logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Sederet Obat Asam Urat Tradisional dan Pantangannya yang Harus Dihindari

open-summary

Pilihan obat asam urat alami yang dapat ditemukan di rumah, yaitu cuka apel, jahe, dan minyak. Potensi manfaat obat asam urat tradisional dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi.


close-summary

3.42

(171)

29 Jun 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Obat asam urat alami, seperti cuka apel dan jahe dapat mengurangi nyeri sendi.

Obat asam urat alami dapat meredakan gejala nyeri yang muncul sewaktu-waktu

Table of Content

  • Penyebab asam urat bisa terjadi
  • Pilihan obat asam urat alami
  • Pantangan makanan yang harus dihindari penderita asam urat
  • Cara mengatasi asam urat agar tidak kambuh
  • Catatan dari SehatQ

Penyakit asam urat bisa jadi mimpi buruk bagi penderitanya karena datang dengan rasa nyeri tak tertahankan. Kabar baiknya, kondisi ini dapat diatasi dengan obat asam urat alami yang ada di rumah. 

Advertisement

Cara mengatasi asam urat biasanya menggunakan pengobatan dari dokter. Namun, ada kalanya seseorang bisa menggunakan obat asam urat alami untuk meringankan gejala. Apa saja pilihannya?

Penyebab asam urat bisa terjadi

Asam urat adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ada tumpukan limbah akibat proses penguraian zat purin yang gagal.

Idealnya, asam urat dibuang dari tubuh lewat urine atau feses. Namun, kadang, jumlah asam urat yang terakumulasi justru lebih banyak.

Ketika asam urat terakumulasi, akan terbentuk kristal asam urat dengan ukuran mikro. Tidak hanya menumpuk di ginjal, asam urat dapat bermuara di persendian dalam tubuh. 

Ketika kristal tajam ini mulai masuk ke dalam lapisan lunak sendi, muncullah rasa nyeri yang tidak tertahankan. 

Asam urat bisa disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, berat badan berlebih, diabetes, alkohol, dan lainnya.

Pada kondisi yang cukup parah, penderita asam urat bisa kesulitan beraktivitas karena memicu sakit di berbagai bagian tubuh, seperti pergelangan kaki, lutut, jari kaki, dan telapak kaki.

Pilihan obat asam urat alami

Selain dengan obat-obatan asam urat di apotik, Anda dapat menambahkan bahan-bahan alami, seperti bumbu dapur di rumah serta menerapkan pola hidup yang tepat guna meredakan gejala nyeri sendi dan kekambuhan penyakit. 

Namun, perlu diingat, selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin menggunakan obat asam urat alami tertentu untuk mengobati asam urat. 

Pasalnya, yang dikhawatirkan obat asam urat tradisional tertentu belum terbukti menyembuhkan serta dapat bereaksi dengan obat asam urat di apotek yang sedang dikonsumsi. 

Berikut adalah pilihan obat asam urat alami yang bisa digunakan.

1. Cuka apel 

Salah satu obat asam urat alami yang bisa digunakan di rumah adalah cuka apel. 

Ya, tak hanya populer digunakan dalam rangkaian perawatan kulit atau skincare, manfaat cuka apel rupanya juga bisa jadi obat asam urat alami. 

Cuka apel diyakini dapat menjadi pembersih alami yang dapat membuang racun dari tubuh. Hal ini karena kandungan malic acid atau asam malat di dalamnya ampuh memecah partikel asam urat dalam tubuh.

Jadi, saat gejala asam urat kambuh, tak ada salahnya untuk membuat minuman dari segelas air yang sudah dicampurkan dengan satu sendok teh cuka apel. 

Konsumsi cuka apel untuk obat asam urat alami ini bisa dilakukan setiap hari.

2. Jahe

Obat asam urat alami berikutnya adalah jahe. Jahe merupakan tanaman herbal yang diklaim dapat meredakan nyeri akibat peradangan pada penderita asam urat. 

Sebuah studi yang dilakukan pada hewan uji mengemukakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat topikal untuk mengatasi nyeri sendi.

Obat asam urat alami yang bisa dicoba adalah jahe
Anda bisa menggunakan teh jahe sebagai obat asam urat alami

Anda bisa menggunakan jahe sebagai obat alami asam urat topikal. Caranya, dalam sebuah baskom berukuran sedang, parut jahe segar, lalu campurkan dengan air panas. 

Kemudian, rendam handuk atau kain bersih ke dalam parutan air jahe tersebut. Jika air parutan jahe sudah bersuhu suam-suam kuku, kompres area tubuh yang terasa nyeri asam urat selama kurang lebih 15-30 menit. Anda dapat melakukannya sehari sekali. 

Cara menggunakan jahe sebagai obat alami tradisional lainnya adalah membuat teh jahe. Anda bisa mencampurkan air hangat dan jahe segar, lalu nikmati seduhan air jahe ini tiga kali sehari.

3. Apel

Berikutnya, ada buah apel yang bisa menjadi obat asam urat alami. Kandungan malic acid atau asam malat, sama seperti cuka apel, membuatnya ampuh mengatasi asam urat. 

Sebelum mengonsumsi apel, bersihkan kulitnya dengan benar karena bisa saja masih ada pestisida yang menempel.

4. Air lemon

Minum air lemon dapat dijadikan sebagai obat asam urat alami
Minum air lemon setiap hari sebagai obat alami asam urat

Air lemon juga dapat dijadikan sebagai obat alami asam urat. Ini karena air lemon diyakini dapat membantu membuang tumpukan limbah asam urat. 

Lemon mengandung citric acid yang secara perlahan dapat menghilangkan asam urat. Kandungan vitamin C di dalamnya juga berpotensi membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Untuk mengonsumsi air lemon sebagai obat asam urat tradisional, Anda bisa menambahkan irisan lemon ke dalam segelas air, seperti saat Anda membuat infused water

Cara mengatasi asam urat dengan air lemon ini dapat dikonsumsi setiap hari.

5. Teh hijau

Konsumsi teh hijau setiap hari juga bisa menjadi obat asam urat alami. Kandungan di dalamnya dapat membantu mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh. Langkah ini juga bisa dilakukan apabila Anda ingin mencegah kekambuhan asam urat.

6. Soda kue

Manfaat baking soda dapat digunakan sebagai obat asam urat alami
Campurkan baking soda dan segelas air sebagai obat tradisional asam urat

Banyak memiliki manfaat, ternyata soda kue juga baik untuk menjaga kandungan alkaline alami dalam tubuh. Artinya, penumpukan asam urat bisa lebih mudah dibuang lewat ginjal.

Untuk mengonsumsi soda kue sebagai obat asam urat tradisional, Anda bisa menambahkan 1 ½ sendok teh soda kue ke dalam segelas air. Lalu, minumlah empat gelas per hari dalam rentang waktu 2 minggu. 

Cara ini tergolong aman bagi penderita asam urat. Namun, tidak disarankan bagi penderita darah tinggi atau orang yang sudah berusia di atas 60 tahun.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat dijadikan sebagai obat asam urat alami
Minyak zaitun bisa meredakan peradangan akibat asam urat

Minyak zaitun yang ada di dapur Anda juga bisa menjadi obat asam urat alami. Kandungannya kaya akan vitamin E dan antioksidan yang bisa meredakan peradangan. Tak hanya itu, manfaat vitamin E juga sangat vital perannya dalam mengendalikan kadar asam urat.

8. Buah-buahan beri

Sejak lama buah-buahan beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. 

Sebuah penelitian dari University of Maryland menemukan bahwa buah-buahan berry adalah pilihan tepat sebagai pengobatan asam urat secara tradisional.

Kandungan anthocyanins di dalamnya dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan kambuhanya asam urat.

9. Biji seledri

Sebagai obat asam urat alami, ekstrak dan biji seledri bisa menjadi pilihan. Hal ini karena seledri dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan. 

Akan tetapi, biji seledri sebagai salah satu jenis obat alami asam urat masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. 

10. Teh jelatang

Obat asam urat tradisional yang bisa menjadi pilihan adalah teh jelatang.

Teh jelatang berasal dari tanaman jelatang (Urtiora dioca). Jenis tanaman herbal untuk asam urat ini diyakini mampu mengurangi peradangan dan rasa nyeri akibat asam urat. 

Anda bisa mengonsumsi teh jelatang sebagai obat tradisional asam urat dengan cara merebus 1-2 sendok teh jelatang. Lalu, minum teh jelatang ini 3 gelas per hari. 

Namun, manfaat teh jelatang sebagai obat alami asam urat masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. 

11. Kembang sepatu

Manfaat kembang sepatu salah satunya sebagai obat asam urat alami
Kembang sepatu dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat

Manfaat kembang sepatu ternyata dapat dijadikan sebagai obat tradisional asam urat. 

Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa bunga kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat. 

Namun, penelitian ini masih dilakukan pada hewan uji sehingga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kemanjurannya pada manusia. 

12. Bunga dandelion

Teh, ekstrak, atau suplemen bunga dandelion diyakini dapat menjadi obat tradisional asam urat.

Hasil studi yang dilakukan mengemukakan bahwa bunga dandelion dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat pada penderita yang berisiko mengalami sakit ginjal. 

Akan tetapi, obat asam tradisional ini belum dapat dibuktikan kemanjurannya pada manusia. Sebab, hasil penelitian yang ada masih terbatas pada hewan uji. 

13. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium diketahui dapat membantu meredakan asam urat dan memastikan jaringan serta organ tubuh berfungsi dengan baik.

Meski begitu, pisang juga memiliki kandungan fruktosa yang bisa memicu asam urat. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi pisang secara berlebihan.

14. Garam epsom

Garam epsom seringkali digunakan untuk mencegah serangan asam urat. Kemampuan tersebut tak lepas dari kandungan magnesium yang ada di dalamnya. Untuk meredakan gejala asam urat, campurkan 1 hingga 2 cangkir garam epsom ke dalam bak mandi, lalu berendam di dalamnya.

15. Kopi

Kopi disebut dapat menurunkan kadar asam urat. Menurut penelitian yang dirilis pada tahun 2016, orang yang sering minum kopi cenderung tidak menderita asam urat. Meski begitu, temuan tersebut tidak bisa dijadikan patokan bahwa konsumsi kopi bisa menurunkan risiko terkena asam urat.

Pantangan makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Beberapa makanan favorit Anda mungkin mengandung purin tinggi sehingga memicu asam urat. Untuk mengurangi terkena atau kambuhnya asam urat, Anda disarankan untuk menghindarinya.

Obat asam urat alami lainnya adalah dengan hindari makan jeroan
Jeroan adalah makanan tinggi purin yang bisa sebabkan asam urat

Sejumlah makanan yang tinggi akan kandungan purin, di antaranya:

  • Jeroan seperti hati dan ginjal
  • Minuman beralkohol seperti bir, vodka, dan whiski
  • Makanan laut khususnya udang, lobster, dan sarden
  • Daging merah seperti sapi, kambing, domba, dan babi
  • Makanan dengan kandungan gula tinggi seperti jus, soda, es krim, permen, dan fast food 

Cara mengatasi asam urat agar tidak kambuh

Selain mencoba berbagai obat asam urat tradisional di atas, penting pula untuk bijak dan disiplin menerapkan pola hidup sehat. Misalnya, dengan: 

  •  Makanan berserat

Selanjutnya, ada makanan berserat yang dapat diterapkan untuk membantu mengurangi asam urat. 

Makanan serat tinggi bisa menyerap asam urat dari aliran darah, kemudian membuang kelebihan limbahnya lewat pencernaan dan ginjal.

Makanan serat tinggi di antaranya oat, timun, wortel, brokoli, atau buah pir yang bisa Anda masukkan dalam daftar menu sehari-hari.

  • Makan makanan yang mengandung kalium 

Kandungan kalium atau potasium juga ampuh menjadi obat untuk menurunkan kadar asam urat. 

Anda bisa menemukan makanan mengandung kalium pada buah-buahan, seperti alpukat, kiwi, pisang, mangga, tomat, wortel, dan juga kentang.

Kandungan potasium dapat menetralisir asam urat dalam tubuh. Terlebih, konsumsi makanan atau buah kaya akan potasium juga tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

  • Minum air putih 

Rutin minum air putih bisa menjadi obat asam urat alami
Banyak minum air putih bisa meredakan gejala asam urat

Cara termudah yang bisa Anda lakukan sebagai obat asam urat alami adalah banyak mengonsumsi air putih.

Cara meringankan gejala asam urat ini ampuh dilakukan dengan menyaring asam urat sehingga ginjal dapat membuang kelebihan asam urat lewat urine.

Bahkan, penelitian dari American College of Rheumatology menyebut orang-orang yang setiap harinya mengonsumsi 5-8 gelas air putih berisiko lebih rendah mengalami asam urat.

Baca Juga

  • 8 Manfaat Timun untuk Kesehatan, Tidak Hanya Menyegarkan Tubuh
  • 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet yang Menyiksa
  • Ini Rahasia Selai Kacang untuk Diet Turunkan Berat Badan

Catatan dari SehatQ

Untuk mendukung pengobatan dari dokter, Anda bisa juga menambahkan beberapa obat asam urat tradisonal untuk meredakan gejala kekambuhan penyakit. 

Namun, pastikan terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran medis yang tepat sebelum menggunakan obat alami asam urat guna menghindari reaksi alergi atau efek samping yang mungkin ditimbulkan.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter seputar obat asam urat alami di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips dietmakanan sehatnyeri sendiasam uratradang sendi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved