Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Ternyata Mudah, Ini Caranya!

Anda bisa mengakses website ataupun aplikasi BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan cek saldo.
Selain melalui aplikasi, Anda bisa cek saldo tersebut lewat website BPJS Ketenagakerjaan.

Berbeda dari BPJS Kesehatan, pada BPJS Ketenagakerjaan, iuran yang Anda maupun perusahaan bayarkan tiap bulannya, akan masuk menjadi saldo. Saldo tersebut kemudian bisa Anda cairkan, saat masa pensiun maupun ketika berhenti bekerja. Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan pun, ada beberapa pilihan cara mudah yang bisa Anda coba.

Bagi Anda yang tidak sempat datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, pengecekan saldo BPJS bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Agar tidak semakin penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

[[artikel-terkait]]

Pilihan cara untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk melihat jumlah iuran yang sudah masuk menjadi saldo BPJS Ketenagakerjaan, beberapa cara ini bisa Anda lakukan.

1. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan aplikasi

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada, BPJS Ketenagakerjaan telah meluncurkan aplikasi BPJSTKU. Aplikasi ini akan memudahkan dalam melihat semua hal yang berhubungan dengan BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis, sesuai dengan merek smartphone yang dimiliki. Setelah selesai mengunduhnya, Anda cukup membuat akun baru, atau tinggal log in, jika sebelumnya sudah pernah membuat akun BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Setelah berhasil masuk, Anda cukup meng-klik bagian kiri atas yang bertulisan “Lihat Saldo”. Setelah itu, akan keluar jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda, beserta rincian jumlah yang dibayarkan, dan tanggal pembayaran tiap bulannya.

2. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan website

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa cek saldo tersebut melalui laman website BPJS Ketenagakerjaan. Untuk melakukannya, Anda cukup masuk ke link berikut ini. Setelah itu, Anda tinggal mendaftarkan alamat email untuk membuat akun baru.

Setelah akun selesai di buat, Anda cukup log in dengan email serta sandi yang sesuai dengan akun Anda. Lalu, Anda akan masuk ke laman dashboard. Pada laman tersebut, Anda cukup klik tulisan “Lihat Saldo JHT” yang berada di bagian atas tengah laman.

Sama seperti pada aplikasi, di dalamnya akan tertera jumlah saldo yang Anda miliki. Anda dapat mengklik nama perusahaan, jika ingin melihat rincian biaya yang dibayarkan per bulannya, atas nama Anda.

3. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS

Selain dengan cara online di atas, Anda juga dapat cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS. Untuk mengecek melalui SMS, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Untuk mendaftar, Anda cukup mengetik SMS ke 2757 dengan format DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#Nomor Peserta#Email (bila ada).

Setelah mendaftar, Anda lalu bisa mengecek saldo dengan mengetik SALDO (spasi) nomor peserta dan kirim ke 2757.

Cek saldo langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, Anda bisa langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan, untuk cek saldo. Caranya pun cukup mudah. Kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari lokasi maupun tempat tinggal Anda. Setelah itu, Anda bisa bertemu dengan petugas di bagian pelayanan, dan menyampaikan permintaan informasi saldo.

Selanjutnya, petugas akan mencetak slip yang berisikan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Setelah melihat berbagai cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan di atas, Anda tentu sudah tidak perlu bingung lagi. Selain mudah, cara di atas juga tidak memakan waktu yang lama. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Banner Telemed