Cemilan untuk Ibu Menyusui Ini Perlu Ada di Menu Harian Bunda

(0)
13 Aug 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu camilan sehat untuk ibu menyusui adlah kacang almondKacang almond termasuk camilan sehat untuk ibu menyusui
Menyusui dan mengurus Si Kecil dapat menguras tenaga sang ibu. Namun supaya ASI tetap dalam kualitas terbaik serta berat badan tetap ideal setelah melahirkan, para ibu baru juga mesti memperhatikan asupan makanannya, termasuk cemilan untuk ibu menyusui.Selain makanan pokok, ibu menyusui biasanya perlu asupan cemilan. Pasalnya, ibu menyusui butuh sekitar 500 kalori tambahan per hari nya. Jadi penting untuk mengetahui ragam cemilan sehat dan bernutrisi bagi ibu menyusui.

Ragam cemilan untuk ibu menyusui

Berikut adalah beberapa contoh cemilan sehat nan lezat, yang bisa dicoba oleh para ibu menyusui:
  • Almond

Kacang-kacangan, seperti kacang almond, bisa menjadi cemilan sehat selama menyusui. Pasalnya, kacang ini kaya akan protein dan kalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil maupun perkembangan serta pertumbuhan bayi.Kacang almond juga mengandung berbagai nutrisi lain. Salah satunya adalah vitamin B2 (riboflavin). Nutrisi ini hanya bisa didapat lewat makanan dan tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh.Banyak ibu menyusui memilih kacang almond sebagai cemilan untuk meningkatkan tekstur dan rasa dari ASI. Sering mengonsumsi kacang ini disebut mampu membuat tekstur ASI lebih creamy, dan rasanya lebih manis sehingga lebih disukai oleh Si Kecil.Ibu menyusui bisa mengonsumsi almond langsung dalam bentuk kacang atau dalam bentuk susu. Bila tidak suka almond, kacang-kacangan lain juga bisa menjadi pilihan cemilan untuk ibu menyusui. Misalnya, kacang kenari (walnut) dan kacang tanah.
  • Cokelat

Cokelat, seperti dark chocolate (cokelat hitam), bisa menjadi pilihan cemilan untuk ibu menyusui yang enak. Meski demikian, ingatlah untuk membatasi konsumsinya dalam jumlah wajar.Pasalnya, meski kandungan kafein dalam cokelat memang rendah, efeknya bisa saja mirip dengan konsumsi kopi bila dimakan dalam jumlah berlebihan.Sebagai saran, busui bisa memilih varian cokelat bebas kafein. Dan jika mengonsumsinya dalam bentuk minuman, cukup konsumsi 2-3 cangkir per hari.
  • Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi sajian nikmat untuk menemani makanan pokok busui. Misalnya apel, pisang, jeruk, stroberi, mangga, dan lainnya.Ibu menyusui disarankan mengonsumsi setidaknya 2 sajian buah setiap hari. Pasalnya, buah merupakan sumber vitamin maupun mineral, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan banyak lagi.Rasa manis dan segar dari buah pun sehat karena bersumber dari gula alami. Gula alami merupakan sumber energi yang sangat baik untuk tubuh.
  • Granola

Kudapan berupa granola bisa menjadi pilihan cemilan untuk ibu menyusui yang praktis sekaligus lezat. Cemilan ini terbuat dari oat yang terbuat dari gandum utuh, kaya nutrisi, seperti kalsium dan zat besi, serta dipercaya dapat mendorong produksi ASI.Selain dalam granola, biskuit laktasi atau beberapa jenis susu juga mungkin mengandung oat sehingga ibu menyusui bisa turut mencobanya.
  • Yoghurt

Ibu menyusui perlu mengonsumsi susu dan produk olahannya, setidaknya sebanyak 3 sajian per hari. Bahan pangan ini bisa menjadi sumber protein, vitamin, dan mineral, terutama kalsium dan iodium.Yoghurt dapat menjadi salah satu pilihan produk olahan susu yang mudah dan praktis untuk cemilan ibu menyusui.Ibu menyusui bisa mengonsumsi 3 kotak yoghurt berukuran 150 gram per hari. Varian yoghurt yang dipilih juga bebas, baik plain, dengan tambahan rasa, ataupun greek yoghurt. Meski demikian, lebih disarankan untuk memilih produk yang rendah lemak.
  • Kentang dan ubi jalar

Umbi-umbian, seperti kentang dan ubi jalar, bisa pula dimanfaatkan sebagai cemilan enak untuk ibu menyusui. Kedua makanan ini merupakan sumber karbohidrat kompleks dan mengandung sejumlah vitamin serta mineral penting bagi busui. Misalnya, vitamin A dan tembaga.Ibu menyusui bisa mengonsumsi 2-4 buah kentang atau ubi jalar ukuran sedang (sekitar 135 gram) per hari nya. Meski demikian, tetap konsumsi dengan cara yang sehat. Misalnya dengan direbus atau dikukus saja, dan tanpa tambahan garam atau gula berlebih.

Catatan dari SehatQ

Sekarang, Anda sudah tahu beberapa jenis cemilan untuk ibu menyusui yang sehat dan lezat. Beberapa di antaranya juga bisa dikombinasikan agar tidak cepat bosan. Misalnya, granola dengan yoghurt untuk membuat overnight oats, atau kentang kukus disiram selai kacang.Apabila masih ragu dengan jenis cemilan yang boleh dikonsumsi atau tidak, Anda bisa menanyakannya ke dokter supaya lebih pasti dan benar-benar aman. Selamat mencoba!
makanan ibu menyusuiibu menyusui
Baby Center. https://www.babycenter.com/404_are-there-any-foods-to-avoid-while-breastfeeding_8906.bc
Diakses pada 13 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/breastfeeding-diet-101
Diakses pada 13 Agustus 2020
Ministry of Health New Zealand. https://www.healthed.govt.nz/system/files/resource-files/HE1806_Eating%20for%20healthy%20breastfeeding%20women_1.pdf
Diakses pada 13 Agustus 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/foods-that-increase-breast-milk-supply-431598
Diakses pada 13 Agustus 2020
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/oats-oatmeal-and-breastfeeding-431850
Diakses pada 13 Agustus 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait