Kenali Manfaat Marula Oil, Minyak untuk Kecantikan yang Serbaguna


Marula oil adalah minyak esensial yang diolah dari tanaman marula. Bila dioleskan pada kulit, marula oil mengandung nutrisi yang menarik sehingga menawarkan berbagai manfaat untuk kulit, rambut, hingga kuku.

(0)
02 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Marula oil berasal dari buah tanaman marula yang banyak tumbuh di AfrikaBiji buah marula diekstrak untuk diambil minyaknya yang bermanfaat bagi kesehatan kulit
Marula oil menjadi salah satu jenis minyak esensial yang mulai dilirik oleh banyak orang. Bila dioleskan pada kulit, marula oil mengandung nutrisi yang mengesankan sehingga menawarkan berbagai manfaat. Lantas, apa saja manfaat marula oil?

Kandungan nutrisi pada marula oil

Minyak marula atau marula oil adalah minyak yang diolah dari tanaman marula (Sclerocarya birrea). Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan tanaman marula lantaran tanaman ini berasal dari daratan Afrika.Marula oil mulai dikenal karena sejumlah produk perawatan kulit mulai menggunakannya sebagai salah satu bahan aktif di dalamnya. Meski merupakan pendatang baru dalam produk perawatan kulit, manfaat marula oil untuk kecantikan kulit, kuku, hingga rambut ternyata menarik untuk disimak. Manfaat marula oil berasal dari kandungan nutrisi, seperti: 

1. Asam amino

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada marula oil adalah asam amino jenis asam glutamat dan L-arginine. Asam amino memiliki anti-penuaan serta efek hidrasi.

2. Asam lemak

Kandungan asam lemak yang terdapat pada marula oil, di antaranya asam palmitat, asam stearat, asam oleat, dan asam miristat. Asam lemak ini diyakini memiliki sifat emolien yang berfungsi melembapkan.

3. Antioksidan

Marula oil juga mengandung antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan senyawa fenolik. Antioksidan berperan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan polusi yang disebabkan oleh radikal bebas. Anda bisa mendapatkan manfaat dari berbagai kandungan marula oil tersebut dalam produk parfum, lotion, hingga sampo. Minyak marula juga dicampurkan dalam produk kosmetik serta dijual dalam bentuk minyak esensial.

Manfaat marula oil untuk kulit dan kecantikan

Jika digunakan secara rutin pada kulit, manfaat marula oil yang bisa didapat antara lain.

1. Melembapkan kulit

Salah satu manfaat marula oil adalah melembapkan kulit. Tekstur minyak marula cenderung ringan sehingga mudah menyerap ke dalam kulit dengan mudah. Hal ini juga diperkuat dengan kandungan nutrisi di dalamnya yang mampu menghidrasi kulit dan membuat kulit senantiasa ternutrisi dengan baik. Itu sebabnya, marula oil dipercaya bisa melembapkan kulit kering. Klaim anekdotal menyebutkan marula oil dapat membantu mengurangi iritasi, rasa gatal, dan kulit kering yang dikaitkan dengan eksim dan psoriasisNamun, hingga saat ini belum ada riset ilmiah yang bisa membuktikan klaim tersebut.

2. Menyamarkan tanda penuaan

Marula oil bisa digunakan sebagai kondisioner
Gunakan marula oil untuk menyamarkan garis halus di wajah
Selain kulit kering, manfaat marula oil mampu melembapkan kulit yang menua. Marula oil diyakini bisa menyamarkan tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Menarik, bukan? 

3. Mengobati jerawat

Manfaat marula oil dalam mengobati jerawat berasal dari kandungan zat antimikroba di dalamnya. Zat inilah yang berpotensi melawan bakteri penyebab jerawat di kulit, termasuk mengobati komedo hitam maupun komedo putihSifat marula oil yang tidak ‘terlalu berminyak’ juga diyakini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

4. Menyehatkan rambut

Marula oil bisa membuat rambut jadi tebal
Rambut jadi sehat berkat penggunaan marula oil
Tak hanya untuk kulit, kemampuan melembapkan yang dimiliki marula oil ternyata berpotensi menutrisi rambut dari akar hingga ujungnya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa marula oil diyakini memiliki peran untuk menghidrasi, melembapkan, serta mencegah hilangnya air dari rambut. Khasiat marula oil ini tentu bermanfaat untuk rambut Anda yang kering dan susah diatur.

5. Merawat kuku

Manfaat marula oil disebutefektif untuk menjaga bantalan kuku dan kutikulanya tetap lembut. Marula oil juga dipercaya mampu mengurangi risiko kuku pecah-pecah dan mengalami hangnail (kulit kecil yang robek di dekat kuku).

Pilihan cara menggunakan marula oil 

Ada berbagai cara menggunakan marula oil yang tepat, seperti:

1. Campurkan dengan sampo

Salah satu cara menggunakan marula oil bisa mencampurkannya dengan sampo. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes marula oil murni pada sampo kesayangan Anda.

2. Oleskan pada helaian rambut

Gunakan marula oil dengan cara mengoleskannya langsung ke rambut
Oleskan marula oil pada ujung rambut untuk atasi rambut kering dan bercabang
Anda bisa menggunakan marula oil sebagai kondisioner rambut. Caranya, oleskan pada ujung-ujung rambut secara merata. Langkah ini bisa sekaligus mengatasi rambut kering dan bercabang.Marula oil juga bisa dioleskan pada kulit kepala. Lakukan pijatan dengan lembut pada seluruh bagian kulit kepala untuk mengatasi masalah ketombe.

3. Sebagai pelembap wajah

Gunakan marula oil sebagai pelembap wajah. Apa pun jenis kulit Anda, baik kering maupun berminyak, bisa dioleskan marula oil di pagi hari sebelum menggunakan make up, dan malam hari. Cukup oleskan minyak marula tipis-tipis pada kulit, ya. 

4. Oleskan pada kuku

Untuk memperoleh manfaat marula oil untuk kuku, gosokkan minyak marula pada kutikula setelah membersihkan cat kuku. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan kuku. Anda juga bisa mengaplikasikan marula oil di malam hari untuk melembutkan bantalan kuku.

5. Gunakan sebagai lotion

Tak hanya melembapkan kulit wajah, marula oil juga bisa digunakan untuk merawat area kulit tubuh lainnya. Anda bisa mengoleskan minyak marula sesaat setelah mandi. Gunakan pula minyak ini sebelum tidur pada siku, lutut, dan belakang telinga.

Lakukan tes pada kulit sebelum memakai minyak marula 

Seperti jenis minyak esensial lainnya, marula oil juga berisiko menimbulkan reaksi alergiOrang yang memiliki alergi kacang pun berisiko tidak cocok menggunakan marula oil.Oleh karena itu, lakukan tes pada kulit sebelum memperoleh manfaat minyak marula. Caranya, gunakan tiga tetes marula oil untuk dioleskan pada area lengan bagian dalam. Tunggu selama 24 jam untuk melihat reaksinya. Jika tak muncul gatal-gatal, ruam kemerahan, atau iritasi, maka marula oil dipastikan aman untuk digunakan.Selain reaksi alergi, hingga saat ini belum ada hasil penelitian yang menyebutkan risiko lain dalam penggunaan marula oil.

Catatan dari SehatQ

Marula oil atau minyak marula menjadi primadona baru dalam produk perawatan kulit, berkat kandungan asam amino, asam lemak, dan zat antioksidan di dalamnya. Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, pastikan Anda melakukan tes tempel terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang muncul.Bila ingin berdiskusi lebih lanjut seputar marula oil, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang App Store dan Google Play.
kulit sehatkulit keriputpenuaanperawatan wajahkulit dan kecantikanessential oil
Healthline. https://www.healthline.com/health/marula-oil-benefits
Diakses pada 19 Agustus 2020
New Directions Aromatic. https://www.newdirectionsaromatics.com/blog/products/all-about-marula-oil.html
Diakses pada 19 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5804067/
Diakses pada 17 Maret 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26528587/
Diakses pada 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait