logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Tanda-tanda Anak Kecanduan Gadget dan Cara Ampuh Mengatasinya

open-summary

Ketika anak kecanduan gadget, terdapat beberapa kerugian yang bisa ia alami, salah satunya gangguan emosional. Untuk mengatasinya, Anda perlu menjadi contoh yang baik, membatasi waktu penggunaan gadget, hingga menetapkan wilayah bebas gadget.


close-summary

4.29

(7)

9 Mar 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Anak kecanduan gadget

Jangan sampai anak kecanduan gadget, karena dampaknya bisa mengganggu perkembangan fisiknya.

Table of Content

  • Apa itu gawai?
  • Tanda-tanda anak kecanduan gadget
  • Cara mengatasi anak kecanduan gadget
  • Berbagai bahaya kecanduan gadget pada anak

Saat ini, penggunaan smartphone sepertinya sudah masuk menjadi kebutuhan dasar hampir setiap orang. Gawai atau gadget juga sering dijadikan senjata pamungkas orangtua agar si kecil tidak rewel. Namun, jangan sampai kelewat batas karena kondisi ini dapat membuat anak kecanduan gadget.

Advertisement

Kecanduan gadget pada anak bisa memicu gangguan emosional. Oleh karena itu, orangtua perlu mengenali tandanya dan melakukan pencegahan kondisi ini sejak dini, sebelum adiksi si kecil semakin parah.

Apa itu gawai?

Sebelum mencari tahu tanda-tanda dan cara ampuh untuk mengatasi anak kecanduan gadget, orangtua perlu tahu apa itu gawai.

Dikutip dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, gadget atau gawai adalah alat atau perkakas yang digunakan untuk menunjang pekerjaan. Selain itu, gawai juga bisa dimaknai sebagai alat atau perkakas yang menunjang pekerjaan dan komunikasi.

Tanda-tanda anak kecanduan gadget

Sebenarnya, penggunaan gadget tidak selalu memberikan dampak buruk. Ibarat dua sisi mata uang, gadget seperti smartphone dapat memberi manfaat karena konten edukasi yang mudah diakses, tetapi juga bisa berdampak buruk apabila anak mengakses banyaknya konten yang tidak sesuai usia.

Penting bagi orangtua untuk mengetahui ciri-ciri anak kecanduan gadget. Dengan begitu, Anda jadi bisa mencari solusi dengan cepat jika memang si kecil benar-benar kecanduan dengan barang elektroniknya.

Pada tahun 2018, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan bahwa kecanduan gadget masuk sebagai gangguan kesehatan mental. Berikut adalah ciri-ciri kecanduan gadget yang perlu Anda waspadai:

  • Ketidakmampuan mengontrol keinginannya untuk bermain gadget
  • Pola tidur dan kualitas tidurnya sudah terganggu akibat main gadget
  • Menjadi tidak senang melakukan aktivitas fisik atau olahraga
  • Jumlah interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya menurun
  • Tidak konsentrasi di sekolah atau enggan mengejarkan PR
  • Diam-diam membawa gadget ke dalam kamar di malam hari
  • Berbohong mengenai waktu yang telah dihabiskan untuk bermain gadget
  • Menggunakan waktu luangnya untuk bermain gadget
  • Sering berargumen dengan anggota keluarga terkait penggunaan gadget.

Meski begitu, belum tentu semua anak yang mengalami gejala serupa sudah pasti mengalami kecanduan. Karena kondisi ini adalah penyakit, maka diperlukan diagnosis pasti dari dokter untuk memastikannya.

Baca Juga

  • Mengenal Keterampilan Sosial, Jenis, dan Manfaatnya untuk Anak
  • 6 Cara Membangunkan Anak di Pagi Hari yang Efektif dan Minim Drama
  • Orang Tua Wajib Tahu, 6 Cara Mengajarkan Empati pada Anak

Cara mengatasi anak kecanduan gadget

anak kecanduan gadget
Anak kecanduan gadget

Bahaya kecanduan gadget dapat menyebabkan masalah pada fisik dan mental anak. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan gadget memicu anak mengalami kelebihan berat badan, terganggunya penglihatan, hingga kejang. 

Selain itu, dampak kecanduan gadget lainnya, yaitu lambatnya perkembangan kognitif anak, senang menyendiri, lebih mudah marah, dan kurangnya fokus perhatian. Berbagai hal ini tentunya bisa mempengaruhi prestasi anak di sekolah.

Untuk menghindari masalah tersebut, berikut adalah cara mengatasi anak kecanduan gadget.

1. Jadilah contoh yang baik untuk anak

Salah satu cara mengatasi kecanduan gadget pada anak yang dapat dilakukan orangtua adalah menjadi panutan yang baik bagi anak di rumah.

Anak belajar dengan mencontoh orangtuanya. Sehingga, jika Anda tidak ingin anak main HP atau gawai lain hingga kecanduan, maka Anda juga perlu menunjukkan hal yang sama.

Mulai sekarang, cobalah untuk menghindari bermain gadget saat sedang berkumpul dengan anak. 

2. Batasi waktu penggunaan gadget

Cara mengatasi anak kecanduan HP atau gadget lain yang cukup efektif adalah membatasi waktu penggunaan gadget.

Anda tentunya perlu bersikap tegas untuk membatasi anak main gadget. Berikan batas waktu maksimal, yaitu dua jam setiap hari. Semakin lama waktu bermain, semakin besar risiko anak mengakses konten negatif.

Hindari memberikan gadget secara penuh kepada anak. Latih anak agar meminta izin terlebih dahulu dan mengembalikannya dengan baik setelah selesai digunakan.

3. Jangan biarkan anak main gadget tanpa pengawasan

Saat anak menggunakan gadget, Anda perlu mengawasinya dan jangan hanya dibiarkan begitu saja. Mengawasi juga bukan berarti berada di dekatnya sepanjang waktu.

Anda bisa menggunakan software atau aplikasi untuk menyaring maupun memblok situs yang mengandung konten yang tidak sesuai dengan anak, seperti pornografi dan kekerasan.

Anda juga bisa memantau situs yang dikunjungi anak dengan melihat riwayat situs yang dibuka dan mengaktifkan aplikasi penyaring tersebut.

4. Tetapkan wilayah bebas gadget

Salah satu cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja yang bisa dilakukan adalah menciptakan wilayah bebas gadget di rumah.

Terapkan wilayah tersebut dan berikan pengertian kepada anak dan anggota keluarga yang lain. Buatlah larangan penggunaannya di tempat tertentu, misalnya di meja makan, mobil, dan kamar tidur.

Cara melarang anak main gadget ini juga bisa membantu anak untuk memahami batasan agar dirinya tidak terus-terusan sibuk dengan gawainya.

5. Ajari anak untuk menahan diri

Kecanduan gadget pada anak usia dini dapat diatasi dengan cara mengajarkannya agar bisa menahan diri.

Anda juga perlu memberikan dukungan saat anak belajar untuk menahan dirinya bermain gadget. Saat mereka mampu melakukannya, jangan lupa untuk memberikan apresiasi dalam bentuk pujian ataupun reward lainnya.

Cara agar anak tidak kecanduan gadget ini dinilai efektif dalam mencegah ketergantungan mereka terhadap HP atau gadget favorit lainnya.

6. Ajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Salah satu dampak negatif penggunaan gadget adalah menurunnya interaksi sosial anak dengan lingkungan sekitarnya.

Supaya anak tidak kecanduan gawai, Anda dapat mencoba mengundang anak-anak di lingkungan sekitar untuk berkunjung ke rumah dan bermain bersama si kecil.

Atau sebaliknya, ajak anak berkunjung ke rumah kerabat yang mempunyai anak seusianya. Ini juga akan memberikan mereka lebih banyak akses untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

7. Berikan aktivitas yang menarik sebagai pengganti main gadget

Ketika anak kebanyakan main HP atau gawai lainnya, bisa jadi ia kekurangan aktivitas seru di rumah atau lingkungannya.

Maka dari itu, Anda bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan menarik lainnya agar pikiran anak teralihkan dari gadget.

Anda dapat mendaftarkan anak untuk mengikuti les menari, renang, kelas musik ataupun aktivitas menarik lain yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Cara menghilangkan kecanduan HP pada anak ini dipercaya bisa membuatnya mulai meninggalkan gadget dan menghabiskan waktunya dengan kegiatan yang lebih positif.

8. Kurangi jumlah gadget di dalam rumah

Dikutip dari Parenting First Cry, salah satu cara untuk mengatasi kecanduan handphone atau gawai lain pada anak adalah mengurangi jumlah gadget di dalam rumah.

Dengan minimnya gadget di rumah, kemungkinan besar anak dapat mencari aktivitas lain untuk mengisi waktu luangnya.

Jika memang jumlah gadget di rumah Anda sudah terlanjur banyak, cobalah simpan di tempat-tempat yang tak bisa dilihat atau dijangkau anak.

9. Habiskan lebih banyak waktu dengan anak

Sebagai orangtua, cobalah untuk mencoba menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak Anda.

Strategi ini memang terdengar sederhana, tetapi sejumlah studi membuktikan bahwa anak-anak yang punya banyak waktu sendirian cenderung lebih sering main gadget.

Oleh karena itu, cobalah habiskan lebih banyak waktu pada anak. Usahakan untuk mencari waktu luang supaya Anda bisa menemani si kecil bermain atau melakukan kegiatan lainnya.

Jika tips mencegah anak kecanduan gadget di atas telah dilakukan tapi tidak memberikan dampak positif, bisa jadi anak Anda berpotensi mengalami kecemasan dan depresi.

Hal tersebut menandakan bahwa Anda harus mengajak si kecil berkonsultasi dengan dokter maupun psikolog. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan rekomendasi terbaik untuk mengatasi kecemasan dan kecanduan yang terjadi akibat gadget.

Berbagai bahaya kecanduan gadget pada anak

anak kecanduan gadget
Anak kecanduan gadget

Saat anak kecanduan handphone (HP) atau gadget lain, terdapat beberapa efek samping yang bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental si kecil.

Berikut adalah berbagai bahaya kecanduan gadget pada anak yang penting dipahami orangtua:

  • Perkembangan fisik yang terlambat

Dikutip dari Parenting First Cry, kurangnya aktivitas fisik akibat anak kecanduan HP dapat membuat perkembangan fisiknya mengalami keterlambatan.

Pada masa kanak-kanak, si kecil lebih disarankan untuk bermain di luar rumah bersama teman sebaya atau memainkan mainan fisik dibandingkan menatap layar gadget-nya berjam-jam.

Terlebih lagi, risiko obesitas dapat meningkat jika anak terlalu sering bermain gadget tanpa beraktivitas fisik.

Maka dari itu, Anda patut waspada jika anak 2 tahun kecanduan gadget dan tidak mau bermain di luar rumah.

  • Hubungan sosial terganggu

Saat anak dan gadget-nya tak bisa dipisahkan, hubungan sosial dengan teman-teman atau bahkan keluarganya bisa terganggu. Jika hal ini terus dibiarkan, anak dapat mengalami kesulitan bersosialisasi saat beranjak dewasa.

  • Menurunnya performa akademis

Semakin banyak gadget yang anak gunakan, semakin besar kecanduan yang dapat dirasakan.

Ketika anak kecanduan handphone dan berbagai gawai lainnya, si kecil dapat mengalami kesulitan untuk fokus terhadap pelajarannya.

Tidak hanya itu, kecanduan gadget pun diyakini dapat menurunkan rentang perhatian anak secara keseluruhan sehingga membuat mereka sulit fokus terhadap sekolahnya.

  • Terganggunya kesehatan mata

Kecanduan gadget adalah satu penyebab umum dari masalah mata pada anak. Penggunaan gadget yang berlebihan berisiko menyebabkan mata kering hingga infeksi mata.

Cahaya biru (blue light) yang terpancar dari layar gadget juga dianggap bisa mencegah pelepasan hormon melatonin yang bisa membantu anak tidur.

Jadi, jangan kaget ketika anak dapat merasa kesulitan tidur saat ia keranjingan gadget.

  • Menyebabkan nyeri punggung dan leher

Tergila-gila dengan gadget ternyata juga dipercaya dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher pada anak, terutama jika mereka tidak menjaga postur tubuh yang baik.

Hati-hati, nyeri leher dan punggung di usia dini dipercaya bisa berdampak pada postur tubuh anak di masa depan.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Narasumber:
dr. Felix, SpA
Dokter Spesialis Anak
Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Utara

Advertisement

tips parentingkecanduan main gamegadget

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved