Inilah Cara Aman dan Mudah untuk Menghilangkan Kantung Mata

Menghilangkan kantong mata dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melindungi mata dari sinar UV
Kantung mata yang hitam dan tebal dapat memengaruhi penampilan Anda

Memiliki kantung mata yang hitam dan terlihat jelas tentunya akan mengganggu penampilan seseorang, terutama bagi wanita yang menjaga penampilannya. Supaya wajah terlihat bersinar dan lebih muda, inilah 9 cara menghilangkan kantung mata yang mudah dan praktis untuk Anda lakukan.

1. Kurangi Garam dalam Masakan

Jika Anda merupakan salah satu yang menyukai makanan asin, maka segeralah untuk mengurangi kadar garam dalam masakan atau makanan Anda. Air dalam tubuh Anda akan selalu mencari jalan dari bagian yang rendah sodium ke bagian yang memiliki banyak kandungan tersebut. Salah satu bagian tersebut biasanya adalah mata. Apabila Anda sering mengonsumsi makan malam yang asin, maka tidak mengherankan jika pada pagi hari mata Anda menjadi bengkak.

2. Kendalikan Alergi

Anda bisa minum obat-obatan untuk mengendalikan alergi pada mata. Obat pilek bisa meredakan mata bengkak akibat alergi. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memilih obat yang tepat.

3. Ubah Posisi Tidur

Apakah Anda tidur dengan posisi menyamping atau tengkurap? Cobalah untuk mengubah posisi tidur ini. Gravitasi dapat membuat cairan tubuh naik ke bawah mata Anda yang menyebabkan munculnya kantung mata. Salah satu cara efektif menghilangkan kantung mata adalah dengan mulai mengubah posisi tidur secara normal dan menambahkan bantal untuk kepala.

4. Hapus Makeup Sebelum Tidur

Banyak wanita yang tidak membersihkan wajahnya dari riasan sebelum tidur. Terlebih riasan makeup di bagian mata. Saat makeup tidak terhapus, hal ini akan membuat mata Anda berair dan menyebabkannya bengkak saat terbangun di pagi hari. Anda bisa menggunakan micellar water atau toner dan facial wash untuk melakukan double cleansing.

5. Lindungi Mata dari Sinar UV

Saat Anda banyak beraktivitas di luar rumah, lindungilah tubuh dari sinar matahari yang menyengat. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah Anda cepat keriput dan menimbulkan kantung mata. Gunakanlah sunscreen atau tabir surya saat keluar rumah.

6. Jangan Merokok

Menghilangkan kantung mata akan sulit dilakukan saat Anda masih menjadi perokok aktif. Merokok dapat menyebabkan kulit kering pada bagian wajah, membuat Anda mengalami keriput lebih cepat, dan membuat mata berair, yang memicu terjadinya kantung mata.

7. Biarkan Mata Beristirahat

Anda bisa mengompres mata dengan irisan timun. Kantung mata menghitam memang harus diistirahatkan dengan kompres air dingin atau timun dingin. Anda juga bisa melakukannya dengan kantung teh.

8. Gunakan Krim Mata

Salah satu skincare yang kini banyak diproduksi oleh perusahaan kecantikan adalah krim mata. Krim ini berfungsi untuk membantu menghilangkan kantung mata. Gunakan krim mata yang mengandung retinol untuk memberikan hasil terbaik.

9. Samarkan dengan Makeup

Saat Anda memiliki mata panda, satu-satunya cara paling instan untuk menutupinya adalah menggunakan concealer yang cocok dengan warna kulit Anda untuk menyamarkan warna kantung mata yang menghitam dengan warna kulit Anda.

 

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-banish-the-bags-under-your-eyes
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed