Centella Asiatica, Kandungan Populer Dalam Skincare Korea, Apa Saja Manfaatnya?

Centella asiatica atau daun pegagan sebenarnya banyak ditemukan di Indonesia
Daun pegagan atau Centella asiatica dikenal sangat bermanfaat untuk merawat kulit

Hingga saat ini, kiblat skin care Korea masih memberi pengaruh besar bagi seluruh dunia. Salah satu momentumnya ketika banyak brand Korea yang merilis skincare dengan kandungan Centella asiatica, utamanya bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. 

Di Indonesia, Centella asiatica dikenal juga dengan nama daun pegagan. Ya, daun yang mudah ditemukan di halaman depan rumah dan selama ini terkenal berkat khasiatnya mengatasi penyakit kulit.

Daun pegagan dengan bentuk seperti hati ini banyak ditemukan di Indonesia, Tiongkok, Jepang, India, Australia, dan Amerika Serikat. Ketika digunakan sebagai kandungan dalam skincare, biasanya produk Korea diberi label “cica” untuk menunjukkan adanya Centella asiatica di dalamnya.

Manfaat Centella asiatica

Tentu bukan tanpa alasan Centella asiatica dipilih sebagai bahan utama skincare. Daun pegagan ini dikenal bisa meredakan peradangan, memberi stimulus produksi kolagen, dan banyak lagi manfaat untuk kulit.

Lebih detailnya, berikut ini manfaat Centella asiatica untuk kulit:

1. Melawan penuaan

Di dalam Centella asiatica, ada kandungan flavonoid dan madecassoside yang merupakan antioksidan. Artinya, keduanya bermanfaat untuk menetralisir kerusakan akibat zat radikal bebas, seperti dari paparan matahari dan polusi udara.

2. Stimulus kolagen

Tak hanya itu, Centella asiatica juga bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah dan pembentukan kolagen. Lebih jauh lagi, daun pegagan dalam skincare bisa menjaga kulit dari penuaan. Berkat stimulasi produksi kolagen ini, elastisitas kulit meningkat serta tanda-tanda penuaan seperti keriput bisa dikurangi. 

3. Menjaga kelembapan

Kandungan asam amino, beta-karoten, dan fitokimia dalam Centella asiatica juga memberikan asupan nutrisi melimpah bagi kulit. Terlebih, asam amino adalah bahan yang bisa menghidrasi kulit untuk meredakan kulit kasar atau mengalami iritasi.

4. Melembutkan kulit

Kandungan saponins dalam Centella asiatica bisa menyembuhkan dan melembapkan kulit. Centella asiatica ideal untuk kulit sensitif terutama yang sering mengalami gatal, iritasi, hingga kemerahan. Bahkan jika digunakan secara berkala, Centella asiatica dapat mengurangi indikasi kulit sensitif secara signifikan.

5. Menyamarkan luka

Sama seperti manfaat daun pegagan selama ini, Centella asiatica dalam skincare juga bisa menyamarkan luka akibat masalah kulit seperti eksim, psoriasis, hingga selulit. Tak hanya itu, tentu bagi kulit berjerawat Centella asiatica bisa mencegah munculnya bekas jerawat. 

Kandungan madecassoside dalam Centella asiatica yang kaya antioksidan juga punya khasiat yang sama. Berkat substansi ini, kulit menjadi lebih kuat dan sirkulasi darah di sekitarnya pun kian lancar.

Bagaimana mendapatkannya?

Sekarang ada begitu banyak produk skincare yang mengandung Centella asiatica sebagai substansi utamanya. Biasanya, produk-produk perawatan kulit ini memang ditujukan untuk kulit yang sensitif.

Jika ingin mencoba skincare dengan kandungan Centella asiatica, baca terlebih dahulu ulasan dari orang yang sudah menggunakannya. Selain itu, ingat pula bahwa reaksi kulit setiap orang terhadap skincare bisa berbeda, maka jangan langsung menelan mentah-mentah dan menganggap reaksinya pasti sama.

Perlu dipertimbangkan juga bahwa ada orang yang mengalami alergi atau dermatitis setelah menggunakan produk dengan substansi Centella asiatica. Meski demikian, angka kejadian semacam ini masih sangat sedikit.

Aplikasikan pula tabir surya setelah menggunakan produk skincare dengan kandungan Centella asiatica, mengingat substansinya bisa meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari.

Jadi, apabila Anda ingin mencoba skincare dengan kandungan Centella asiatica, coba terlebih dahulu aplikasikan di lengan bagian dalam untuk tahu apakah ada reaksi alergi. Jika tidak, maka bisa dicoba di wajah.

Namun jika masih ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dermatologis yang tahu betul kondisi kulit Anda.

Self. https://www.self.com/story/centella-asiatica-sensitive-skin
Diakses 15 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3834700/
Diakses 15 Maret 2020

Forbes. https://forbes.com/sites/melaniehaiken/2014/05/17/latest-anti-aging-skin-breakthrough-an-ancient-herb/#47e7441537f9
Diakses 15 Maret 2020

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-gotu-kola-89566
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait