Cegah Penyakit Anoreksia dengan Memiliki Citra Tubuh yang Positif

Mencintai Tubuh Sendiri untuk Cegah Penyakit Anoreksia
Penyakit anoreksia nervosa berkaitan dengan keinginan untuk kurus meski bobot tubuh sudah di bawah normal

Anda tentunya pernah mendengar kasus-kasus mengenai model yang ingin kurus dan takut mengalami kenaikan berat badan. Model-model tersebut sampai melakukan hal yang ekstrem demi bisa kurus dan akhirnya mengalami penyakit anoreksia.

Penyakit anoreksia atau yang secara umum dikenal dengan anorexia nervosa membuat penderitanya memiliki ketakutan berlebih akan kenaikan berat badan, meskipun berat badan yang dimiliki sudah di bawah normal (underweight).

Dalam penelitian yang dilakukan di Spanyol pada tahun 2017 mengenai gangguan makan dan keberhargaan diri (self-esteem), menemukan bahwa individu dengan keberhargaan diri yang rendah lebih mungkin untuk mengalami gangguan makan.

Mencintai Tubuh Sendiri untuk Cegah Penyakit Anoreksia

Pencegahan dan penanganan penyakit anoreksia dapat dilakukan dengan meningkatkan keberhargaan diri.

1. Menyadari Kelebihan Anda

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dalam dirinya, entah itu memasak, menyanyi, dan sebagainya. Penderita anoreksia tidak perlu memikirkan tubuh mereka secara berlebihan tetapi fokuslah pada kelebihan-kelebihan yang dimiliki.

2. Membangun Hubungan yang Positif

Bangunlah hubungan dengan orang-orang yang dapat memberikan dampak positif serta menerima Anda apa adanya. Kurangi berkomunikasi dengan orang-orang yang menjatuhkan Anda.

Penderita anoreksia tidak perlu mengisolasi dirinya dan justru perlu untuk memiliki komunitas yang baik.

3. Berhenti Mengkritik Diri Anda

Jika Anda mulai mengkritik diri secara berlebihan, ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna dan pemikiran-pemikiran negatif yang muncul hanyalah sebuah pemikiran dan belum tentu fakta.

Pemikiran negatif mengenai diri sendiri yang belum tentu benar dan diulang-ulang dalam pikiran dapat membuat Anda mulai memercayai hal tersebut.

Oleh karenanya, penting bagi penderita anoreksia untuk segera menyadari bahwa pemikiran negatif yang dipikirkan mengenai tubuhnya belum tentu benar.

4. Menjadi Tegas

Belajar untuk menjadi tegas berarti menghargai opini dan pendapat orang lain maupun diri sendiri. Anda harus menunjukkan diri Anda yang sebenarnya dan tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain.

Penderita anoreksia tidak perlu mengikuti tekanan dari teman-temannya dan perlu untuk menghargai opini dan pendapat dari dirinya sendiri. Belajar mengatakan “tidak” saat Anda tidak menginginkannya juga salah satu cara menjadi tegas.

5. Hadapi Tantangan

Mencari dan menghadapi tantangan-tantangan baru dapat meningkatkan keberhargaan diri Anda. Membuat tujuan-tujuan yang ingin dicapai dapat membantu Anda untuk mengetahui tantangan-tantangan apa yang ingin dicapai.

Selain itu, hal ini dapat memberikan penderita anoreksia fokus yang berbeda selain dari tubuhnya.

6. Berhenti Membandingkan Diri Anda

Penerimaan diri sendiri juga harus diimbangi dengan aksi untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Perbandingan diri dengan orang lain hanya akan membuat Anda mengkritik diri dan menjadi stres serta cemas.

Media sering mengelu-elukan orang yang kurus dan menjadikan “kurus” sebagai sesuatu yang harus dicapai semua wanita. Padahal, penderita anoreksia perlu mencintai dirinya dan berhenti membandingkan dirinya dengan persepsi dari media yang salah.

Keberhargaan diri tidak mudah untuk ditingkatkan dan membutuhkan proses yang cukup lama. Bagi penderita anoreksia, Anda tidak perlu malu untuk menceritakan masalah yang dihadapi ataupun berkonsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan mental.

Healthline. https://www.healthline.com/health/anorexia-nervosa#diagnosis
Diakses pada 09 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anorexia-nervosa/symptoms-causes/syc-20353591
Diakses pada 09 April 2019

Mora, F., Rojo, S.F., Banzo, C., & Quintero, J. (2017). The impact of self-esteem on eating disorder. European Psychiatry, 41. doi: https://doi.org/10.1016/j.eurpsy.2017.01.802

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/raising-low-self-esteem/
Diakses pada 09 April 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/nurturing-self-compassion/201703/8-steps-improving-your-self-esteem
Diakses pada 09 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed