungan. Dengan ini, kondisi kulit kering dan iritasi dapat terhindarkan. 
Fungsi ceramide adalah melembapkan kulit dan melindunginya
Kandungan ceramide yang cukup mampu menjaga kelembapan kulit
Meski kulit manusia secara alami sudah terbentuk oleh ceramide, golongan asam lemak ini cenderung dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Penggunaan produk perawatan kulit berbahan keras serta paparan polusi udara, sinar ultraviolet (UV), asap rokok, dan suhu ekstrem, membuat ceramide pada kulit bisa mengalami penipisan. Ketika kadar ceramide dalam kulit berkurang, maka bisa menyebabkan kulit kering dan kusam. Kulit yang terlalu kering dan kusam membuat garis-garis halus dan kerutan menjadi tampak lebih jelas.Oleh sebab itu, penggunaan ceramide dari produk perawatan kulit diyakini dapat meminimalisir efek buruk berkurangnya ceramide dalam kulit. Dengan demikian, kadar ceramide pada kulit akan cukup sehingga membuatnya tetap lembap dan terhidrasi. 

Apa manfaat ceramide untuk kulit?

Mengingat perannya yang baik untuk melindungi kulit, tak ayal jika kini banyak produk skincare yang mencampurkan kandungan ceramide di dalamnya. Adapun beberapa manfaat ceramide adalah sebagai berikut. 

1. Menjaga kelembapan kulit

Ceramide adalah kandungan pada skincare yang berfungsi mengunci kelembapan kulit
Ceramide mampu menjaga kelembapan kulit kering dan iritasi
Salah satu manfaat ceramide dalam kandungan produk skincare adalah menjaga kelembapan kulit sehingga mencegah terjadinya permeabilitas atau kebocoran. Dalam konteks perawatan kulit, fungsi ceramide adalah mampu mengunci kelembapan kulit sehingga membantu mencegah kulit kering dan iritasi. Manfaat ceramide pun diyakini mampu melindungi lapisan epidermis kulit dari kerusakan yang berasal dari luar tubuh.Ketika kadar ceramide pada kulit tercukupi, maka dapat membantu melembapkan kulit dan memperkuat lapisan pelindung kulit.

2. Memperlambat tanda-tanda penuaan kulit

Manfaat ceramide yang tak kalah penting adalah memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis halus dan kerutan yang kerap muncul bila kulit terlalu kering. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada perempuan berusia 20 tahun, mengoleskan produk skincare yang mengandung ceramide dapat membantu memperkuat fungsi pelindung kulit sehingga kulit tampak lebih lembut dan awet muda. Dengan ini, tanda-tanda penuaan dapat berkurang. 

3. Menenangkan masalah kulit tertentu

Selanjutnya, manfaat ceramide untuk kulit adalah menenangkan kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Memang, belum jelas keterkaitan antara kadar ceramide dengan risiko masalah kulit. Walau begitu, sebuah studi yang dimuat dalam Skin Pharmacology and Physiology menyebutkan bahwa penderita eksim atau psoriasis memiliki kadar ceramide pada kulit yang cenderung rendah.Mengoleskan skincare berbentuk topikal (oles) diyakini dapat menenangkan kondisi kulit yang iritasi atau meradang sekaligus menambah perlindungannya. Namun, manfaat ceramide untuk kondisi kulit satu ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

4. Baik untuk kulit sensitif

Manfaat ceramide untuk kulit sensitif juga dipercaya ada nyatanya. Kulit sensitif adalah jenis kulit yang kering, tidak terhidrasi dengan baik, serta dapat bereaksi terhadap produk perawatan kulit. Salah satu penyebab kulit sensitif adalah kurangnya kelembapan yang seharusnya berfungsi melindungi kulit. Nah, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat menjaga kelembapan dan mengurangi sensitivitas kulit. 

5. Baik untuk kulit berjerawat

Ceramide adalah kandungan yang dapat melindungi lapisan kulit
Ceramide baik untuk kulit berjerawat
Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh bakteri serta penumpukan kotoran dan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Ketika lapisan kulit Anda dalam kondisi sehat, maka kemungkinan bakteri masuk ke dalam lapisan kulit dapat terjadi. Penggunaan produk skincare yang mengandung ceramide dapat melindungi lapisan kulit agar bakteri dan zat asing lainnya tidak dapat masuk. Baca Juga: Apa Itu Kandungan Niacinamide pada Produk Skincare?

Cara memilih produk skincare yang mengandung ceramide

Ceramide adalah kandungan pada produk skincare yang berfungsi melembapkan kulit
Ceramide dapat ditemukan dalam produk skincare berbentuk topikal
Menilik manfaat ceramide yang baik untuk kulit, Anda mungkin jadi tertarik menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dalam rutinitas perawatan sehari-hari. Berikut cara memilih produk skincare yang mengandung ceramide. 

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Pada dasarnya, penggunaan ceramide untuk kulit cenderung aman dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Akan tetapi, pemilihan jenis dan bentuk produk yang mengandung ceramide bergantung pada jenis kulit masing-masing. Misalnya, bagi pemilik kulit kering, Anda dapat menggunakan produk skincare berbentuk krim. Krim (dan salep) sebagai emolien cenderung mengandung zat pelembap lebih banyak dibandingkan lotion. Tekstur krim juga tidak berisiko mengiritasi kulit. Jika Anda memiliki masalah kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi produk dan cara penggunaannya dengan tepat. 

2. Pilih kemasan produk yang kedap udara

Cara memilih produk skincare yang mengandung ceramide juga perlu mempertimbangkan kemasan produk. Anda disarankan untuk memilih produk ceramide yang isinya cenderung tidak mudah terpapar cahaya. Misalnya, menggunakan kemasan plastik opaque atau botol/tabung kedap udara. Produk dengan kemasan toples cenderung membuat isinya mudah terpapar oleh cahaya. Hal tersebut berisiko membuat kandungannya tidak efektif seiring berjalannya waktu.

3. Kenali jenis-jenis ceramide

Sebelum menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide, pastikan Anda mengetahui berbagai jenis-jenis ceramide.Contohnya, untuk pemilik kulit yang kering dan iritasi, sebaiknya cari produk dengan ceramide 1, ceramide 3, atau ceramide 6-3.Anda juga bisa menemukan ceramide dengan nama “sphingosine”. Sphingosine adalah rantai asam amino yang memiliki ceramide sebagai salah satu molekulnya.

4. Kombinasikan ceramide dengan kandungan skincare lain

Kombinasi ceramide dengan kandungan skin care lain berpotensi untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Anda bisa mencari produk skincare yang mengandung ceramide dengan dengan produk perawatan kulit lainnya dengan kandungan antioksidan, peptida, atau retinol.

5. Lakukan tes untuk cek reaksi kulit

Meski produk skincare yang mengandung ceramide adalah aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit, Anda tetap untuk melakukan tes dahulu guna mengetahui reaksi kulit terhadap produk yang akan digunakan.Untuk melakukan tes pada kulit, oleskan sedikit produk ke lengan bagian dalam, dan tunggu hingga 24 jam. Jika tidak ada reaksi alergi, seperti kulit gatal atau kemerahan, maka produk tersebut aman digunakan.Baca Juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Hari yang Tepat

Selain dari skincare, apakah ceramide bisa didapat dari sumber makanan? 

Secara alami, ceramide sebenarnya sudah terkandung dalam kulit. Jenis ceramide yang Anda temukan dalam produk skincare tergolong sebagai ceramide sintetis atau buatan. Tidak banyak perbedaan ceramide alami dan sintetis dalam hal kualitas maupun kemanjurannya.Meski demikian, mengganti lemak jahat dengan sumber lemak sehat bisa jadi mamu merangsang produksi ceramide alami pada kulit. Beberapa contoh sumber lemak sehat yang bisa didapat dari makanan, yaitu:
  • Minyak zaitun
  • Ikan salmon
  • Kacang-kacangan nuts
  • Alpukat
  • Cokelat hitam
  • Minyak biji bunga matahari

Catatan dari SehatQ

Ceramide adalah golongan asam lemak yang turut menyusun lapisan kulit. Penggunaan produk perawatan yang mengandung golongan asam lemak ini berpotensi untuk menjaga kelembapan dan mengurangi iritasi kulit. Bahkan, bagi penderita eksim dan psoriasis juga boleh jadi mendapatkan manfaat ceramide tersebut.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar apa itu ceramide pada produk skincare, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play. Gratis!
kulit dan kecantikanproduk kecantikanpencerah kulitperawatan kulitperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/ceramide
Diakses pada 30 Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/healthy-fats-guidelines
Diakses pada 30 Maret 2020
Karger. https://www.karger.com/Article/Pdf/464337
Diakses pada 30 Maret 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/ceramides
Diakses pada 5 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait