Cedera Ligamen Lutut, Bagaimana Gejala dan Cara Mengobatinya?

Cedera ligamen lutut adalah kondisi robeknya ligamen pada jaringan ACL
Cedera ligamen lutut biasanya disebabkan oleh aktivitas fisik berat

Cedera ligamen lutut anterior, atau yang juga populer dengan sebutan cedera ACL (anterior cruciate ligament), merupakan sebuah kondisi akibat kerusakan atau robekan pada jaringan ACL. ACL sendiri adalah salah satu ligamen pada bagian lutut yang berguna untuk menjaga kestabilan lutut serta menghubungkan tulang tungkai bawah kaki (betis) dengan tulang tungkai atas (paha).

Cedera ini ditandai dengan rasa sakit yang cukup parah. Biasanya, seseorang dengan cedera ligamen akan sulit untuk melakukan aktivitas berat dengan kakinya yang cedera karena sudah tidak lagi kuat seperti sediakala.

Ligamen-ligamen Lutut

Ligamen adalah pita jaringan yang kuat yang menghubungkan tulang dalam tubuh. Ada empat ligamen di lutut yang rentan cedera, yaitu:

  1. Anterior cruciate ligament (ACL), yaitu ligamen lutut yang paling sering cedera. Ligamen ini menghubungkan tulang paha ke tulang kering.
  2. Posterior cruciate ligament (PCL), yaitu ligamen yang menghubungkan tulang paha ke tulang kering di lutut (ligamen ini jarang terluka kecuali dalam kecelakaan besar seperti kecelakaan mobil).
  3. Lateral collateral ligament (LCL), yaitu ligamen yang menghubungkan tulang paha ke fibula, tulang yang lebih kecil dari kaki bawah di sisi luar lutut.
  4. Medial collateral ligament (MCL), yaitu ligamen menghubungkan tulang paha ke tulang kering di sisi dalam lutut.

Gejala Cedera Ligamen Lutut

Jika Anda merasa ada yang kurang beres dengan lutut Anda, cobalah untuk memeriksa apakah Anda merasakan gejala cedera ligamen lutut berikut:

  1. Nyeri pada lutut, sering kaku dan sakit
  2. Suara letupan keras dengan bunyi “pop”
  3. Pembengkakan dalam 24 jam pertama setelah cedera
  4. Perasaan longgar di sendi lutut
  5. Tidak mampu untuk membebankan berat pada sendi

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, dapat dipastikan Anda akan membutuhkan perhatian medis. Bahkan pada beberapa kasus, seperti pada ACL yang robek, Anda mungkin akan memerlukan tindakan pembedahan agar lutut Anda stabil dan berfungsi seperti sediakala.

Biasanya, dokter akan memberi Anda pemeriksaan fisik. Jika lutut Anda sangat tegang dan bengkak karena darah, dokter mungkin akan menggunakan jarum untuk mengeringkannya. Selanjutnya, akan dilakukan X-ray untuk memastikan tidak ada tulang yang patah, serta MRI untuk memeriksa cedera pada ligamen.

Pengobatan Cedera Ligamen Lutut

Ligamen lutut ringan hingga sedang dapat sembuh dengan sendirinya dalam periode waktu tertentu. Jika Anda ingin mempercepat penyembuhan, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut

  1. Istirahatkan lutut. Hindari memberikan banyak beban pada lutut Anda jika terasa sakit untuk melakukannya. Anda akan lebih disarankan menggunakan tongkat untuk berjalan agar tidak membebani kaki dan lutut dalam periode waktu tertentu.
  2. Kompres dengan es. Kompres lutut Anda dengan es batu selama 20 hingga 30 menit setiap 3 hingga 4 jam untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Terus lakukan ini selama 2 hingga 3 hari, atau sampai bengkaknya hilang.
  3. Perban lutut Anda. Pasanglah perban elastis pada lutut Anda untuk mengontrol pembengkakan.
  4. Posisikan lutut tetap tinggi. Angkat lutut Anda di atas bantal saat Anda sedang duduk atau berbaring.
  5. Konsumsi obat penghilang rasa sakit antiinflamasi. Pastikan Anda meminta saran dokter untuk mengonsumsi obat ini dengan dosis yang tepat.
  6. Lakukan latihan peregangan dan penguatan jika dokter telah menyarankannya. Jangan pernah meregangkan badan kecuali sudah direkomendasikan oleh dokter atau ahli terapi fisik.

Itulah beberapa hal penting seputar cedera ligamen lutut yang perlu Anda tahu. Ingat, ada baiknya untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap risiko cedera setiap Anda melakukan aktivitas fisik yang berat.

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/guide/knee-ligament-injuries#1
Diakses pada Oktober 2018

Standford Healthcare. https://stanfordhealthcare.org/medical-conditions/bones-joints-and-muscles/knee-ligament-injury/types.html
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed