Castile Soap, Sabun Serbaguna yang Populer Karena Manfaatnya


Memiliki bahan dasar nabati, castile soap diproses tanpa mengandung lemak hewan dan bahan sintetis. Ada banyak manfaat dari sabun Castile, mulai dari membersihkan luka, deterjen, sabun cuci muka, hingga pembersih make up.

(0)
14 Mar 2021|Azelia Trifiana
Sabun castile terbuat dari bahan nabati dan baik untuk kesehatan kulitSabun castile terbuat dari bahan nabati dan baik untuk kesehatan kulit
Memiliki bahan dasar nabati, castile soap diproses tanpa mengandung lemak hewan dan bahan sintetis. Itulah yang membuatnya alami, tidak beracun, serta bisa terurai dengan mudah. Bukan hanya bermanfaat untuk lingkungan, sabun ini juga multifungsi.Mengingat sifatnya yang multifungsi, sabun yang ada sejak masa Mediterania ini bukan hanya digunakan untuk mandi saja. Sabun ini juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih rumah tangga.

Asal mula castile soap

Nama Castile diadopsi dari sebuah kerajaan di Spanyol yaitu Kerajaan Kastila. Dulu, penghuni daratan ini membuat sabun dengan bahan dasar minyak zaitun.Popularitasnya tak terbantahkan lagi berkat khasiatnya yang melembapkan. Bukan hanya di daratan Spanyol saja, penduduk di penjuru Eropa menggunakannya sebagai sabun serbaguna.Pada masa kini, bahan dasar pembuatan castile soap bukan hanya dari minyak zaitun saja. Ada juga yang menggunakan minyak kelapa, minyak castor, hingga alpukat.Komposisi inilah yang membuat sabun dalam bentuk cair maupun batang ini memberikan khasiat melembapkan sekaligus membersihkan.

Manfaat castile soap

Setidaknya ada puluhan manfaat dari menggunakan castile soap. Berikut penjelasan beserta cara menggunakannya:

1. Membersihkan luka

Ketika mengalami luka, penting untuk menjaganya tetap bersih agar tidak mengalami infeksi. Sabun kastila bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Caranya cukup dengan menambahkan 2 sendok teh sabun ke 2 cangkir air minum untuk kemudian dibilaskan ke luka.Berdasarkan studi pada hewan di tahun 1999, sabun castile diketahui efektif menyembuhkan luka. Di saat yang sama, fungsinya juga menurunkan risiko terjadinya komplikasi luka. Dalam studi itu, produk ini dibandingkan dengan cairan saline, klorida benzalkonium, dan bacitracin.

2. Deodoran

Bagi yang mencari alternatif deodoran ramah lingkungan dan alami, castile soap bisa jadi pilihan. Pertama-tama, pilih sabun dalam bentuk cair. Kemudian, campurkan ½ sendok teh sabun dengan 1 sendok teh garam laut ke daam botol semprot. Deodoran alami Anda siap digunakan.

3. Sabun mandi dan cuci tangan

Penggunaan yang paling umum untuk castile soap adalah untuk sabun mandi dan cuci tangan. Caranya cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan sabun dengan 350 ml air. Bisa juga ditambahkan ½ sendok minyak esensial atau carrier oil.Untuk sabun mandi, caranya cukup dengan menuangkan sabun castile ke tangan dan menggosokkannya ke seluruh tubuh. Anda bisa memilih jenis sabun batang maupun cair.

4. Deterjen

Produk castile soap juga bisa dijadikan deterjen untuk mencuci baju. Bahkan apabila mesin cucinya termasuk yang high-efficiency seperti mesin cuci bukaan depan, kebutuhan sabunnya tidak perlu terlalu banyak. Caranya, tambahkan ½ cangkir sabun ke kontainer mesin cuci.

5. Hidung tersumbat

Menghirup uap dari air panas yang diberi 1 sendok makan tetesan sabun castile dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Anda cukup mendekatkan kepala ke atas baskom berisi air panas ini kemudian tutup atas kepala dengan handuk. Hirup uapnya sebanyak mungkin. Namun, tetap hati-hati agar tidak terkena air panas.

6. Semprotan semut

Semut-semut di rumah sangat mengganggu? Coba buat ramuan ¼ cangkir sabun castile dengan air di dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan ke tanaman agar tidak didekati semut. Namun, selalu ingat untuk mencobanya di bagian kecil tanaman sebelum menyemprotkannya secara menyeluruh.

7. Memandikan hewan peliharaan

Menariknya, castile soap juga bisa digunakan untuk memandikan hewan peliharaan. Seberapa banyak jumlahnya bergantung pada bulu dan ukuran hewan peliharaan Anda. Caranya cukup dicampurkan dalam air bersih kemudian bilas.Namun, pastikan untuk tidak menggunakan minyak esensial karena bisa menjadi beracun pada hewan peliharaan. Sebisa mungkin, gunakan sabun yang tidak menggunakan pewangi.

8. Cairan pembersih

Anda juga bisa menggunakan campuran air dan castile soap untuk membersihkan dapur dan juga kamar mandi. Perbandingannya adalah 1 cangkir sabun dengan 3 cangkir air dalam botol semprot. Tak lupa, tambahkan soda kue ke dalamnya.Kemudian, semprotkan cairan pembersih ini pada area yang perlu dibersihkan di dapur atau kamar mandi. Gunakan spons atau sikat untuk mengangkat kotoran.

9. Membersihkan makeup brush

Secara berkala, makeup brush perlu dibersihkan agar tidak menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri. Anda bisa membuat campuran air hangat dan beberapa tetes sabun castile untuk membersihkannya.Pertama-tama, basahi makeup brush kemudian diamkan di dalam cangkir berisi sabun selama 10 menit. Bilas dan keringkan.

Selain beberapa poin di atas, ada banyak lagi manfaat dari castile soap. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Namun, sebaiknya jangan campurkan sabun ini dengan cuka atau ekstrak lemon. Sabun yang bersifat alkali tidak bisa bergabung dengan cuka atau cairan asam sehingga tidak akan bekerja efektif.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar sabun castile serta interaksinya dengan kulit sensitif, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/castile-soap
Diakses pada 27 Februari 2021
Journal of Orthopaedic Trauma. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10406699/
Diakses pada 27 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/castile-soap-uses
Diakses pada 27 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait