Cegah Penuaan Kulit, Yuk Konsumsi Kacang dan Buah yang Mengandung Vitamin E


Vitamin E dengan kandungan antioksidan berperan memperkuat sistem imun hingga melindungi kulit. Ada jenis kacang-kacangan dan buah yang mengandung vitamin E bisa menjadi sumber alaminya

(0)
18 Jan 2021|Azelia Trifiana
Berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin EMengonsumsi kacang-kacangan akan membuat kebutuhan vitamin E Anda terpenuhi
Tubuh memerlukan vitamin E dengan kandungan antioksidan untuk memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan pembuluh darah, hingga melindungi kulit. Beberapa jenis kacang-kacangan dan buah yang mengandung vitamin E bisa menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan harian.Lebih jauh lagi, vitamin jenis ini juga melindungi tubuh dari paparan zat radikal bebas pemicu stres oksidatif. Mengingat jenis vitamin ini larut dalam lemak, sebaiknya konsumsi beriringan dengan lemak untuk memaksimalkan penyerapan.

Kebutuhan vitamin E tubuh

Bergantung pada usianya, berikut kebutuhan vitamin E berdasarkan usia:
  • 0-6 bulan: 4 mg
  • 7-12 bulan: 5 mg
  • 1-3 tahun: 6 mg
  • 4-8 tahun: 7 mg
  • 9-13 tahun: 11 mg
  • Di atas 14 tahun: 15 mg
  • Ibu menyusui: 19 mg
Memastikan tubuh mendapat cukup asupan vitamin E dapat mengurangi risiko menderita berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, hingga penurunan fungsi kognitif.

Makanan yang mengandung vitamin E

Beberapa jenis makanan dan buah yang mengandung vitamin E di antaranya:

1. Biji bunga matahari

kuaci
Sunflower seed bisa menjadi pilihan camilan sehat yang kaya vitamin E. Selain dimakan langsung, juga bisa dijadikan taburan yogurt, oatmeal, atau salad. Dalam 100 gram sajian biji bunga matahari, terdapat 35,17 miligram vitamin E.Selain itu, biji ini juga mengandung 8,6 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan. Protein di dalamnya juga sekitar 20,78 gram.

2. Kacang almond

Dalam tiap 100 gram sajian kacang almond, terdapat 25,63 miligram vitamin E. Kacang ini bisa dikonsumsi langsung, ditambahkan dalam sereal, atau dikonsumsi dalam bentuk susu.Selain vitamin, almond juga mengandung 21,15 gram protein, 12,5 gram serat, 733 miligram potasium, dan 270 miligram magnesium.

3. Kacang

Dalam 100 gram kacang, terdapat 4,93 mg vitamin E. Selain itu, juga terdapat 643 mg kalium, 24 gram protein, dan 14 mg niacin di dalamnya. Apabila membeli kacang dalam kemasan, pastikan memilih yang tidak mengandung tambahan perasa atau garam.

4. Kacang pinus

Jenis kacang lain seperti pine nut juga mengandung vitamin E, meski tidak setinggi kacang almond. Dalam 2 sendok makan kacang pinus, terdapat sekitar 3 miligram vitamin E. Biasanya, kacang jenis ini ditambahkan dalam selai, pesto, dan sajian lainnya.

5. Selai kacang

Olahan selai kacang alami juga mengandung vitamin cukup tinggi. Dua sendok makannya sudah memenuhi 18% kebutuhan harian. Ingat untuk memilih produk yang tidak diberi tambahan gula atau pengawet. Alternatifnya, ada banyak cara membuat sendiri selai kacang dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

6. Pistachio

Jenis kacang berupa pistachio juga mengandung 0,8 mg vitamin E dalam tiap 1 ons sajiannya. Ini sudah memenuhi 5% kebutuhan harian orang dewasa. Di dalamnya juga terdapat asam lemak tak jenuh serta potasium yang menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Kiwi

Buah kiwi termasuk salah satu yang kaya vitamin E. Dalam satu cangkirnya, terdapat 2,6 mg vitamin E setara dengan 18% kebutuhan harian orang dewasa. Fungsi vitamin E dalam buah kiwi bisa mencegah kulit mengalami penuaan hingga kanker kulit. Tak hanya itu, mengonsumsinya secara rutin juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

8. Alpukat

alpukat
Buah dengan kandungan lemak baik ini mengandung banyak sekali nutrisi. Dalam 100 gram alpukat, terdapat 2,07 mg vitamin E. Tak hanya itu, buah rendah gula ini juga mengandung 10 mg vitamin C. Bahkan, kadar kalium atau potasium dalam alpukat lebih banyak ketimbang pisang.

9. Mangga

Buah mangga juga termasuk yang mengandung vitamin E, sekitar 1,5 mg atau 10% dari kebutuhan harian. Tak hanya itu, di dalamnya juga terdapat vitamin A, vitamin C, potasium, dan juga serat. Buah dengan rasa manis dan segar ini bisa dikonsumsi langsung, dimakan bersama salad, atau diolah menjadi jus.Sangat penting memastikan tubuh mendapat asupan vitamin E cukup setiap harinya, akan terhindar dari penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan lainnya. Namun, menurut riset akan jauh lebih baik mendapatkan vitamin E dari makanan, bukan dari suplemen.

Selain kacang-kacangan dan buah dalam daftar di atas, beberapa jenis minyak seperti grapeseed oil juga kaya vitamin E.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara mencukupi kebutuhan vitamin yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitmakanan sehathidup sehat
WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-vitamin-e#1
Diakses pada 3 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324308
Diakses pada 3 Januari 2021
My Food Data. https://www.myfooddata.com/articles/vitamin-e-foods.php
Diakses pada 3 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-e#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 3 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait