Cegah Cedera dengan Melakukan Latihan Kelenturan Tubuh

Memiliki otot tubuh yang lentur akan membantu Anda melakukan berbagai gerakan senam lantai seperti kayang
Melakukan sikap kayang membutuhkan kelenturan tubuh yang baik

Saat duduk di sekolah dasar, Anda mungkin pernah diminta melakukan senam lantai. Sikap lilin, roll depan, roll belakang, salto, dan masih banyak gerakan-gerakan yang menuntut kelenturan tubuh. 

Tidak semua orang memiliki tubuh yang lentur. Namun memiliki kelenturan tubuh akan membantu Anda mencegah cedera saat beraktivitas serta membuat gerakan tubuh menjadi lebih ringan, bebas, dan optimal.

Cara melenturkan tubuh dapat dilakukan dengan beberapa gerakan atau latihan sederhana. Hanya saja, jangan berharap bahwa latihan kelenturan ini bisa memberikan hasil yang cepat. 

Apa saja latihan kelenturan yang bisa dilakukan?

Latihan kelenturan tidak dilakukan dengan menarik-narik lengan atau kaki, karena latihan kelenturan merupakan salah satu bagian dari aspek fisik yang perlu dilatih selayaknya Anda melatih kekuatan dan ketahanan stamina.

Berikut adalah beberapa latihan kelenturan yang bisa dilakukan sebagai cara melenturkan tubuh, seperti:

Lakukan stretching agar otot tubuh menjadi lebih lentur
  • Peregangan tubuh 

Meregangkan tubuh atau stretching dapat menjadi latihan kelenturan sederhana untuk menambah kelenturan tubuh. Cara meningkatkan kelenturan tubuh yang satu ini bisa dilakukan kapan saja dan tidak harus selalu sebelum ataupun sesudah berolahraga.

Meskipun demikian, merenggangkan tubuh tidak membuat otot secara permanen menjadi lebih panjang. Peningkatan kelenturan tubuh muncul karena tubuh sudah mampu menoleransi pemanjangan otot tanpa menimbulkan rasa sakit. Jika Anda tidak melatih otot, kelenturan akan kembali seperti semula.

  • Lakukan pemanasan tubuh yang benar

Pemanasan tubuh tidak hanya berperan dalam mencegah cedera, tetapi juga bisa menjadi latihan kelenturan sebelum berolahraga. Saat melakukan pemanasan, lakukan gerakan yang menggunakan keseluruhan otot, misalnya lunges, high knee skip, dan sebagainya.

  • Menari

Menari tidak hanya sekedar hobi, tetapi juga bisa menjadi latihan kelenturan tubuh. Anda tidak hanya melatih kardio dan membuang lemak, tetapi juga membantu meregangkan otot dan persendian.

Salah satu kelas menari yang populer dan bisa Anda ikuti adalah kelas zumba yang terdiri dari berbagai gerakan atau tarian yang meliputi pergantian arah, seperti memutar bahu, menggoyangkan pinggul, dan sebagainya 

Gerakan pilates memnfokuskan pada otot bagian dalam perut
  • Pilates 

Pilates adalah latihan kelenturan lain yang patut dicoba. Daerah tubuh yang paling difokuskan pada pilates adalah bagian core muscle atau otot yang berada pada bagian dalam perut yang juga melingkupi bagian belakang.

Latihan pilates dapat digunakan sebagai cara meningkatkan kelenturan tubuh dari bagian paha dalam sampai bagian punggung dan leher. Anda juga akan diajari postur tubuh yang benar untuk mencegah ketegangan pada otot.

  • Yoga 

Bukanlah sebuah rumor jika yoga bisa menjadi cara melenturkan tubuh. Yoga adalah salah satu latihan kelenturan yang terkenal dan berguna tidak hanya untuk melenturkan tubuh, tetapi juga untuk membuat diri rileks.

Anda bisa mencoba jenis yoga, seperti Hatha atau Yin yoga yang berfokus pada peregangan tubuh dan pernapasan.

Gerakan tai chi dapat membuat diri lebih tenang sekaligus melatih kelenturan
  • Tai chi 

Tai chi umumnya dianggap sebagai olahraga yang hanya dilakukan oleh kaum lansia, tetapi sebenarnya tai chi dapat diterapkan sebagai cara meningkatkan kelenturan tubuh dan membuat diri lebih tenang.

Tai chi melibatkan gerakan-gerakan tidak terputus yang dapat membantu membuat rileks dan menambah kelenturan tubuh.

Catatan dari SehatQ

Latihan kelenturan tubuh di atas tentunya tidak akan memunculkan efek dalam jangka waktu yang pendek. Anda membutuhkan latihan secara berulang-ulang untuk bisa meningkatkan kelenturan tubuh. Selain itu, perlu disadari bahwa setiap orang memiliki waktu perkembangan dan tingkat kelenturan yang berbeda-beda.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan latihan kelenturan seperti yoga, tai chi, pilates, menari, dan sebagainya, pastikan Anda mencari instruktur yang sudah tersertifikasi dan profesional yang dapat mengajarkan Anda gerakan yang tepat dan menghindari cedera.

Livescience. https://www.livescience.com/48744-how-does-stretching-work.html
Diakses pada 31 Oktober 2019

Netdoctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/fitness/a28264/how-to-improve-flexibility/
Diakses pada 31 Oktober 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed