Cegah Penurunan Fungsi Otak dengan 5 Cara Mudah Ini

Jangan berhenti mengasah otak untuk mencegah penurunan fungsi otak
Penurunan fungsi otak dapat dicegah dengan permainan sederhana

Sudah bukan rahasia umum bahwa seiring pertambahan usia, fungsi otak juga akan mengalami penurunan. Tanda-tandanya bisa berupa mudah lupa atau sulit mengingat hal-hal yang sebenarnya sederhana.

Penurunan fungsi pada otak tersebut bahkan bisa muncul pada segala usia, dan bukan pada orang-orang yang memasuki usia lanjut saja. Lantas, adakah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya.

1. Jangan berhenti mengasah otak

Tidak ada batasan usia bagi manusia untuk belajar. Meski tidak lagi di bangku sekolah, Anda disarankan untuk terus mengasah otak sehingga tetap berfungsi dengan baik seiring bertambahnya usia.

Caranya juga tidak harus rumit. Misalnya, Anda hobi membaca buku, teruslah melakukannya. Anda juga bisa mencoba belajar hal baru (seperti bahasa asing) atau memainkan game asah otak (seperti teka-teki silang maupun scrable). Hal ini dapat membantu menjaga daya ingat dengan membiasakan seseorang untuk tetap aktif.

2. Berolahraga secara teratur

Untuk menjaga fungsi otak dengan baik, Anda perlu lebih aktif secara fisik sejak usia muda. Ini bukan berarti Anda harus melakukan olahraga berat setiap hari. Anda bisa mencoba aktivitas sederhana, seperti berjalan kaki, jogging, atau berenang.

Namun ingatlah untuk melakukannya selama 30 menit setiap hari. Dengan ini, manfaat olahraga bisa Anda peroleh.

Aktivitas fisik, seperti olahraga, dikatakan mampu merangsang pelepasan protein brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini kemudian dapat memicu perkembangan sel-sel otak yang baru, yang berujung pada peningkatan memori.

3. Memperbaiki kualitas dan kuantitas istirahat

Meskipun Anda disarankan untuk berolahraga dan mengasah otak, bukan berarti Anda boleh mengabaikan waktu istirahat. Otak yang terus bekerja akan mengalami kelelahan jika tidak diistirahatkan.

Untuk itu, pastikan Anda memiliki waktu tidur nyenyak selama 7-8 jam setiap hari.  Bila tidur Anda kurang nyenyak, fungsi mental dan otak juga akan turut terganggu. Anda akan sulit berkonsentrasi.

4. Konsumsi makanan sehat

Sama halnya ketika Anda ingin menjaga tubuh tetap fit, makanan sehat juga dibutuhkan  untuk mempertahankan fungsi otak. Bagaimana caranya?

Anda bisa melengkapi menu makan dengan beragam nutrisi. Mulai dari asam lemak omega-3, vitamin, serta antioksidan yang mampu menjaga kesehatan otak.

Anda bisa mengkombinasikan beragam bahan makanan ke dalam menu. Misalnya, buah beri dan brokoli yang kaya antioksidan, ikan salmon sebagai sumber omega-3, kacang-kacangan yang mengandung vitamin E, brokoli untuk sumber serat makanan, dan banyak lagi. Yang penting, menu makan Anda sehat dan seimbang.

5. Tenangkan hati dan pikiran

Perlu diketahui bahwa penurunan fungsi otak dapat pula dipengaruhi oleh stres atau beban pikiran yang terlalu berat. Saat tertekan, tubuh akan melepas hormon kortisol yang dapat membuat Anda kesulitan untuk mengingat.

Bila merasa stres mengincar Anda, cobalah untuk menenangkan hati dan pikiran dengan teknik relaksasi. Yoga, taichi, dan meditasi termasuk contohnya.

Mencegah penurunan fungsi otak perlu dilakukan sejak dini. Semoga panduan di atas, Anda niscaya bisa mempertahankan kesehatan otak agar tetap optimal meski usia terus bertambah. Semoga bermanfaat!

Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/12-ways-to-keep-your-brain-young
Diakses pada 30 April 2019

WebMD https://www.webmd.com/healthy-aging/guide/9-brain-boosters-to-prevent-memory-loss#1
Diakses pada 30 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed