Catat Vitamin untuk Anak yang Susah Buang Air Besar Ini

(0)
25 Sep 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Sembelit pada anak bisa dicegah dengan vitamin untuk anak yang susah air besarVitamin untuk anak yang susah air besar akan membantu perlancar BAB
Sembelit merupakan salah satu kondisi yang cukup sering ditemui pada anak. Hal ini mungkin terjadi akibat perubahan pola makan. Untuk mengatasinya, ada beberapa vitamin untuk anak yang susah buang air besar yang bisa Anda coba berikan.Pada anak, sembelit atau susah buang air besar ditandai saat BAB kurang dari 3 kali seminggu. Selain itu, feses yang keras dan nyeri saat BAB juga bisa menjadi tanda sembelit pada anak.

Ragam vitamin untuk anak yang susah buang air besar

Selain memperbanyak asupan serat, memberi beberapa jenis vitamin berikut juga dapat membantu memperlancar pencernaan anak:

1. Vitamin C

Studi menyebutkan bahwa anak yang susah buang air besar memiliki kadar vitamin C yang rendah. Oleh karena itu, konsumsi vitamin C sebaiknya diperbanyak untuk mengatasi sembelit.Vitamin ini bisa Anda temui di berbagai buah dan sayuran, seperti jambu biji, jeruk, pepaya, stroberi, bayam, serta brokoli. Anda juga bisa menemukannya dalam bentuk suplemen.Namun, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah banyak, diskusikan dahulu dengan tenaga farmasi atau dokter. Hal ini karena suplemen vitamin C mungkin menimbulkan efek samping, seperti mual dan diare, bila digunakan secara tidak tepat.

2. Vitamin B5

Vitamin B5 dapat membantu meringankan sembelit. Hal ini karena vitamin B5 mendorong kontraksi otot pada saluran cerna sehingga feses lebih mudah dikeluarkan. Anda bisa menemukan vitamin ini dalam berbagai makanan, seperti brokoli, ubi jalan, gandum, jamur, kacang-kacangan, telur, maupun produk olahan susu.Bila ingin mengonsumsi vitamin ini dalam bentuk suplemen, konsumsilan sesuai petunjuk pemakaian. Rekomendasi konsumsi harian vitamin B5 untuk anak adalah 1,7-5 mg.

3. Vitamin B9

Vitamin B9 atau lebih kenal dengan nama asam folat dapat membantu meringankan sembelit dengan mendorong pembentukan asam saluran cerna, seperti asam lambung. Rendahnya produksi asam di saluran cerna dapat membuat proses pencernaan berjalan lambat dan memicu sembelit.Anda bisa menemukan asam folat di berbagai makanan, seperti telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan pisang. Bila Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, anak-anak hanya direkomendasinya mengasup sekitar 150-400 mg asam folat per hari.

4. Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 bisa memicu susah buang air besar. Oleh karena itu, bila anak susah buang air besar akibat kondisi ini, Anda perlu menambah asupan vitamin B12 dalam kesehariannya.Vitamin B12 dapat ditemui di berbagai makanan, seperti hati sapi, salmon, tuna, telur, maupun produk olahan susu. Bila Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, rekomendasi asupan harian untuk anak adalah sekitar 0,4-2,4 mikrogram saja.

5. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin dalam membantu proses pencernaan. Anak-anak disarankan untuk mengonsumsi vitamin ini sekitar 0.5-1 mg per harinya. Vitamin ini banyak ditemui pada hati sapi, edamame, asparagus, dan kacang-kacangan.

6. Vitamin D

Penelitian menemukan bahwa sembelit berkepanjangan memiliki kaitan dengan kekurangan vitamin D. Oleh karena itu, anak yang sering susah buang air besar disarankan untuk menambah asupan vitamin D nya.Anda bisa memberian anak beberapa makanan kaya vitamin D, seperti salmon, sarden, tuna, kuning telur, jamur, dan susu serta produk olahannya yang telah diperkaya dengan vitamin D. Selain itu, menghabiskan waktu di bawah paparan sinar matahari pagi juga dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin ini.

Vitamin dan suplemen ini perlu dihindari saat anak susah BAB

Tidak ada vitamin yang perlu dihindari saat anak susah buang air besar. Meski demikian, ada beberapa suplemen mineral yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan ataupun memperparah kondisi sembelit. Suplemen mineral tersebut adalah:
  • Kalsium

Terlalu banyak mengasup suplemen kalsium dapat menyebabkan sembelit. Meski demikian konsumsi kalsium dalam bentuk makanan, seperti dari susu dan produk olahannya, ikan, serta sayuran umumnya tidak memicu sembelit.
  • Zat besi

Terlalu banyak mengasup suplemen zat besi dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan, termasuk sembelit.Ada berbagai vitamin untuk anak yang susah buang air besar, mulai dari vitamin B, C, maupun vitamin D. Secara umum, konsumsi vitamin tersebut dalam bentuk makanan tidak menimbulkan efek samping.Namun bila Anda ingin memberi anak vitamin dalam bentuk suplemen, pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian secara benar. Bila ragu atau terjadi gangguan setelah konsumsi suplemen, segera hubungi dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.
sembelitkonstipasibayi sembelit
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/vitamins-for-constipation
Diakses pada 25 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation-in-children/symptoms-causes/syc-20354242
Diakses pada 25 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327115
Diakses pada 25 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait