Cemas dan Depresi Bisa Menyebabkan Emotional Numbness, Begini Cara Mengatasinya


Emotional numbness adalah rasa hampa dan sulit mengekspresikan diri yang disebabkan oleh stres maupun kecemasan. Kondisi ini ditandai dengan hilangnya minat untuk beraktivitas atau melakukan hal yang menyenangkan.

0,0
13 Jul 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Emotional numbness adalah rasa hampa dan sulit mengekspresikan diri yang disebabkan oleh stres maupun kecemasanGejala emotional numbness adalah kehilangan minat melakukan hal yang menyenangkan
Setiap orang bisa mengalami mati rasa secara emosional atau biasa disebut juga emotional numbness. Kondisi ini sangat mungkin terjadi karena karena stres berat yang berkepanjangan dan tidak tertangani dengan baik. Saat seseorang mengalami kehampaan emosi, ia akan merasa tidak terhubung dengan dunia luar.Lalu, bagaimana cara menangani kondisi kehampaan secara emosi ini jika Anda atau orang terdekat mengalaminya? Simak informasinya di bawah ini.

Gejala emotional numbness

Kondisi gangguan kesehatan mental ini mungkin sedikit sulit digambarkan. Sebagian orang mengatakan bahwa emotional numbness adalah perasaan hampa dan putus asa. Adapun yang mengatakan bahwa perasaan kehampaan emosional ini seperti tidak memiliki masa depan atau harapan untuk melanjutkan hidup.Emotional numbness membuat seseorang seolah-olah membatasi diri untuk merasakan atau mengekspresikan sebuah emosi. Pada akhirnya, ia pun tidak mampu untuk menggunakan emosinya dengan tepat. Saat merasa hampa, Anda mungkin sulit merasakan kesenangan ketika beraktivitas.Selain itu, ada pula tanda lain yang akan muncul, yaitu:
  • Kehilangan minat melakukan hal-hal yang Anda rasa menyenangkan
  • Merasa jauh dari orang lain dan tidak terkoneksi dengan dunia luar
  • Sulit mengekspresikan diri dan merasa seperti orang lain
  • Merasa datar menjalani hidup, baik fisik maupun emosional
  • Hati dan pikiran terasa tidak menyatu dengan tubuh
  • Sulit merasa bahagia, senang, atau perasaan positif

Penyebab munculnya emotional numbness

Depresi dan kecemasan merupakan dua faktor paling umum yang menyebabkan perasaan hampa ini. Selain itu, tingkat stres yang tinggi juga mampu membuat seseorang mati rasa. Hormon stres dalam tubuh akan memengaruhi hormon lain sehingga membuat suasana hati Anda tidak dalam kondisi baik.Banyak orang memilih untuk memutuskan hubungan dengan dunia luar setelah mengalami kejadian buruk. Hal ini dilakukan untuk melindungi diri supaya tidak merasa sakit atau disakiti lagi.Masalahnya, Anda mungkin akan merasa lega melakukan ini dan bisa melanjutkan hidup dengan tenang. Namun, menutup akses perasaan dengan orang lain justru akan membuat Anda merasa hampa. Di samping itu, penggunaan obat-obatan antidepresan bisa menyebabkan mati rasa. Obat tersebut akan memengaruhi cara kerja otak untuk memproses suasana hati dan emosi seseorang.

Cara mengatasi emotional numbness

Cara terbaik untuk menghilangkan kehampaan emosi ini adalah mencoba keluar dan mulailah terhubung dengan orang lain. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kehampaan emosi:

1. Berkonsultasi dengan psikiater

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat merasa hampa adalah menghubungi psikiater dan berkonsultasilah. Para dokter ini akan memberikan Anda saran terbaik yang bisa dilakukan serta obat untuk meredakan kecemasan. Pengobatan yang dilakukan tentunya akan membantu Anda bisa kembali mendapatkan perasaan emosional yang sempat hilang.

2. Hubungi orang terdekat

Percayalah bahwa ada satu atau dua orang di dunia ini yang sangat peduli dan mau mendengarkan semua cerita Anda. Hubungi orang tersebut dan ceritakan segala yang Anda rasakan dan alami. Mereka mungkin tidak akan langsung memberikan solusi tentang kondisi tersebut. Namun, berbagi cerita dengan orang yang Anda sayangi dan percayai akan membuat perasaan lebih lega.

3. Beristirahat dengan cukup

Cobalah untuk tidur minimal 8 jam setiap malam. Istirahat yang cukup akan membantu meningkatkan mood seseorang keesokan harinya. Anda bisa mandi air hangat dan menjauhkan gadget dari kamar untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Berolahraga secara rutin

Berusaha tetap aktif akan menjauhkan diri Anda dari kehampaan. Mulailah keluar rumah untuk berjalan kaki atau jogging pada pagi dan sore hari. Anda pun bisa mengikuti kelas yoga atau olahraga lainnya untuk membuat tubuh sehat dan bisa lebih senang. Faktanya, olahraga bisa meningkatkan produksi endorfin yang membuat seseorang merasa lebih bahagia.

5. Kurangi kadar stres

Stres merupakan penyebab utama dari banyak gangguan kesehatan mental, termasuk salah satunya kehampaan emosi. Untuk itu, Anda perlu mulai mengatur kadar stres dalam tubuh. Mulailah mengatur pola hidup setiap hari supaya stres tidak menumpuk. Selain itu, lakukan meditasi sesaat sebelum tidur untuk memberikan ketenangan dan menurunkan kadar stres yang didapat setiap hari.

6. Atur pola makan

Untuk mendapatkan ketenangan jangka panjang, mulailah atur pola makan. Berikan tubuh Anda makanan sehat dan lezat untuk memenuhi nutrisi setiap harinya.

7. Mulai belajar mengenali emosi diri

Anda yang sudah merasakan kehampaan emosi sejak lama mungkin sulit untuk memproses emosi yang tepat. Kembali mengenali emosi yang muncul saat berhubungan dengan orang lain harus mulai dilakukan. Lalu, perlahan-lahan gunakan emosi yang tepat untuk menyatakan perasaan. Jika memang diperlukan, mintalah bantuan kepada dokter untuk melakukannya.

Catatan dari SehatQ

Kehampaan emosional ini bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan dan perasaan takut tersakiti. Janganlah merasa sendirian saat Anda merasa sulit terhubung dengan dunia luar. Mintalah bantuan kepada orang terdekat untuk berbagi cerita dan dokter spesialis supaya mendapatkan penanganan yang tepat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar emotional numbness, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
depresistresgangguan kecemasangangguan psikologis
Healthline https://www.healthline.com/health/feeling-numb
Diakses pada 19 April 2021
Very Well Mind https://www.verywellmind.com/emotional-numbing-symptoms-2797372
Diakses pada 19 April 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/320049
Diakses pada 19 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait