logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Centella Asiatica (Daun Pegagan) untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

open-summary

Centella asiatica atau daun pegagan lebih banyak dikenal sebagai salah satu kandungan alami dalam produk skincare. Manfaat centella asiatica untuk kulit memang tak perlu diragukan lagi, yakni mampu menghidrasi kulit, mengurangi jerawat, menyembuhkan luka, hingga menyamarkan stretch mark.


close-summary

25 Mar 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Manfaat centella asiatica untuk kulit

Daun pegagan atau centella asiatica dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit

Table of Content

  • Apa itu daun pegagan (centella asiatica)?
  • Apa manfaat centella asiatica untuk kulit?
  • Adakah efek samping penggunaan centella (cica)?

Centella asiatica lebih banyak dikenal sebagai salah satu kandungan alami dalam produk skincare. Sejumlah brand  bahkan melabelinya dengan nama “cica”. Kandungan ini diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kulit. Apa saja manfaat centella asiatica?

Advertisement

Apa itu daun pegagan (centella asiatica)?

Centella asiatica adalah daun hijau berbentuk kipas. Di Indonesia, centella asiatica dikenal dengan nama daun pegagan. Tanaman satu ini juga memiliki nama lain Gotu kola.

Daun pegagan banyak pula ditemukan di Tiongkok, Jepang, India, Australia, hingga Amerika Serikat sebagai pengobatan alami. 

Manfaat daun pegagan sebagai pengobatan tradisional disebut baik untuk kesehatan, termasuk mengatasi stres dan kecemasan, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya ingat, mengobati insomnia, mengatasi penyakit Alzheimer, hingga meredakan masalah kulit. 

Berbagai manfaat cica berasal dari berbagai kandungan zat, seperti antimikroba, antidiabetes, anti peradangan, dan antidepresan. 

Anda bisa memperoleh manfaat cica dalam bentuk suplemen, kapsul, bubuk, obat topikal, hingga sejumlah produk perawatan kulit.

Walaupun cenderung aman dikonsumsi sebagai salah satu obat herbal, para ahli dari University of Maryland Medical Center mengingatkan agar tidak mengonsumsi daun centella lebih dari 6 minggu tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. 

Orang yang memiliki penyakit hati (liver) dan riwayat kanker kulit juga tidak disarankan mengonsumsi daun pegagan.

Apa manfaat centella asiatica untuk kulit?

Dari berbagai fungsi centella asiatica untuk kesehatan, manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit ternyata cukup melimpah. Tak ayal bila ekstrak daun centella asiatica menjadi salah satu kandungan dalam produk skincare.  

Kandungan centella asiatica diyakini mampu meredakan peradangan, merangsang produksi kolagen, dan lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai manfaat centella asiatica.

1. Menghidrasi kulit

Kandungan centella asiatica mengandung bioaktif alami, saponin triterpenoid, flavonoid, phenolic acid, steroid triterpenoid, asam amino, dan gula. 

Berbagai kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, meredakan peradangan, mempertahankan air lebih lama pada kulit, dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis di kulit.

Manfaat centella asiatica untuk wajah dalam menjaga hidrasi kulit juga dibuktikan dalam sebuah studi yang dimuat dalam Clinical, Cosmetic, and Investigation Dermatology.

Centella asiatica bisa menghidrasi kulit
Manfaat centella disebut dapat menghidrasi kulit

Studi tersebut melakukan percobaan dengan meneteskan cairan yang mengandung hyaluronic acid, gliserin, dan ekstrak daun centella pada lengan bawah 20 orang wanita selama 24 jam. 

Peneliti ingin melihat tingkat hidrasi dan jumlah air yang hilang dari kulit dengan meneteskan cairan tersebut pada satu sisi lengan, sementara sisi lengan lainnya diolesi krim plasebo.

Hasilnya, lengan yang mendapat cairan campuran ekstrak centella asiatica memperlihatkan lebih banyak hidrasi dan mampu mempertahankan air lebih lama pada kulit secara signifikan dibandingkan penggunaan krim plasebo. 

Akan tetapi, belum dapat diketahui seberapa banyak manfaat cica dalam menghidrasi kulit. Sebab, cairan tersebut juga mengandung hyaluronic acid dan gliserin yang juga dapat membuat kulit lembap. 

Maka dari itu, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat centella asiatica dalam menghidrasi kulit. 

2. Mengurangi jerawat

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry melaporkan manfaat centella asiatica untuk jerawat. 

Para peneliti melakukan percobaan menggunakan madecassoside, yakni salah satu komponen molekul yang terdapat di dalam centella, ke sel kulit manusia yang diberi rangsangan bakteri penyebab jerawat

Hasilnya, ditemukan bahwa madecassoside mampu menenangkan kulit dengan cara mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah jerawat sekaligus melembapkan kulit. 

3. Mengurangi peradangan akibat penyakit kulit

Berdasarkan uji coba pada hewan tikus, manfaat centella asiatica disebut dapat mengurangi peradangan akibat penyakit kulit, seperti dermatitis atopik

Akan tetapi, studi yang dimuat dalam International Journal of Molecular Sciences ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. 

4. Memperlambat tanda penuaan

Sejumlah penelitian yang ada, menyebutkan fungsi centella asiatica untuk memperlambat tanda penuaan kulit. Hal ini tak terlepas dari kemampuannya dalam meningkatkan produksi kolagen. 

Berkat stimulasi produksi kolagen ini, elastisitas kulit dapat meningkat serta mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk keriput dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet. 

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Experimental Dermatology, peneliti melakukan percobaan pada 20 orang partisipan yang mengalami tanda-tanda penuan dini pada kulit.

Tanda penuaan bisa berkurang berkat penggunaan centella asiatica
Kandungan antioksidan pada centella disebut bisa atasi penuaan

Mereka mengoleskan krim yang mengandung ascorbic acid (golongan vitamin C) dan madecassoside pada wajah, salah satu sisi lengan, serta sebagian area kulit leher dan dada tiap 2 kali sehari. Semntara, krim plasebo digunakan untuk mengolesi sebagian area kulit leher, dada, dan lengan. 

Setelah penggunaan selama 6 bulan berturut-turut, ditemukan adanya perubahan signifikan dalam mengurangi kerutan, membuat kulit lebih halus, dan meningkatkan hidrasi kulit.

Studi kecil lain yang dipublikasikan dalam International Journal of Cosmetic Science juga membuktikan manfaat cica untuk mengurangi garis-garis halus di sekitar mata. 

Tak hanya itu, manfaat centella asiatica juga berasal dari kandungan antioksidan, seperti flavonoid dan phenolic acid

Fungsi antioksidan untuk kulit dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini.

5. Menyembuhkan luka

Daun pegagan mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. 

Senyawa ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Lower Extremity Wounds menemukan, luka pada tikus yang diobati dengan ekstrak daun pegagan dapat sembuh lebih cepat dibandingkan dengan luka yang tidak diobati.

Ekstrak tanaman ini juga terbukti dapat membantu menyembuhkan luka akibat benda tajam, luka robek, dan luka infeksi. 

Selain itu, penelitian lain yang diterbitkan di Minerva Chirurgica melaporkan bukti bahwa centella asiatica mampu mengurangi jaringan parut bekas operasi setelah diberikan dalam bentuk dosis oral. 

Bahkan, penelitian lain juga menyebutkan manfaat cica adalah membantu menyembuhkan luka bakar dan menurunkan risiko infeksi setelah diberikan dalam bentuk topikal (salep).

6. Mengurangi stretch mark

Penelitian dalam Advances in Dermatology and Allergology menyebutkan manfaat centella asiatica untuk mengurangi tampilan stretch mark. 

Kandungan triterpenoid di dalam daun pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. 

Dengan demikian, tak hanya menyamarkan stretch mark yang telah ada, melainkan juga mencegah terbentuknya stretch mark baru.

Manfaat centella asiatica dalam mengurangi stretch mark
Centella asiatica disebut bisa menyamarkan stretch mark

Anda bisa menggunakan berbagai krim oles yang mengandung ekstrak daun centella pada area kulit yang memiliki stretch mark. 

Namun, usahakan untuk melakukan tes kulit terlebih dahulu guna menghindari reaksi negatif yang mungkin muncul.

Caranya, dengan mengoleskan krim ke lengan bawah Anda dan mendiamkannya selama 24 jam.

Jika area kulit yang dioles tidak mengalami iritasi atau peradangan, krim ini aman untuk digunakan pada area kulit lainnya.

Adakah efek samping penggunaan centella (cica)?

Pada dasarnya, efek samping penggunaan centella asiatica untuk kulit sangat jarang terjadi.

Akan tetapi, sebagian orang mungkin saja mengalami efek samping tertentu, seperti kulit gatal, kulit memerah, dan iritasi.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu melakukan tes kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan centella asiatica sebagai bahan utamanya. 

Oleskan tabir surya atau sunscreen setelah menggunakan produk skincare mengandung centella karena kandungan ini dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya perlu berhati-hati sebelum menggunakan ekstrak daun centella. Sebab, belum banyak hasil studi yang menunjukkan keamanan penggunaan daun pegagan pada bumil dan busui. 

Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan mengoleskan produk skincare mengandung centella. 

Baca Juga

  • Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah dan Cara Membuatnya
  • 7 Cara Memilih Facial Wash untuk Kulit Kering dan Pilihan Kandungan yang Tepat
  • Freckles: Penyakit Kulit yang Menjadi Tren Makeup

Jika Anda punya keluhan setelah menggunakan ekstrak daun pegagan, segera hentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter. 

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan kulitkesehatan kulitproduk kecantikankulit dan kecantikanperawatan wajah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved