Makanan untuk Ibu Hamil Muda, Wanita Wajib Tahu


Makanan untuk ibu hamil muda perlu dipenuhi sejak dini. Dengan demikian, nutrisi janin pun akan tercukupi untuk mendukung tumbuh kembang serta kecerdasannya saat ia beranjak dewasa.

(0)
30 Jan 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan untuk ibu hamil muda bermanfaat untuk tumbuh kembang janinMakanan untuk ibu hamil muda yang baik berguna agar anak tumbuh cerdas dan sehat
Makanan untuk ibu hamil muda tentu berpengaruh besar pada perkembangan anak di masa mendatang, termasuk perkembangan fisik dan mentalnya.Karena itu,  memasuki trimester pertamanya, ibu perlu memilih makanan yang sehat dan tepat agar janin bisa berkembang dengan optimal.Dari sekian banyak jenis makanan untuk ibu hamil muda, ada beberapa macam yang dianggap baik untuk perkembangan janinMakanan yang baik untuk ibu hamil muda ini umumnya mengandung nutrisi yang memang sudah terbukti baik untuk perkembangan otak, seperti omega-3 atau pun kandungan protein dan zat besi untuk pertumbuhan fisiknya.

Makanan untuk ibu hamil muda

Kematangan fisik dan kecerdasan anak tentu berkaitan erat dengan perkembangan otaknya dan tubuhnya.Agar perkembangan kedua aspek ini maksimal, ibu perlu mengonsumsi makanan untuk ibu hamil muda yang sehat dan tepat.Dengan makanan yang tepat, maka kemampuan memori dan belajar anak di masa mendatang, akan berkembang dengan baik.Berikut ini, makanan untuk ibu hamil muda agar perkembangan janin optimal.

1. Telur

Telur mengandung kolin yang baik untuk otak
Telur mengandung kolin yang baik untuk otak
Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil muda jika ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas.Selain kaya akan protein, makanan untuk ibu hamil muda ini juga mengandung folat, zat besi, dan kolin yang baik untuk perkembangan janin.Kolin, secara spesifik sangatlah penting untuk perkembangan otak bayi dan mengurangi risiko terjadinya spina bifida.Spina bifida adalah kondisi yang terjadi apabila perkembangan tulang belakang dan sumsum tulang belakang bayi tidak terbentuk sempurna.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan salah satu sumber makanan dengan zat besi yang tinggi.Selain dapat mencegah risiko kelahiran prematur, zat besi juga berperan penting dalam menjaga asupan oksigen pada janin yang Anda kandung.Kekurangan oksigen dapat menghambat pertumbuhan otak dan fisik janin dalam kandungan.Selain itu, makanan untuk ibu hamil muda ini mampu mencegah anemia pada ibu hamil akibat kekurangan zat besi.Kandungan omega-3 yang tinggi di dalam makanan yang baik untuk ibu hamil muda ini membuatnya disebut sebagai salah satu makanan yang bisa membuat janin tumbuh menjadi anak yang cerdas.Selain itu, kacang juga mengandung protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral.

3. Daging tanpa lemak

Siapa sangka, daging tanpa lemak juga ternyata baik untuk perkembangan kecerdasan anak di dalam kandungan.Bukan hanya karena proteinnya, daging sapi juga ternyata kaya akan zat besi dan vitamin B.Sedangkan, vitamin B6 merupakan komponen yang sangat penting dalam perkembangan jaringan serta otak janin.Vitamin B12 di dalamnya juga baik untuk menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah.

4. Salmon

Salmon mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak
Salmon mengandung omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak
Salmon adalah sumber protein dan omega-3 yang baik dikonsumsi saat hamil.Protein merupakan nutrisi penting untuk pembentukan jaringan pada tubuh janin. Hal ini pun dipaparkan dalam jurnal terbitan Nutrients.Asam lemak omega-3 yang ada pada salmon disebut juga sebagai DHA dan EPA dan dianggap bisa membantu perkembangan otak janin.Bahkan, kadar DHA yang tinggi pada bayi yang baru lahir disebut berkaitan dengan nilai IQ yang lebih tinggi, kemampuan motorik yang mumpuni, serta rendahnya risiko gangguan saraf.Oleh karena itu, salmon merupakan makanan ibu hamil muda agar anak cerdas yang cocok untuk Anda.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kaya akan asam folat yang penting untuk melindungi otak janin dari kerusakan jaringan.Asam folat pada sayuran hijau juga penting untuk mencegah terjadinya berbagai kondisi cacat lahir pada bayi, seperti bibir sumbing, cacat tabung saraf, dan penyakit jantung bawaan.

6. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya seperti keju, dinilai baik sebagai makanan ibu hamil muda yang ingin anaknya tumbuh cerdas.Susu membantu tubuh mendapatkan komponen-komponen penting untuk melatih fungsi kognitif anak dan perkembangan otak janin.Produk olahan susu seperti keju, juga mengandung vitamin D yang penting agar kehamilan sehat pun terwujud. Ibu hamil yang tubuhnya kekurangan vitamin D, berisiko lebih tinggi melahirkan anak yang IQ nya rendah.

7. Bluberi

Bluberi kaya akan antioksidan, sehingga bisa dijadikan makanan yang baik untuk ibu hamil.Antioksidan adalah salah satu komponen di dalam makanan untuk ibu hamil muda yang membantu perkembangan kecerdasan janin di dalam kandungan.

8. Buah-buahan lainnya

Bila berbicara sayur-sayuran, tentu tak bisa lepas dari buah-buahan.Ya, jenis makanan untuk ibu hamil muda ini direkomendasikan untuk memenuhi asupan vitamin dan nutrisi lainnya.Ibu hamil pun direkomendasikan untuk mengonsumsi 3 porsi buah-buahan setiap harinya.Buah-buahan yang juga baik untuk ibu hamil, di antaranya:
  • Jeruk
  • Alpukat
  • Mangga
  • Jambu biji
  • Semangka
  • Anggur
  • Pisang
  • Pir

Makanan yang dilarang saat hamil

Ibu hamil minum alkohol bisa menyebabkan gangguan perkembangan otak anak
Ibu hamil minum alkohol bisa menyebabkan gangguan perkembangan otak anak
Makanan untuk ibu hamil muda memang diperlukan supaya kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.Namun, ada pula makanan yang sebaiknya dihindari untuk ibu hamil muda. Sebab, alih-alih baik untuk kesehatan, hal ini justru membahayakannya.Inilah daftar makanan pantangan ibu hamil:
  • Makarel
  • Hiu (termasuk siripnya yang sering dijadikan sup)
  • Ikan todak (swordfish)
  • Tilefish
  • Telur setengah matang
  • Daging setengah matang
  • Sushi atau sashimi
  • Susu tidak dipasteurisasi
  • Kafein
  • Alkohol
Ikan adalah makanan yang sangat baik untuk perkembangan otak. Tapi, jika ikan tersebut berasal dari laut lepas, Anda juga perlu waspada akan keracunan merkuri yang ada di ikan tersebut.Sebab, merkuri bisa berbahaya bagi perkembangan saraf janin janin.Makanan yang tidak diolah matang pun mengandung bakteri, virus, dan parasit. Hal ini meningkatkan risiko ibu dan janin terpapar infeksi.Kafein pun juga terbukti terserap di plasenta sehingga mampu meningkatkan detak jantung janin.Selama masa kehamilan, ibu sebaiknya menghindari konsumsi alkohol agar janin tidak mengalami fetal alcohol syndrome.Kondisi tersebut bisa menyebabkan bayi terlahir dengan berbagai gangguan seperti gangguan belajar, memori, dan sulit berinteraksi sosial di kemudian hari.

Hal yang harus diperhatikan mengonsumsi makanan untuk ibu hamil

Kenaikan berat badan adalah hal yang normal untuk ibu hamil. Bahkan, kekurangan berat badan pun tidak disarankan oleh dokter kandungan.Namun, jika berat badan naik secara berlebihan, risikonya bukan sekedar ke masalah gemuk atau bukan, tetapi ke perkembangan janin.Ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan berlebih juga berisiko lebih tinggi melahirkan prematur.Sementara, bayi yang prematur, juga berisiko lebih tinggi mengalami gangguan perkembangan otak, cenderung mengalami kesulitan belajar, serta nilai IQ nya lebih rendah.Untuk itu, konsumsi makan dengan porsi secukupnya untuk menghindari risiko tersebut.

Catatan dari SehatQ

Makanan untuk ibu hamil muda membantu perkembangan fisik dan kecerdasan Si Kecil. Bila Anda ingin mengetahui menu makanan yang baik untuk ibu hamil muda, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kandungan atau pun dokter spesialis gizi maupun ahli gizi,Nantinya, akan ada penjelasan lebih lanjut mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil muda serta hal-hal yang sebaiknya dihindari.Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait makanan sehat untuk ibu hamil, Anda juga bisa konsultasi dengan dokter langsung secara gratis di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan mengandung omega 3makanan untuk hamilkesehatan kandungannutrisi ibu hamilhamilkehamilantrimester pertama kehamilanibu hamil
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/nutrition/feed-your-babys-brain-during-pregnancy/
Diakses pada 30 Januari 2020
The Bump. https://www.thebump.com/a/10-pregnancy-foods-to-eat-for-baby
Diakses pada 30 Januari 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/what-foods-to-eat-during-pregnancy-for-intelligent-baby/
Diakses pada 30 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant
Diakses pada 5 Februari 2021
Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5084016/
Diakses pada 19 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait